Cara Memperbaiki Printer Error "Local Print Spooler Service Not Running"

Printer merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk mencetak teks dan gambar. Sekarang model dan bentuk printer sudah sangat beragam dan banyak sekali jenisnya mulai dari printer cetak biasa sampai printer yang dibuat khusus untuk cetakan foto.

Ngomong - ngomong masalah printer nih, Den Pono memiliki pengalaman kurang menyenangkan saat mengunakan printer. Pengalaman ini akan den pono share ke kalian agar apabila suatu saat mengalami masalah yang sama bisa langsung di perbaiki.

Jadi waktu itu saat den pono akan print tugas, tiba - tiba ada teks box macam ini


alhasil den pono panik dong, ubak ubek sana sini gak kelar juga masalahnya. On Off printer juga tetep seperti itu. Kemudian den pono cari sana sini di mbah google akhirnya ketemu juga akar masalahnya.

Masalahnya sebenarnya simpel, dimana printer spooler gak mau jalan. Lalu bagaimana memperbaikinya ? Simak penjelasan dari den pono ini dengan baik.

PERTAMA

Buka program RUN atau tekan tombol kombinasi logo windows+R secara bersama - sama. Maka akan tampil kotak dialog, ketik "services.msc" kemudian enter atau klik OK.



KEDUA

Kemudian kalau sudah masuk di program Services, carilah "Print Spooler" dimana disinilah akar masalah berada. Apabila sudah ketemu, klik Kanan lalu pilih "Properties"



Kemudian lakukan seperti gambar dibawah ini, yaitu
  1. Startup type pilih "Automatic"
  2. Klik "Stop" ikuti instruksi yang tampil.
  3. Kemudian klik "Start"
  4. Jika semua sudah dilakukan maka klik "Apply"
  5. Terakhir "OK"


Apabila semua sudah dilakukan sesuai panduan di atas, den pono yakin masalah sudah selesai.

KETIGA

Terakhir, untuk mengetahui apakah masalah sudah selesai coba lalukan ujicoba print. Maka printer akan kembali normal seperti sediakala. Tapi, apabila belum bisa coba lakukan restart komputer atau laptop kalian.


Den Pono rasa cukup sampai disini dulu, apabila ada pertanyaan bolehlah tinggalkan pesan di kolom komentar, nanti akan den pono jawab. Baikalah itu dulu. 
Sekian, Terimakasih.

0 Response to "Cara Memperbaiki Printer Error "Local Print Spooler Service Not Running""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel