Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Cek Resi dan Tracking Jasa Pengiriman SEN HONG

Cara Cek Resi dan Tracking Jasa Pengiriman SEN HONG

Pada artikel kali ini Denpono akan membahas Cara Cek Resi dan Tracking Jasa Pengiriman Sen Hong di Akulaku. Jadi buat kalian yang sedang atau akan transaksi di sana wajib baca agar lebih menambah wawasan.

Setiap kali melakukan pengiriman barang baik dalam dan luar negeri sudah semestinya akan mendapatkan nomor identitas pengiriman. Fungsinya sebagai tanda bukti dan untuk melacak keberadaan paket (tracking). Nah nomor identitas inilah yang disebut dengan istilah RESI.

Khusus pada tulisan ini yang akan dibahas yaitu no resi jasa pengiriman Seng Hong. Terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan benar saja karena ini merupakan ekspedisi dari luar negeri atau China.

Biasanya jasa pengiriman ini terdapat di aplikasi Akulaku yang produknya bersalah dari luar negeri khusunya China. Karena SEN HONG merupakan jasa ekspedisi dari luar negeri pastinya akan menyulitkan pelanggan pada saat proses tracking.

Oleh sebab itu di sini Denpono akan memberikan tips dan trik bagaimana cara cek no resi Seng Hong di Akulaku, selengkapnya ada di bawah ini.

2 Langkah Mudah Cek Resi Jasa Pengiriman Sen Hong

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pelacakan paket pengiriman dengan Resi Sen Hong.

Langkah 1

Pertama kalian harus mendapatkan no resi terlebih dahulu di aplikasi Akulaku, caranya adalah

  • Buka aplikasi Akulaku
  • Pilih opsi menu Personal
  • Lalu pilih Pesananku
  • Setelah itu kalian akan melihat Nomor Resi Sen Hong, silahkan di Salin
Cara Cek Resi dan Tracking Jasa Pengiriman SEN HONG

Langkah 2

Berikutnya kalian bisa buka url Sen Hong Tracking dan memasukkan nomor resi yang sudah di salin tadi. Silahkan kunjungi http://47.112.109.65/sh/public/tracking

URL Sen Hong Tracking

Kunjungi dengan browser apapun, bisa di perangkat Android atau PC. Lalu masukkan Resi ke Kolom yang tersedia.

Memasukkan Resi Sen Hong

Setelah itu klik tambol di sebelahnya dengan huruf China. Kemudian kalian akan melihat detail dari pengiriman paket dari jasa pengiriman Sen Hong itu sendiri.

Informasi Paket Senhong Akulaku

Jadi seperti itulah cara melakukan cek resi dan melacaknya secara mudah hanya dengan 2 langkah saja.

Informasi Tambahan Seputar Jasa Ekspedisi Sen Hong Akulaku

Detail Informasi Ekspedisi Sen Hong

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs Bloomberg, ekspedisi Sen Hong memiliki detail sebagai berikut :

  • Nama perusahaan : Dongguan Sen Hong Logistic Co Ltd
  • Jenis industri : Transportasi dan Logistik
  • Layanan : Pengiriman logistik internasional dan domestik
  • Alamat : 67 Fenghuang Road Niuyang Village Liaobu Town Dongguan, 523429 China
  • Telp : 86-769-8256-5967

Beberapa informasi tambahan yang mungkin perlu kalian ketahui antara lain :

  • Kurir Sen Hong Akulaku ketika sudah sampai di Indonesia akan berganti dengan kuris lokal, misalnya JNE atau POS
  • Pengiriman paket oleh ekspedisi Sen Hong berapa lama? Jawaban relatif, tergantung dari proses masuk di bea cukai. Biasanya estimasi pengiriman sen hong dari China ke Indonesia membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu
  • Jika ada pertanyaan, misal seperti "Waiting Space", "OUTBOUND CN DONGGUAN FN STATION", atau lainnya. Silahkan lihat kolom komentar. Sudah banyak yang bertanya hal demikian. Terimakasih
  •  Liha Juga : Cara Bayar Akulaku Lewat ATM BRI BCA BNI MANDIRI dan Bank Lainnya

Istilah yang Sering Muncul Saat Tracking Pengiriman Sen Hong

PERHATIKAN DAN BACA BAIK-BAIK! Istilah-istilah yang kalian tanyakan sudah banyak terjawab di kolom komentar, jadi budayakan membaca. Nah berikut ini saya rangkumkan buat yang malas membaca sampai akhir.

1. Create Order

Istilah ini muncul setelah melakukan order pembalian, maksud dan arti dari "Create Order" yaitu pesanan sedang dibuat. Tidak ada yang perlu di bahas ketika dalam status ini. Kecualia stutus tidak berubah setelah beberapa hari, maka perlu dipertanyakan tentang status orderan kalian.

2. Waiting Space

Setelah itu biasanya akan berganti dengan status dengan istilah "Waiting Space", maksudnya apa? Jadi diartikan secara bahasa memiliki arting Sedang dalam Antrian.

Antrian apa? yaitu antri untuk diproses baik itu pengecekan barang, packing dan lain sebagainya. Status ini muncul ketika penjual atau pihak ekspedisi mengalami lonjakan orderan sehingga pesanan yang masuk tidak bisa diproses dalam 1 hari yang sama.

3. RTS

Jika kalian membaca komentar di bawah sudah pasti tahu apa arti dan maksud dari istilah ini. Secara singkan istilah ini kependekan dari "Ready to Ship" yang artinya siap dikirim. Jadi paket yang sebelumnya dalam atrian sekarang sudah siap untuk dilakukan pengiriman oleh ekspedisi sen hong.

4. Inbound dan Outbound Station

Nah untuk status ini menunjukkan status keberadaan paket, misal Outbound Station (nama kota) artinya keluar dari nama kota tersebut. Lalu jika Inbound Station (nama kota) maksudnya paket sudah masuk atau diterima di gudang nama kota.

5. On Transit

Jika stutus pengiriman sen hong masih on transit artinya masih dalam perjalanan.

6. With Delivery Courier

Jika status pengiriman sudah seperti ini artinya paket atau pesanan kalian sudah dibawa kurir untuk diantar ke alamat penerima.

7. Delivered To (Nama)

Apabila status sudah berganti dengan "Delivered" dengan buntut nama seseorang, artinya paket sudah sampai alama penerima dengan nama penerima seperti yang tertera pada saat cek resi seng hong.

8. CUSTOMS

Maksud dan arti dari status CUSTOMS RELEASED pada pengiriman sen hong yaitu sedang diproses di bea cukai. Nama lain dari bea cukai yaitu customs. Jadi bagi pembaca yang mendapati kirimannya berubah statusnya menjadi seperti yang admin sebutkan, coba lacak lewat tracking kiriman bea cukai di laman : https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.

Arti dan Maksud Customs di Sen Hong

Silahkan buka laman tersebut lalu isi kolom resi dan isi keykode. Setelah itu tekan Submit maka akan muncul rincian pesanan/kiriman atau paket.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Seperti itulah Cara Cek Resi dan Tracking Jasa Pengiriman SEN HONG. Semoga informasi yang saya tulis di atas bisa memberikan tambahan wawasan dan bermanfaat bagi yang sedang belanja dari luar China di Akulaku. Sampai jumpa kembali.

Update! Jika kalian mengalami masalah terkait transaksi dengan Akulaku, bisa lihat Cara Menghubungi Customer Service CS AKULAKU Resmi.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

163 komentar untuk "Cara Cek Resi dan Tracking Jasa Pengiriman SEN HONG"

  1. Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya ya kak, semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. hallo ka .. ka aq mau nnya stlah outbound status ny bkal brubah jd apa lg ya slnjutny .. soalny udh 1hran lbh blum brubah lg status nya ka😭 mhon pncerahannya ka biar sdkit lbh tenang
      mksh ka

      Hapus
    3. @virgiani juleha : Tenang saja kak, pengiriman dari luar negeri memang biasa seperti itu. Beberapa hari lagi nanti sudah berubah kok statusnya.

      Hapus
    4. Mohon dibantu min ..
      Saya pesen barang dari salah satu aplikasi tgl 5 agustus 2020 .. dan sekarang sudah tgl 10 september barang belum datang juga ..
      Terimakasih sebelumnya ..
      No Resi : 0100142002246824
      Expedisi : SenHong

      Hapus
    5. Halo, untuk nomor No Resi : 0100142002246824 mimin cek statusnya masih OUTBOUND. Belum keluar dari china. Coba dikomplainkan ke cs tempat pembelian kak.

      Hapus
    6. Kak mau tanya kalau COSTOMS artinya apa ya mohon dibantu
      0100142003254322

      Hapus
    7. Custom artinya barang sudah berada di bea cukai

      Hapus
  2. Udah 2 minggu masih waiting space artinya apa itu ka pake saya sudah samapi kemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. waiting space pengiriman seng hong bisa diartikan masih dalam antrian. Bukan berarti paket dalam artian paket belum dikirim nya kak. Kalau sudah 2 minggu harusnya sudah sampai tahap di bea cukai, jadi tunggu aja kak.

      Dilema kirim dari luar negeri memang seperti itu.

      Hapus
    2. maaf kak mau tanya kalau sudah waiting space tahap selanjutnya gimana lagi y kak, barang saya sudah tahap waiting space

      Hapus
  3. maaf kok pesanan belum juga sampainya,padahal udah 2 minggu,dan saya bingung juga buat pembayarannya,sedangkan barang belum sampai,tolong infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Metode pembayarannya emang bagaimana gan? COD atau gimana

      Hapus
    2. pembayaran cicik gan,saya pesan 3 item,trus yg 2 item itu udah saya terima,tpi yg 1 belum,sedangkan cicil nya udah saya bayar semua 3 item,trus gimana itu gan

      Hapus
    3. 1 item yang belum diterima itu di cek resi statusnya bagaimana gan? pasti belinya di tempat yang berbeda kan.

      Hapus
  4. Ma.af saya mau nanya,di notifikasi akulaku saya sudah menerima barang,,tapi kenyata.an ny saya belum menerima paketan ny,masalah seperti ini bgaimana kaka ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek barangkali Itu tombol "Sudah Terima" kak. Jika memang status berubah sendiri tanpa konfirmasi, hubungi customer service tempat kakak belanja.

      Hapus
  5. Nomor resi 0100142002389194 belum sampai tujuan,, masih waiting space sudah 2 mingguan.. Pemesanan sejak tgl. 12.08.2020

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik kak, setelah saya cek paket sudah dalam status "waiting space", maksudnya paket kaka sudah dalam antrian untuk diterbangkan menuju Indonesia. Status akan berubah setelah sampai di indonesia dan masuk ke bea cukai untuk diperiksa.

      Yang perlu kaka lakukan saat ini yaitu menunggu dan memantau pengiriman dan cek resi sen hong secara berkala. Semoga informasi ini bermanfaat ya kak.

      Hapus
  6. Ka saya pesan di akulaku tgl 27 agustus. Skr ststusnya waiting space. Kira2 nyampe ke indonesia(jawabarat) tgl brpa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya waiting space itu sudah dikirim dari China kak, nah nanti kalau sudah sampai di Indonesia dan melewati proses di bea cukai status akan berubah. Sedangkan untuk estimasi waktu sendiri berdasarkan pengalaman 2 sampai 3 mingguan kak.

      Jadi ditunggu aja sambil pantau terus perkembangan paketnya.

      Hapus
    2. Ka status barang saya skr udh processed at sorting center in jakarta. Itu mksudnya apa? Maaf rewel soalnya saya baru prtama psan dri luar negeri

      Hapus
    3. Ditunggu saja kak, itu sudah ada di Indonesia dan mulai proses pengiriman ke tempat kakak.

      Hapus
  7. Saya juga sama kak
    Pengiriman dari tanggal 17 Agustus 2020 sudah 19 hari belum ada perubahan status hanya ada tulisan CREATE ORDER

    Artinya gimana ya perihal paketan saya

    Apalagi di status akulaku nya barang sudah di terima padahal saya belum klik tombol sudah di terima itu

    Dan barang pun masih belum sampai di saya
    Sementara tagihan terus berjalan

    Mohon pencerahan komandan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung hubungi cs nya saja kak, sebutkan nomor ordernya biar segera ditindak lanjuti.

      Hapus
  8. Saya cek dr tgl 24 waiting space
    Tgl 2 sept brg diterima. Pdhl sy ga terima mohon arahannya mas arif. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waiting Space artinya sedang dalam antrian kak. Biasanya ketika belanja di marketplace ada masa/batas waktunya kak. Jadi ketika barang belum diterima tetapi batas waktu pengiriman akan berakhir harus memperpanjang lagi.

      Jika paket memang sudah dikirim dan sudah ada nomor resinya, nanti bakalan sampai kok kak. Dipantau terus saja dan jika ada kendala teknis bisa mengubungi cs tempat pembelian. Semoga membantu ya kak.

      Hapus
  9. Mohon maaf ka...
    Pesenan saya kok masih di kurir trus sudah 5 haru

    BalasHapus
  10. Sudah 2minggu barang blom smpe jg kak
    Aq cek resi keterangan terakhir Waiting Space dr tgl 24 blom berubah smpe. Sekarsng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini admin gak bisa membantu banyak ya kak. Jika dilihat dari keterangan waiting space artinya sedang dalam antrian atau bisa dikatakan paket sudah dikirim.

      Cuman kendala apa yang sedang terjadi admin juga kurang begitu paham. Alangkah baiknya kaka bisa komplain ke cs nya langsung biar dapat informasi yang lebih valid.

      Hapus
  11. Balasan
    1. Overseas artinya luar negeri kak, atau pengiriman dari luar negeri.

      Hapus
  12. Sudah 1 bulan lebih barang belum sampai juga , nnya ke penjualny jawaban'y selalu "sudah di keluarkan di jalan trus" 0100142002246675

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja kak, status terakhir mimin bantu cek sudah keluar "[OUTBOUND]OUTBOUND CN DONGGUAN FN STATION".

      Hapus
  13. Setelah saya pantau kok udah 5 hari create order trus itu status pengirimannya gmna y kak, apa udah masuk indonedia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Create Order di Akulaku atau Seng Hong artinya orderan/pesanan sedang dibuat kak. Ditunggu saja nanti statusnya pasti berubah.

      Hapus
  14. Id - JNE : Create Order, itu artinya apa y kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sebelumnya dikirima dari China (sen Hong), lalu muncul Create order Id-JNE artinya paket sedang dalam peralihan atau penyesuaian kurir kak.

      Hapus
  15. bisa dibantu cek 2020-09-05 15:45:45 [CREATE]CREATE ORDER(创建订单)
    resinya 0100142002741105
    Kurang ngerti kalau barang dari mbah cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, keterangan create order itu masih sangat awal banget kak, dan belum keluar dari China. Nanti setelah keterangan berubah jadi Outbond, nah itu baru keluar dari china menuju Indonesia.

      Hapus
  16. Sudah 2 minggu status masih Create Order itu gmn gan, tolong dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja kak, sepertinya memang keluar masuk barang dari dan keluar negeri tidak selancar sebelum korona.

      Hapus
  17. Mohon dibantu kang
    0100142002712130
    Sy order dr tgl 5 kira2 udh sampe mana ya
    Hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini status pesanan masih : [CREATE]CREATE ORDER(创建订单) estimasi 2 mingguan sampai Indonesia.

      Hapus
  18. Mas bro coba tolong di cek punya saya 0100142002681632

    BalasHapus
  19. Kenapa terlalu lama pengiriman y?saya pesan barang blm sampe juga d pesan y tgl 12 yampe y tapi blm sampe paket saya.tolong lacak gan 0100142002888542

    BalasHapus
  20. Untuk status waiting space itu...sdh di bea cukai indonesia atau bea cukai china..mohon info gan...thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika status waiting space sebelum outbound berarti masih di China kak.

      Hapus
  21. Pagi maaf ganggu mau tanya kalau shipment recevied jne counter maksudnya apa ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi, jika status sudah recevied jne counter, artinya paket sudah diterima ekspedisi JNE. Biasanya paket yang dikirim dari China memang seperti itu, setelah masuk Indonesia akan diganti dengan pihak ekspedisi lokal.

      Hapus
  22. wkk kirain kurir dr indonesia si sen hong teh.. makasih infonya

    BalasHapus
  23. 2020-09-20 10:07:37 [OUTBOUND]OUTBOUND CN DONGGUAN FN STATION(东莞新仓已出库) Maaf mau tanya, kalo keterangannya begini, posisi barang masih di cina ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, posisi paket sedang keluar dari Dongguan China dan menuju Indonesia.

      Hapus
  24. 2020-09-15 12:40:00 DELIVERED TO [IDING | 15-09-2020 12:40 | JAKARTA
    Kalo gini status nya maksud nya apa min...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Delivered to IDING, itu masukdnya paket sudah diterima atas nama IDING gan.

      Hapus
  25. paling lama di mode waiting space paling lama berapa hari gan?
    trus kalo masa pandemi gini apa berpengaruh sama masa ekspedisinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau estimasi status waiting space admin tidak bisa memberikan info akurat gan. Tatapi dari komentar temen-temen di atas, ada yang sudah lebih dari 3 minggu.

      Sedangkan apakah pandemi berpengaruh ke ekspedisi? Jelas sangat berpengaruh gan, apalagi untuk pengiriman internasional lintas negera.

      Hapus
  26. "PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT"

    Klo begitu gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika seperti itu, artinya proses bea cukai sudah selesai gan. Setelah itu akan diteruskan pihak kurir di Indonesia yang akan mengantar sampai alamat penerima.

      Hapus
  27. Kalo RTS itu apa ka ,soal nya part saya udah mau 3 Minggu lebih blm sampe ,tapi keterangan nya bgtu gimana ka, trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga statusnya [RTS]拦截在海外仓上架 ga tau artinya apa

      Hapus
  28. Ada yang bisa bantu g ???
    Status pesanan saya dengan no resi 0100142002634680 statusnya [RTS]拦截在海外仓上架 artinya apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rts to stau q kpendekan dr ready to ship alias baru mau dkirim. Tp kurang tau jg ttg senhong krn q jg bru prtama x pake hehwhw

      Hapus
    2. Coba di tanya lagi sama penjualnya gan, kalo dari hurup china yg saya terjemahin artinya
      "mencegat dan menyumpannya di luar negeri"
      Takutnya ga lolos di bea cukai

      Hapus
  29. Kalo barang nya sudah di tangan kurir lokal gimana ciri2 di itu nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika sudah ada di Indonesia akan berganti kurir lokal gan, misal sicepat, ninja, jne atau j&t, ada keterangannya nanti.

      Hapus
  30. Ka ada tahu maksudnya RTS ga ya...soalnya pesanan saya dr tanggal 24 statusnya maaih RTS aja..tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. RTS itu ready to ship kak, maksudnya paket sudah siap untuk dikirim. Sedangkan untuk lama waktu hingga statusnya berubah juga belum tahu juga.

      Hapus
  31. lebih baik tunggu aja,,jngn tlpn CS akulaku percumah gk bakalan bantu,,yg ada malah buang"pulsa,,serius,,dan malah di suruh nunggu terus,,yg ada malah bikin sesek dada,,pesanan ku jg sampai saat ini blum nyampe,,udah 1 bulan lebih,,pasrah aja,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah waiting space muncul RTS itu artinya apa ya

      Hapus
    2. Jml : RTS itu Ready to Ship ya ka, tolong dibaca komentar temen2 yang lain. Sudah ada beberapa yang bertanya demikian.

      Hapus
  32. buat tambahan,,yang kendala pengiriman sen hong dari cina sekarang bisa di cek di aplikasi My JNE + Cari Resi di app store,,,jd gk pada pusing lg,,,intinya sabar menunggu aja,,

    BalasHapus
  33. Halo bg,mau nanya ini
    Kalo CUSTOMS
    Masud nya apa
    Klo bea cukai indo apa masih d cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo yang sudah status nya CUSTOMS coba cek di tracking ny bea cukai..

      Hapus
    2. Benar seperti apa yang dikatakan abang Saleh, saya sendiri baru ngeh nama lain dari Bea Cukai adalah Customs. Jadi silahkan cek di halaman pelacakan bea cukai untuk informasi lebih lanjut terkait kiriman paketnya. Link dari tracking customs sudah saya sertakan pada update artikel di atas. Semoga membantu, terima kasih..

      Hapus
  34. Makasih, artikelnya sangat membatu🙏👍

    BalasHapus
  35. Mantap... informasi yg sangat detail.
    Kami sempat kebingungan ketika melihat notif di pesanan akulaku.
    Akhirnya, dengan adanya informasi ini. Kami, sangat berterima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas apresiasinya gan, senang bisa membantu.

      Hapus
  36. kak saya ada resi dri tgl 28
    no resi 0100142003164257
    saya cek status nya create trs blm berubah sampe sekarang
    lalu cek di bea cukai tidak ada , klo status akulaku "pesanan sedang dalam pengiriman sen hong mohon perhatikan panggilan masuk dari kurir" giu kak
    mohon bantuanya ya kak, saya ttakutnya klo barang tidak terkirim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, maaf admin baru bisa bales. Jadi saran saya mendingan kaka komplain ke seller/penjual untuk minta pembatalan pesanan saja dan ke cs akulaku.

      Apabila sudah masuk waktunya bayar cicilan pertama, jangan dibayar kak, biakan saja. Kalau kaka bayar sama saja ditipu, karena tidak ada barang kok harus bayar cicilan.

      Biarkan sampai cs akulaku telpon kaka, jika sudah begitu jelaskan dengan fokus pembahasan "Barang belum diterima". Itu aja saran dari admin kak, semoga bermanfaat ya..

      Hapus
  37. Min tolong dibantu no resi 0100142003385241, statusnya WEIGHED (INBOUND) CN DONGGUAN FN STATION , setelah itu biasanya status nya berubah jadi apa min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis itu biasanya OUTBOUND gan, setelah sampai di Indonesia akan masuk ke proses bea cukai (customs). Perjalanan masih panjang , hehe

      Hapus
    2. Mau tanya kak kalo WITH DELIVERY COURIER itu maksudnya gimana??

      Terus status nya berubah jadi ALAMAT TIDAK LENGKAP berarti alamatnya salah dong terus gimana cara memperbaikinya ?

      MOHON BANTUANNYA
      Ini no resinya :
      0100142003256723
      Terima kasih.

      Hapus
    3. seperti yang dijelaskan pada artikel di atas kak, itu artinya sedang diantar oleh kurir. Saran saya pastikan nomor hp yang tertera di paketan selalu on ya kak, karena biasanya kurir akan telpon jika kesulitan menemukan alamat.

      Hapus
  38. mantap sangat membantu..... makasih min atas penjelasanya..

    BalasHapus
  39. PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT"

    Klo begitu gimana min?
    harus konfirmasi kmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu status dari Bea Cukai kak, nanti otomatis berubah saat sudah diambil pihak ekspedisi yang akan mengatarkan, bisa Jne, Sicepat atau lainnya.

      Hapus
  40. Min mau tanya saya baru order tadi siang..dan saya ngak sengaja pencet sudah diterima..dan dikirimin invoice pemesanan..dan saya cek resi status create order..itu gmna ya...apa barang ttp dikirim ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap dikirim gan, saran saya coba hubungi CS Akulaku secara langsung, bisa via email, Wa atau telpon.

      Hapus
  41. Departed from trans.. ini apa artinya.. mohon bantuannya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Departed from transit artinya paket sedang dipindahkan dari kota transit ya kaka. Gak usah khawatir itu paket sedang dalam perjalanan kaka, itu bagian dari pengiriman barang.

      Hapus
  42. maaf min.. maksud received at origin(jakarta) apa a min..

    BalasHapus
  43. Mau rubah alamat pengiriman bisa gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah dikirim gak bisa kak, yang terpenting nomor hp selalu aktif biar nanti pas pengiriman kurir bisa menghubungi jika alamatnya kurang lengkap.

      Hapus
  44. saya mau tanya kak, kebetulan saya sedang menunggu paket yang dikirim oleh sen_hong tapi no resinya aneh, nggak seperti artikel di atas
    no resi menggunakan nomor handphone, apakah paket saya aman, takut nanti nggak sampai ke alamat saya

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo boleh tahu bisa dilakukan pelacakan atau tidak kak? Jika bermasalah coba hubungi cs Akulaku, minta kejelasannya.

      Hapus
    2. tidak bisa dilacak, sudah saya email di cs.id akulaku nggak ada balesan, ditelfon nggak diangkat, sampai sekarang belum sampai juga, sudah 12 hari

      Hapus
  45. Ka.. Mau tanya ko skrg link buat ngecek resi nya gk bisa kebuka yah. Asalnya bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah bisa kok kak, silahkan dicoba kembali. Mungkin tadi sedang gangguan.

      Hapus
    2. Kak udh 4 hari pesen barang kok status masih creat order minta pencerahannya kak

      Hapus
    3. Bagja oky, jika ragu2 dengan penjual lebih cancel aja bang. Daripada menunggu lama

      Hapus
  46. Iyaa bang tpi ga bisa di cancel, klo chat perusahaan akulaku gmna bang, di.aplikasinya ga ada chat lgsg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek artikel terbaru bang, udah tak buatin artike cara menghubungi cs akulaku

      Hapus
  47. Kak punya saya knpa masih Waiting Space terus yah dan itu ngga berubah padahal sudah berganti hari selama 5 hari

    BalasHapus
  48. Memangnya kalo udah sampe beacukai itu tagihan di AL langsung otomatis kah?

    Soalnya barang belum sampai tapi system di AL otomatis sudah ada tagihan??

    Mohon pencerahannya kak🙏🙏

    BalasHapus
  49. jangan di bayar dulu kalo barang belum sampai,,biarkan pihak cs tlepon kamu,,dan jelaskan bahwa barang belum samapai...

    BalasHapus
  50. Pesanan saya belom datang juga padahal udah hampir ada 2 bulan tetapi belom ada juga dan saya sudah bayar bulanan untuk bulan pertama saya kira barangnya akan datang akan tetapi sampai sekarang belom ada juga ini gimana ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi cs Akulaku Bang, saya udah buatkan artikelnya tentang cara menghubungi cs akulaku, silahkan di cari.

      Oh ya, kasusnya sama seperti Rudi Zulkarnain yang komentar di sini. Coba minta refund bang, nanti update lagi ke sini setiap perkembangannya.

      Semoga cepet selesai permasalahannya bang...

      Hapus
  51. Kalau received origin get away(jakarta) apa artinya

    BalasHapus
  52. Terimakasih kak Sekaran jadi tau bagaimana memantau pengiriman dari sen Hong, awalnya khawatir sudah seminggu tapi status masih create order, tapi saat ini sudah waiting space.

    Cuma ada kekhawatiran baru, namanya barang mahal agak takut sih kalo gak nyampek, apalagi banyak banget kurir yang gak jujur, 😭

    Kadang suka ngebuka paket sebelum di antar ke pemilik nya, kadang ada juga yang ngambil paket nya untuk keuntungan pribadi, apalagi dari ekspedisi sen Hong di oper ke JNE y? Agak gimanaaaa gitu

    BalasHapus
  53. Lah ini status saya waiting space, tpi di aplikasi aku laku barang sudah saya terima. Padahal saya belum merasa menekan tombol "pesanan sudah di terima. Mungkin bisa diberikan solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya hubungi cs akulaku gan, kontak cs nya udah aku buatin di artikel lain, silahkan cek aja

      Hapus
  54. melanjutkan komen saya tentang paket yang tidak kunjung datang

    setelah 14hari kerja barang tidak sampai juga, akhirnya saya menghubungi pihak akulaku,
    dan daya mengajukan untuk refound atau pengembalian saldo dan cicilan yang telah dibayarkan

    pihak akulaku sangat support, komunikatif dan sangat membantu mengatasi masalah yang sedang saya hadapi

    setelah pengajuan refound ke pihak akulaku, dalam sehari saldo saya telah dikembalikan


    terimakasih untuk bantuannya, sukses selalu bang afif efendi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya turut lega bacanya bang, semoga komentar ini bisa dibaca yang lain.

      Jujur komentar yang masuk di sini sebenarnya udah ratusan, lebih dari dari yang tampil di artikel ini. Kemudian 99% mengeluhkan hal yang sama rata2 paket tidak kunjung datang tetapi sudah harus bayar cicilan.

      Semoga yang lain baca komentar ini dan tergerak untuk komplain ke cs akulaku.

      Hapus
    2. Cs akulaku sangat support dengan para pelanggannya, asal kita bicara dengan sopan menyampaikan keluhan kita, etapi kita juga jangan terbawa emosi, karena kesalahan tidak sepenuhnya oleh pihak akulaku karna dia hanya penyedia layanan, kalo yang jualan kan dari berbagai toko

      Mereka bertanggung jawab sepenuhnya karena pasti mereka tidak ingin membuat pelanggannya kecewa

      Hapus
    3. Contoh feedback yang saya berikan ke pihak akulaku
      Tapi sebelum membuat feedback konfirmasi dlu melalui telfon cs akulaku

      Berikut contoh feedback saya kepada pihak akulaku, semoga bisa menjadi referensi teman-teman, untuk mengatasi masalah yang serupa

      ---------------------------------------------
      Saya ingin meminta refund atau pengembalian saldo

      Karena barang yang saya pesan tidak sampai sudah lebih dari 2 Minggu
      Status pesanan setelah 2minggu tiba-tiba berubah menjadi diterima, padahal saya sama sekali tidak menerima barang tersebut

      Dari awal status pengiriman dikirim dengan jasa sen_hong dan anehnya nomor resi menggunakan nomor handphone, chat ke toko juga tidak dibalas
      Saya lampirkan screenshoot percakapan dengan seller

      Sebelumnya saya sudah menelpon atau menghubungi akulaku dan diminta untuk membuat feedback ini

      Saya sangat berharap pihak akulaku, bisa membantu saya
      Saya sangat percaya dengan akulaku jadi jangan hilangkan kepercayaan kami para pengguna akulaku
      Karna kami paham akulaku tidak akan membiarkan pelanggannya kecewa
      Terimakasih


      Hormat saya
      Rudi Z

      -----------------------------------------------

      Hapus
    4. Terimakasih banyak melaungkan waktunya membuat komentar ini bang, semoga bisa bermanfaat buat yang lain.

      Hapus
    5. Siang ka maaf ganggu mau sya tanyakan...saya pesan barang di Akulaku sellernya Chilo official sudah sya chat tp blm ada respon.sama sekali
      Pesanan saya tgl 4 feb 2021
      Keluarlah no resi dengan pengirim J&T..akan tetapi tidk bisa d lacak..sudah sya chat J&T nya tp tdk terlacak juga..sudah sya tlp CS Akulaku
      Disuruh nunggu..mohon kaka mungkin bisa beri pencrahannya..sya mesti gimna..
      Terima kasih

      Hapus
  55. gan mau tanya lagi udah 6 hari masi waiting space trus gmn ya gan apakah bisa d cancel tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ditanyakan ke sellernya dan cs akulaku gan, artikel tentang cara menghubungi cs sudah aku buat juga, silahkan dicari.

      Hapus
    2. Enak masih waiting lah kita create order udh 2 minggu

      Hapus
  56. Pesan dari tgl 12 nov 2020 sampai sekarang status masih create order padahal belinya cash akulaku lama banget ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera hubungi seller gan, kalau bisa dibatalin aja. Soalnya akhir-akhir ini reputasi pengiriman dari luar negeri pakai sen hong kurang begitu baik. Lihat aja komen-komen di atas, banyak banget yang komplain.

      Hapus
    2. Segera chat seller terkait, dan kalo sudah 14hari kerja barang belum juga datang langsung telfon ke cs akulak
      Agar nanti umpama terjadi hal yang tidak diinginkan saldo atau uang km bisa kembali

      Hapus
  57. Bang tolong di bantu saya sudah pesen dari tgl 3 pengiriman tgl 4 dan saya cek no.resinya not record no resi kayak no.tlfn,saya sudah tlfn cs akulaku sudah 2x katqnya surih nunggu,,,dan ini tadi saya mau cek lagi barang sudah di terima,padahal saya blm menerima barang nya sama sekali,,saya chat sellernya no respon,,,nama tokonya tokoJKT no.resi 62817415715(masak no.resi kayak no.tlfn)tolong di bantu bang saya harus gimana,terimakasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah menghubungi CS

      Yang pertama buat feedback pada aplikasi akulaku tentang pesanan yang tidak sampai
      Tulis dengan jelas masalah yang sedang dihadapi, dan jangan lupa kirim atau lampirkan screen shoot percakapan mu dengan seller yang tidak kunjung juga dibalas
      Setelah itu telfon lagi cs aku lakunya, agar segera di proses feedback kamu

      Hapus
    2. Masalahnya sama dengan yang saya alami kemaren, alhamdulillah semua berjalan lancar

      Hapus
  58. Bang tolong dibantu untuk resi sen hong 0100142003722385 status masih sama yaitu " SHIPMENT RECEIVED BY JNE OFFICER AT JAKARTA " sudah 4 hari belum ada perubahan dan belum ada resi JNEnya. ini bagaimana ya bang ? tolong dibantu . Terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu saja gan, jika sudah diterima JNE Jakarta sudah bisa dibilang aman. Tinggal ditunggu saja paket dikirim ke alamat penerima.

      Hapus
  59. ka admin minta solusinya dong atw sedikit pencerahan nya ..
    kenapa di app akulakunya pesanan saya auto barang sudah di terima sedangkan barang belum saya terima ... apa nanti barang saya akan ttp sampai ke rumah ? saya sudah komplen soal ini tapi tidak ada balasan atw penjelasan nya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan pelacakan saja kaka, jika tidak bisa segera hubungi cs AKulaku dan minta bantuan disana. Jika memungkinkan bisa meminta refund dana.

      Hapus
  60. Kak admin mohon bantuannya di aplikasi barang sudah di terima,tetapi saya belum menerima,tak tanya ke kluarga juga blm,mau tanya klo di Indonesia jasa pengiriman senhong dimana ya kak,trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, maaf baru sempat admin balas komentarnya. Terkait permasalahannya, apakah kaka sudah melakukan tracking / pelacakan dari resi sen hong nya? Link untuk melacak bisa dilihat pada artikel ini kak.

      Kemudian untuk pengiriman sen hong ke indonesia akan diteruskan menggunakan ekpedisi lokal kak, seperti JNE. Untuk mengetahui nama ekspedisi mana yang mengirimkan paket, bisa dicek pada saat tracking. Jika ada keterangan "ID JNE" itu berarti pihak JNE lah yang akan mengirimkan paket ke alamat penerima.

      Kurang lebih seperti itu ya kak, semoga jawaban admin ini bisa membantu.

      Hapus
  61. Hallo kk minta bantuan nya dong ini paket saya udah seminggu di pendem terus pas d cek waiting spic gimna yah tolong dong bantuan nya

    BalasHapus
  62. Maaf kak saya mo tanya.. Status sya masi WAITING SPACE tpi sya cek di BEA CUKAI sttus nya ada kak.. Tpi itu paket tidak bergerak2 dri tgl 24 sya cek udh ada disana kak itu gmna ya? Biar sya tenang kak?? Karna udh mo cicilan tp barang blm sampe kak.. Atau terima . Sya soalnya mesen 2item satu pun paket sya blm ada yg dateng atas nama muhammad eki kak ..
    Ni no resi saya : 0100142004385828
    Expedisi : sen hong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek kembali kaka, status udah berubah kak. Bulan desember penuh dengan promo natal dan tahun baru ya kak, jadi tidak heran jika pengiriman banyak yang overload. Terlebih promo dari ecommerce yang gila-gilaan jadi tidak heran kalau ekspedisi pengiriman banyak yang terlambat.

      Hapus
  63. Hallo kak, kalo RECEIVED AT SORTING CENTER itu maksudnya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dipusat sortir kak, dipilah-pilah sesuai tujuan pengiriman. Kalau status seperti ini biasanya kalau tujuan pengiriman masih di pulau jawa akan sampai ke rumah 1-2 harian.

      Hapus
  64. Hallo admin.. setelah baca artikel & komen diatas, mau tanya nih.. kira2 untuk waktu create order dibutuhkan waktu berapa lama ya? Soalnya diatas blm dijelaskan berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk create order, saya coba cek di jne juga blm ada keterangan apapun..
    No. Resi : 0100142004642186

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo gan, terkait estimasi waktu waiting space memang tidak bisa diprediksi. Kondisi seller dalam keadaan overload atau tidak juga kita kurang begitu tau.

      Hapus
  65. Hallo kak, paket sayasudah 1minggu lebih masih otbound dan saya cek di web bea cukai ada pemberitahuan Andalan expres indonesia. Ada nama penerima juga. Itu maksudnya apa ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, bisa tolong sebutkan nomor resinya, biar bisa admin bantu cek dan simpulkan. Sementara saran dari admin DP coba cek lewat ulr sen hong yang asli kak. Apakah sudah berubah atau belum.

      Hapus
  66. Urutan istilah ketrangan di tracking yg bener gimana Bos.. ap harus urut sperti diatas atw random..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener semua bos, tinggal cari tau artinya saja. Karena yang mengeluarkan status pihak ekspedisi.

      Yg saya tulis di atas, bukan urutan tetapi lebih ke arti setiap status.

      Hapus
  67. Asalamualikum kk maaf mau tanya klo sudah melewati peroses bea cukai dan barang sampe tujuan. Itu bea cukai y nanti kita ganti gak maff soal nya baru x ini pesan barang dari luar

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum..Ka kalo misal udah tgl jatuh tempo cicilan tpi brang blm dtang itu gimna ka ?
    Ttep byar dlu cicilan apa nunggu brg dtang dlu yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam kak, berdasarkan info yang aku terima dan dari pengunjung blog ini. Sebaiknya jangan dibayar dulu dan minta kejelasan paket ke seller atau cs akulaku kak.

      Mau bagaimanapun barang belum diterima tetapi sudah harus bayar cicilan itu sangat tidak wajar.

      Hapus
  69. PROCESSED AT SORTING
    Kalo seperti itu statusnya gimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. PROCESSED AT SORTING itu artinya paket kaka sedang disorting (dipilah-pilah berdasarkan tujuan, jinis atau parameter lain). Setelah melewati proses tersebut paket akan dikirimkan sesuai tujuannya. Kurang lebih begitu ya kak, semoga mudah dipahami.

      Hapus
  70. Cek di tracking senhong masih waiting space...tapi pas saya cek di bea cukang, ada pemberitahuan cek pemeriksaan data wajib,selesai

    Dokumen di terima untuk di proses bea cukai, itu artinya gmn ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokument yang dimaksud adalah barang/paket yang kaka order itu tadi. Semua barang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia pasti masuk ke bea cukai untuk dilakukan pengecekan kak, setelah ini nanti baru diproses oleh pihak ekspedisi.

      Hapus
  71. DEPARTED FROM TRANSIT
    Apa itu artinya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isitlah DEPARTED FROM TRANSIT ketika belanja di akulaku dengan senghong biasanya muncul di ekspedisi JNE atau sudah masuk Indonesia. Artinya secara umum "Paket sedang dikirim untuk transit (dipindah) ke kota berikutnya".

      Hapus
  72. Shipment forwarded artinya apa bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau ini artinya pengiriman sedang diteruskan, jika status lengkapnya seperti ini "SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION" artinya paket kamu sudah diteruskan/dikirim ke kantor agen terdekat dari lokasi tujuan pengiriman.

      Hapus
  73. SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN,,,,

    Kalo seperty ini maksud nyh apa yh ka,,,mohon info nyh,,,
    Terus di atas nyh lagi ada tagihan terbilang hapir 100 RB itu apa yh maksud nyh kaka

    BalasHapus
  74. Kak tolong minta bantuan nya kk apakah benar nomer resi saya seperti ini ( ID213554280964L ) doal ny barang saya udah 6 hari kok blm myampai jga tolong bantuan nya kak untuk melacak barang saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.