Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

[MUDAH] Cara Membuat Rekening BRI Online Tanpa Perlu ke Bank

Cara Membuat Rekening BRI Online Tanpa Perlu ke Bank

Cara Membuat Rekening BRI Online – Pada artikel ini admin akan berbagi tips bagaimana cara membuat sebuah rekening tabungan dari Bank Rakyat Indonesia “BRI” tanpa harus keluar rumah. Semua prosedur dilakukan full online dan semua fitur dapat dipakai tanpa perlu verifikasi terlebih dulu ke kantor unit kerja bank BRI.

Di masa serba digital dan online seperti sekarang ini sudah banyak inovasi dari dunia perbankan yang mengijinkan calon nasabahnya melakukan pembukaan rekening jarak jauh. Istilah yang biasa dipakai yaitu Digital Banking.

Bank BRI juga mengeluarkan suatu promo serupa bernama BRI Digital Saving dengan segala kemudahan serta fitur yang ditawarkan. Jadi bagi calon nasabah dapat melakukan pembukaan rekening pada suatu link pendaftaran khusus tanpa harus melakukan instalasi aplikasi apapun terlebih dulu.

Untuk mengetahui semua prosedur, syarat ketentuan dan langkah-langkahnya silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Syarat dan Ketentuan Membuka Rekening Bank BRI Online

Adapun beberapa syarat dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk proses pembukaan rekening BRI digital saving yaitu sebagai berikut :

  • Smartphone dan koneksi internet
  • KTP dan NPWP (jika ada/opsional)
  • Data diri lengkap
  • Melakukan registrasi di link pendaftaran khusus

Selanjutnya setelah mengetahui semua syarat yang diperlukan. Perhatikan panduan langkah demi langkah agar proses pembukaan rekening bejalan lancar dan berhasil.

Langkah-Langkah Pembukaan Rekening BRI Online

langkah membuat rekening bri online

Setelah mengetahui apa saja yang dibutuhkan, selanjutnya ada 4 langkah yang harus dilakukan. Panduan lengkapnya silahkan ikuti seperti di bawah ini.

Langkah 1 : Siapkan Dokumen

  1. Pertama silahkan kunjung link pembukaan rekening BRI secara online di sini : https://bukarekening.bri.co.id/
  2. Setelah itu tekan tombol “Buka Rekening”
  3. Pilih jenis tabungan, misal “BritamaX” lalu baca dulu informasi yang tampil dan jika sudah sesuai tekan “Pilih Rekening”
  4. Cari dan Pilih lokasi kantor BRI tempat rekening akan didaftarkan
  5. Setelah itu foto e-KTP dengan menekan tombol “Ambil Foto”
  6. Selanjutnya isi data diri
  7. Verifikasi nomor HP yang didaftarkan dengan memasukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS

Disini kalian sudah sampai pada tahap pelengkapan data diri sesuai dengan kartu identitas KTP. Langkah selanjutnya kalian perlu melakukan vefikasi diri dengan rekeman video dan foto seperti pada langkah kedua di bawah ini.

Langkah 2 : Verifikasi Diri

  • Lakukan video verifikasi selama 8 detik seperti yang sudah dicontohkan
  • Selanjutnya kalian akan diminta foto selfie dengan KTP dan tanda tangan (lewati opsi NPWP jika tidak punya)
  • Setelah semua kebutuhan verifikasi diri sudah dilakukan, muncul pemberitahuan “Verifikasi Sedang Dilakukan, silahkan cek email untuk melanjutkan”
verifikasi diri pembukaan rekening bri digital saving

Selanjutnya silahkan mengecek email yang dicantumkan pada tahap pertama. Nantinya kalian akan mendapatkan link menuju langkah selanjutnya untuk melakukan aktivasi rekening dengan cara melakukan setoran awal.

Langkah 3 : Setoran Awal

Silahkan kalian buka email yang sudah didaftarkan pada pembukaan rekening BRI Digital Saving. Cari email terbaru dan tekan tombol “Lihat Status Pembukaan” di dalam pesan email.

status pembukaan rekening digital saving

Kemudian kalian akan diarahkan kembali ke link pendaftaran seperti langkah sebelumnya. Tekan Tombol “Buka Rekening” dan masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor hp terdaftar.

menu buka rekening

Lalu akan muncul kode pembayaran BRI Virtual Account (BRIVA) untuk melakukan setoran awal. Besar setoran awal setiap jenis rekening tabungan berbeda-beda.

Kode BRIVA Setoran Awal

Silahkan lakukan setoran awal ke nomor BRIVA tersebut dari rekening tabungan BRI lain. Bisa juga ke agen BRILINK yang biasa ada di toko atau warung dekat rumah.

Apabila sudah melakukan setoran awal, silahkan refresh halaman atau bisa juga lewat tombol “Lihat Status Pembukaan”. Jika sudah ada pesan bertuliskan “Selamat rekening anda telah terbentuk” artinya pembukaan rekening BRI secara online telah berhasil.

pembuatan rekening bri secara online berhasil

Langkah 4 : Membuat Akun BRIMO

BRIMO adalah aplikasi mobile banking dari bank BRI. Silahkan kalian download aplikasi BRIMO dari playstore atau appstore lalu lakukan pendaftaran dengan mengisi data diri sesuai KTP.

Silahkan buka aplikasi BRImo lalu tekan opsi “Daftar Sekarang” pada bagian bawah dan ikuti instruksi yang diberikan hingga selesai.

Dengan aplikasi BRImo inilah kalian dapat melakukan semua transaksi dari rekening BRI yang telah dibuat secara online tadi.

Lihat Juga :

Video Tutorial Membuat Rekening Bank BRI Secara Online

Tips Membuka Rekening Tabungan BRI Secara Online

Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya diketahui ketika akan membuat rekening bank secara online.

  • Pastikan rekening akan digunakan pribadi buka orang lain
  • Gunakan jaringan internet yang stabil
  • Ambil buku tabungan dan kartu debit ATM di unit kerja bank BRI terdekat
  • Rahasikan semua informasi rekening yang telah dibuat

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang bagaimana langkah-langkah cara membuat rekening BRI Online tanpa harus datang ke Bank. Dari tulisan di atas dapat kita simpulkan bahwa syarat yang diperlukan untuk pembukaan rekening bank BRI secara online sangatlah mudah. Bahkan tidak perlu melakukan video call untuk proses verifikasi, sehingga tidak akan ada kendala seperti disconnect pada saat video call verifikasi.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaa kritik maupun saran dapat disampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "[MUDAH] Cara Membuat Rekening BRI Online Tanpa Perlu ke Bank"