Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Syarat Buka Rekening BRI Terbaru untuk Perorangan, Pelajar dan Mahasiswa

Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Memiliki rekening tabungan menjadi salah satu keharusan di masa serba digital seperti sekarang ini. Oleh karena itu pada artikel ini admin akan berbagi tips syarat membuet rekening BRI dan cara buka rekening Bank BRI untuk individu atau perorangan, pelajar dan mahasiswa. Serta jenis tabungan BRI apa saja yang paling banyak dipakai dan cocok untuk kalian.

Tentu saja alasan utama kenapa harus membuat rekening BRI supaya dapat menikmati layanan perbankan. Misalnya menerima atau mengirim uang, menerima pembayaran jika dipakai untuk bisnis/usaha, menyimpan uang dan masih banyak lagi.

Keuntungan Membuka Rekening Tabungan BRI

Beberapa keutungan atau benefit yang akan diperoleh nasabah jika membuka rekening BRI antara lain sebagai berikut :

  • Mendapatkan asuransi kecelakaan
  • Menerima kartu debit
  • Transaksi perbankan, transfer dan terima uang dari bank BRI atau bank lain
  • Layanan internet Banking, SMS banking dan Mobile Banking
  • Transaksi otomatis dan online
  • Mendapatkan promo dan penawaran menarik dari mechant rekenan

Mengingat banyaknya keutungan dan manfaat yang bisa diperoleh. Inilah beberapa syarat yang harus disiapkan untuk membuka rekening Bank BRI.

Syarat Buka Rekening BRI Terbaru

Walaupun sebenarnya jenis tabungan BRI yang tersedia ada banyak. Namun umumnya untuk pembukaan rekening BRI baru hanya membutuhkan persyaratan seperti di bawah ini.

Persyaratan Umum

  1. Kartu identitas KTP (WNI) dan untuk WNA bisa membawa passport dan KIMS/KITAP/KITAS
  2. Usia minimal 17 Tahun
  3. Menyiapkan uang setoran awal mulai dari 10rb – 250 rb sesuai jenis rekening yang dipilih
  4. Uang ganti ganti bea metrai 6000

Pelajar, Mahasiswa dan Junior

Sedangkan untuk pelajar yang belum mempunyai kartu identitas KTP. Maka dapat menggunakan kartu pelajar SMA atau SMP sebagai penggantinya.

Kemudian cara membuat rekening bri untuk mahasiswa yaitu sama seperti persyaratan umum. Karena secara usia pasti sudah lebih dari 17 tahun.

Lalu jika usia kurang dari 12 tahun tentunya dapat membuat rekening BRI Junior dengan didampingan oleh orang tua atau wali anak.

Langkah-Langkah Buat Tabungan BRI di Kantor Unit Kerja

Setelah mengetahui apa saja persyaratan untuk membuat rekening tangungan BRI. Selanjutnya silahkan ikuti panduan lengkapnya seperti di bawah ini.

Langkah 1 : Datang ke Bank BRI

Pertama silahkan datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa semua syarat yang sudah jelaskan di atas. Sesampainya di kantor bank, antrilah ke bagian Customer Service atau minta bantuan Satpam agar diarahkan. Setelah itulah itu silahkan tunggu nomor antrian kalian dipanggil untuk dilayani oleh petugas.

Langkah 2 : Mengisi Formulir Pembukaan Rekening

Selanjutnya informasikan ke petugas customer service bahwa kalian ingin buat rekening tabungan BRI. Silahkan ikuti arahan dari petugas dan nantinya kalian akan diminta mengisi formulir pembukaan rekening BRI seperti ini.

formulir pembukaan rekening bri

Data yang perlu dimasukkan antara lain : data diri, pekerjaan dan keuangan. Isi semua data yang diperlukan dan apabika ada informasi yang masih belum paham jangan sungkan untuk bertanya kembali ke petugas bank.

Langkah 3 : Memilih Jenis Rekening BRI

Ketika ingin membuka suatu rekening tabungan baru, tentunya kalian harus mengetahui ingin memilih jenis rekening BRI yang mana? Pilihan terserah kepada kalian dan pastikan sesuai dengan apa yang diharapkan. Misalnya besar setoran awal, biaya per bulan, limit transaki dan lain sebagainya.

jenis rekening bri

Setidaknya ada 3 jenis rekening tabungan BRI yang biasa dipilih oleh calon nasabah, yaitu :

  • Simpedes
  • Britama X
  • Britama

Dari ketiga pilihan jenis rekening BRI di atas, yang paling membedakan adalah setoran awalnya. Dimana Simpedes hanya Rp 50.000, Britama X Rp100.000 dan untuk jenis Britama sebesar Rp 250.000. Detail mengenai biaya dan lain sebagainya bisa kalian pelajari dulu di laman : https://eform.bri.co.id/.

Langkah 4 : Lakukan Setoran Awal

buku tabungan dan kartu debit BRI

Setelah proses pembukaan rekening BRI berhasil atau disetujui kalian akan mendapat buku tabungan dan kartu debit. Agar dapat digunakan kalian akan diminta melakukan setoran awal sesuai dengan jenis rekening yang dipilih.

Atau biasanya kalian akan dimintai sejumlah uang untuk setoran awal dan bea metrai pada saat dilayani oleh customer service.

Lihat Juga :

Tips Membuat Rekening BRI

Ada beberapa tips yang sebaiknya kalian ketahui sebelum datang ke kantor BRI untuk membuka rekening. Beberapa tips tersebut antara lain :

  • Pelajari dulu jenis rekening yang akan dibuka
  • Datang lebih awal, setidaknya sebelum pukul 12 siang
  • Aktivasi internet banking dan sms banking ketika pembuatan rekening disetujui

Kesimpulan

Jadi seperti itulah syarat buka rekening BRI terbaru dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat rekening BRI tersebut. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa persyaratan yang diperlukan sangat mudah bahkan untuk pelajar atau mahasiswa

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "Syarat Buka Rekening BRI Terbaru untuk Perorangan, Pelajar dan Mahasiswa"