Widget HTML Atas

Begini Cara Menulis Alamat Paket Pengiriman yang Baik dan Benar

Begini Cara Menulis Alamat Paket Pengiriman yang Baik dan Benar
 Cara Menulis Alamat Paket - Pada tulisan ini saya akan membahas bagaimana cara untuk menulis alamat paket yang benar. Agar orang awam sekalipun paham jika diminta untuk mengirim suatu paket pada jasa ekspedisi apapun.

Bagi seseorang yang aktivitas atau pekerjaannya berkaitan dengan jualan online pasti sudah terbiasa dan paham bagaimana untuk menulis alamat penerima paket yang benar. Namun sebaliknya apabila orang biasa bahkan tidak pernah berurusan dengan paket, pasti akan kesulitan dalam penulisan.

Karena masalah penulisan penting untuk dipahami diluar dari Packing atau pengemasan itu sendiri. Karena apabila sampai salah tulis alamat maka paket akan nyasar ke alamat yang berbeda bahkan hilang. Syukur kalau terjadi gagal kirim dan paket yang kita kirim kembali ke alamat pengirim, jadi bisa diperbaiki.

Cara Menulis Alamat Paket Pengiriman yang Baik dan Benar 

Sebenarnya cara penulisan alamat suatu paket sangatlah mudah dan sederhana. Baik untuk jasa ekspedisi Pos Indonesia, JNE, J&T, Tiki, Wahana dan semua jenis ekspedisi yang ada di Indonesia.

Intinya alamat yang kita tulis baik penerima atau pengirim dapat dibaca dengan jelas oleh kurir agar paket barang sampai ke alamat tujuan. Untuk format penulisan bisa dilihat di bawah ini.

Format Penulisan Alamat Penerima Paket

Format penulisan alamat penerima paket antara lain :
  • Nama penerima
  • Alamat lengkap
  • Nomor Hp
 Yang harus ditulis pada alamat yaitu :
  • Nama jalan
  • Nama perumahan dan nomor rumah (jika ada)
  • Nomor RT dan RW
  • Kecamatan
  • Kabupaten atau Kota
  • Provinsi
  • Kode pos
  • Negara (jika penerima berada di luar negeri)
Contoh penulisan alamat penerima kiriman paket/barang
  • Nama : Afif Efendi
  • Alamat : Jl. Desa Telawah, RT 003 RW 002, Kec. Karangrayung, Kab. Grobogan, Jawa Tengah, 58163.
  •  No. Hp : 085225287646
Bagi kalian yang belum tahu, setiap bagian dari penulisan di atas memiliki fungsi masing-masing. Misalnya nama penerima harus dicantumkan agar ketika kurir mengirimkan paket ke alamat penerima bisa tahu dengan siapa paket itu diterima, apakah sesuai atau diterima pihak lain (misal keluarga).

Kemudian untuk alamat, pasti tak lain agar kurir bisa mengetahui alamat dan bisa mengelompokkan urutan paket siapa yang harus dikirimkan. Biasanya kurir mengirim berdasarkan jarak terdekat terlebih dahulu.

Sedangkan nomor hp agar pada saat pengiriman, apabila kurir kesulitan menemukan alamat penerima bisa menghubungi penerima untuk memberikan penanda alamat atau bahasa jawanya "Ancer-ancer". Sehingga kurir bisa menemukan alamat penerima.

Format Penulisan Alamat Pengirim Paket

Nah sedangkan untuk pihak pengirim, penulisannya tidak jauh berbeda, yaitu juga mencantumkan Nama, Alamat dan Nomor Hp.

Kenapa ketika akan mengirim suatu paket atau dokumen perlu menuliskan identitas pengirim? Karena apabila paket atau dokumen yang dikirim bermasalah, misalnya alamat tidak ditemukan maka paket tersebut akan dikirim kembali ke alamat pengirim.

Kurang lebih seperti itu, tetapi sebelumnya biasanya dari pihak ekspedisi akan menghubungi terlebih dahulu lewat telepon untuk menyelesaikan masalah dan kendala yang terjadi.

Tata Letak Penulisan pada Paket dan Surat

Selanjutnya masalah tata letak penulisan pada paket. Kalau saya pribadi dan berdasarkan pengalaman yang penting alamat penerima terlihat dan mudah dibaca gitu aja.

Namun formalnya, terutama untuk penulisan pada paket dokumen atau surat biasanya pada tiap sisi. Sisi kiri atas untuk alamat pengirim dan bagian sisi kanan bawah untuk alamat pengirim. Gambarannya seperti di bawah ini.
Tata Letak Penulisan pada Paket dan Surat

Nah sedangkan cara menulis alamat pada paket berbentuk box lebih sederhana lagi. Intinya alamat usahakan jelas agar mudah dibaca oleh kurir. Gambar ilustrasinya kurang lebih seperti beriku.
Tata Letak Penulisan pada Paket dan Surat

Tips Sebelum Pengiriman Kiriman Paket

Untuk cara menulis dan contoh penulisan alamat paket kurang lebih seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun bagi yang akan mengirim paketan sebaiknya ikuti tips-tips berikut ini.
  1. Pastikan penulisan alamat dan nomor hp sudah benar.
  2. Perhatikan ejaan kata agar mudah dibaca.
  3. Perhatikan packing yang aman. (kalau barang pecah belah sebaiknya ekstra hati-hati dan ditambah pengaman, misalnya bubble wrap).
  4. Pilih durasi pengiriman yang sesuai.
Lihat Juga : Inilah Langkah dan Persiapan Memulai Usaha Dropship

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara menulis alamat paket yang baik dan benar. Semoga dengan tulisan ini bisa menambah wawasan wawasan pembaca semua. Cara yang saya jabarkan di atas merupakan hasil peneluran dari berbagai sumber dan sama seperti pengalaman pribadi.

Post a comment for "Begini Cara Menulis Alamat Paket Pengiriman yang Baik dan Benar"