Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Kumpulan Istilah dalam Ekspedisi Pengiriman Barang

Inilah istilah dalam ekspedisi pengiriman barang - Bagi Anda yang senang untuk membeli barang dari toko online atau hendak mengirimkan barang ke luar negeri, maka ada beberapa istilah pengiriman barang perlu diketahui. Biasanya memang terasa asing jika tidak sering melakukannya untuk berbagai hal.

Kumpulan Istilah dalam Ekspedisi Pengiriman Barang

Pengertian Ekspedisi Pengiriman Barang

KBBI sendiri menjelaskan bahwa pengertian ekspedisi adalah pengiriman barang ataupun perusahaan yang fokus pada pengangkutan barang di berbagai daerah tujuan. Definisi lainnya pun juga menyebutkan bahwa hal ini berkaitan dengan penyelidikan ilmiah di wilayah tertentu.

Beberapa wilayah tertentu tersebut mencakup daerah yang terlibat perang antara tentara sehingga perlu dikirimkan bala bantuan menggunakan perusahaan ekspedisi ini. Nyatanya banyak sekali pengertian mengartikan makna dari kalimat ini sehingga Anda pun tidak perlu bingung memahaminya.

Ekspedisi pengiriman barang saat ini sering Anda temui di tanah air. Hal ini mengingat bahwa semakin banyaknya orang yang melakukan transaksi melalui online ataupun di luar kota sehingga harus dikirim melalui perusahaan ini. Biasanya cara seperti ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Istilah dalam Ekspedisi Pengiriman Barang saat Cek Resi

Ada beberapa istilah dalam ekspedisi pengiriman barang yang biasanya tertulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda pun sudah seharusnya untuk mengetahuinya terlebih jika sering membeli barang secara online dari luar negeri agar tidak bingung saat harus mengecek nomor resinya.

1. Received at Origin Gateway

Bagi Anda yang menemui adanya status ini ketika hendak mengecek nomor resi, maka artinya adalah paket telah diterima pada gudang jalur. Nantinya pengiriman dapat dilanjutkan dengan menuju gudang pusat ke kota tujuan masing-masing.

Misalnya ketika Anda memiliki alamat paling pencil di Surabaya, maka status received at origin way menjadi petunjuk bahwa paket tersebut sudah berada di Surabaya. Tunggu saja sampai berganti keterangan kembali dimana artinya menyatakan jika barang akan segera dikirimkan di kantor terdekat.

2. Received at Destination

Sementara arti dari received at destination aku menyebutkan bahwa paket sudah sampai di kota tujuan. Misalnya Anda memiliki tempat tinggal yang berada di kaki pegunungan namun masih termasuk ke dalam kota Kediri. Adanya status tersebut menunjukkan bahwa paket sudah sampai di Kediri.

Received at destination memang seringkali menguras banyak emosi dari calon penerimanya. Pasalnya tidak sedikit bagi mereka merasa sangat penasaran akan datangnya barang tersebut. Khususnya jika termasuk dalam benda-benda yang paling disukai seperti skincare dan make up bagi perempuan.

3. Received at Warehouse

Lain halnya dengan status yang bertuliskan received at warehouse yang menampilkan bahwa barang Anda sedang sampai di gerbang ekspedisi paling dekat dari kota tempat tinggal. Biasanya akan memakan waktu hingga 3 sampai 5 hari tergantung akan banyaknya revisian.

Paket kiriman seperti ini nantinya akan memiliki banyak tahapan sebelum bisa disampaikan ke alamat penerima. Beberapa diantaranya adalah masuk ke tahap penyortiran hingga siap dikirimkan karena perlu dicek berbagai dokumen terlebih dahulu khususnya jika berasal dar luar negeri.

4. Shipment Forwarded to Destination

Lain halnya dengan status berikut ini yang akan terlihat ketika paket Anda sudah akan dikirimkan ke kantor JNE paling dekat dari tempat tinggal. Nantinya pihak perusahaan ekspedisi hanya perlu mengirimnya di kota tujuan karena memang belum sampai di alamat secara detailnya.

Pengiriman barang memang memerlukan beberapa hari dan melewatkan banyak kota khususnya jika Anda berbelanja di luar Jawa Timur. Pastikan saja bahwa penulisan alamat sudah benar dan tepat demi menghindarkan dari adanya kekeliruan tujuan saat diantarkan oleh kurir.

5. Shipment Received by Counter Office

Bagi Anda yang masih menerima shipment received by counter office, tentu menjadi notifikasi pertama ketika sebuah paket baru saja dikirimkan. Hal ini berdasarkan artinya sendiri bahwa barang tersebut belum diantarkan ke tujuan penerima karena datang di JNE pusat.

JNE pusat sendiri menjadi kantor cabang paling dekat ketika Anda hendak mengirimkan barang. Jangan sampai salah memilih saat menentukannya karena hal ini berkaitan erat dengan cepat atau tidaknya paket tersebut datang dan juga berhubungan akan jaminan keamanannya.

6. With Delivery Courier

Tentu banyak dari Anda yang merasa jika status seperti ini memang sedang dinantikan oleh banyak calon penerima. Keterangan ini menunjukkan bahwa paket berada dalam perjalanan untuk mengirimkan barang tersebut sesuai dengan penerimanya.

Biasanya Anda tidak perlu menunggu waktu terlalu lama ketika barang sudah berada di tangan kurir. Pastikan saja bahwa keterangan saat mengecek nomor resi telah disesuaikan dengan benar sehingga tidak membingungkan bagi siapa penerimanya.

7. POD atau Process on Delivery Retail

Sama halnya dengan status sebelumnya, adanya keterangan bertuliskan POD atau process on delivery retail menunjukkan bahwa paket Anda sudah berada di tangan kurir. Ini artinya sebagai calon penerima hanya perlu menunggu saja kedatangan barang ini.

Status ini memang biasanya seringkali bertuliskan dengan keterangan with delivery courier. Anda pun tidak perlu bingung untuk membedakannya karena keduanya memiliki arti serupa sehingga sama-sama sedang diantarkan oleh kurir ekspedisi.

8. On Transit

Status ini hanya ada ketika Anda mengirim atau menerima barang dari luar pulau. Pengiriman yang harus menyebrang pulau akan diharuskan melakukan transit. Biasanya berada di pelabuhan sesuai dengan penggunaan armada masing-masing.

Sayangnya proses transit ini juga tidak selamanya memerlukan waktu yang singkat. Beberapa paket diantaranya bahkan sampai menginap beberapa hari hanya karena menunggu jadwal keberangkatan perahu feri agar bisa terangkut ke tujuan tertentu.

9. On Process

Lain halnya dengan status yang bertuliskan on process. Ini artinya paket Anda sedang berada di proses akan dikirimkan jadi jangan berharap penuh apabila keterangan dari hasil cek resi masih menunjukkan tulisan tersebut.

Anda hanya perlu bersabar ketika menjumpai status seperti ini. Pastikan saja bahwa penulisan alamat dan nomor penerima sudah benar agar menghindarkan terjadinya kejadian kehilangan barang atau kekeliruan tujuan tempat tinggal.

Lihat Juga :

Jasa Ekspedisi yang Ada di Indonesia

Mengingat bahwa ada banyak sekali kebutuhan pengiriman barang di Indonesia bahkan ke luar negeri, membuat akhirnya perusahaan di bidang ini mulai berdiri. Jenisnya pun beragam dimana beberapa diantaranya sudah terkenal dan sering digunakan.

Misalnya adalah JNE Express, Tiki, J&T Express, Ninja Express, SICepat dan masih banyak lagi. Beberapa perusahaan ini tentu memiliki nama tersendiri di mata masyarakat sehingga Anda pun tidak perlu khawatir saat memilihnya.

Tidak kalah juga beberapa perusahaan ekspedisi yang masih belum memiliki nama besar seperti mereka. Misalnya yakni Atri Xpress, Indo Express, RPX Holding, Mandiri Express dan MEX Barlian. Pastikan saja Anda selalu berhati-hati saat memilihnya.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai istilah pengiriman barang yang perlu Anda ketahui. Terutama ketika sedang mengecek nomor resi lalu status barang ditampilkan menggunakan bahasa asing.

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Istilah dalam Ekspedisi Pengiriman Barang"