Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Mengenal Termasuk Ongkos Kirim Shopee : Syarat dan Cara Aktifkan

Pada artikel ini admin Denpono akan mengenalkan fitur "Termasuk Ongkos Kirim Shopee" disertai juga dengan syarat dan cara mengaktifkannya. Fitur ini aslinya bernama Non Integrated Channel atau jasa kirim tidak terintegrasi. Jadi pada penerapannya nanti tidak akan ada ongkos kirim atau Rp 0 pada saat customer melakukan pembelian produk.

Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Sebelumnya admin sudah pernah membahas tentang cara jual pulsa di Shopee dan pada tulisan tersebut dijelaskan bahwa syarat untuk bisa berjualan pulsa yaitu dengan fitur termasuk ongkos kirim. Hal tersebut dikarenakan pulsa merupakan produk non fisik yang tidak memerlukan proses pengiriman barang.

Namun selain itu masih ada banyak jenis atau kriteria lain yang bisa menjadi alasan kenapa harus aktifasi fitur non integrated channel di shopee.

Pengertian Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Apa itu termasuk ongkos kirim di shopee? Secara garis besar dan sederhananya, fitur ini memungkinkan penjual atau seller untuk berjualan tanpa dikenakan biaya ongkir atau Rp 0. Alasan utama seperti yang sudah dijelaskan sedikit di awal tadi, yaitu agar tidak adanya sistem penghitungan biaya kirim.

Namun fitur ini tidak serta-merta langsung ada atau aktif ketika kamu mencoba menambahkan barang jualan. Kamu perlu melakukan pengajuan permohonan untuk mengaktifkan jasa kirim tidak terintegrasi di shopee ini.

Jika dilogika, kenapa harus demikian? Karena apabila fitur semacam ini langsung aktif tanpa harus ada permohonan, dapat berpotensi dilakukan manipulasi data atau oderan fiktif. Apabila itu terjadi akan sangat merugikan pihak shopee.

Jenis Kriteria yang Mendukung Fitur Termasuk Ongkos Kirim

Semua jenis produk atau barang dapat dijual di ecommerce shopee kecuali untuk jenis produk yang sudah terlarang. Jenis barang fisik dan non fisik atau digital dapat dijual pada marketplace tersebut.

Pada beberapa jenis dan kriteria tertentu, mengharuskan penggunaan pihak jasa kirim yang tidak terintegrasi dengan sistem shopee. Maka dari itu harus menggunakan fitur Termasuk Ongkos Kirim, adapun beberapa kriteria yang mendukung fitur tersebut antara lain :

1. Jenis Produk Non Fisik atau Digital

Produk non fisik seperti pulsa, token pln, lisensi atau jenis produk digital lainnya sebenarnya bisa dan boleh untuk dijual di shopee. Hanya saja untuk bisa melakukan transaksi dengan lancar, diperlukan sistem atau fitur termasuk ongkos kirim Rp 0.

Jadi pembeli tidak akan dikenakan biaya pengiriman, karena memang jenis barang non fisik tidak membutuhkan hal seperti itu.

2. Butuh Penanganan Khusus

Berikutnya ada kriteria untuk barang dengan penanganan khusus yang tidak bisa dilakukan jasa ekspedisi pada umumnya. Apabila kamu merupakan penjual dari suatu produk dengan kriteria tersebut, maka wajib mengajukan permohonan untuk pengaktifan jasa kirim tidak terintegrasi. Sehingga nantinya dapat menggunakan jasa pengiriman sendiri, baik itu dari toko atau pihak ketiga yang telah dilakukan kerjasama.

3. Memerlukan Instalasi

Selanjutnya ada jenis kriteria yang mana produk atau barang diperlukan proses instalasi atau pemasangan. Contohnya yaitu produk AC (Air Conditioner), jika kamu menyediakan jasa instalasinya juga. Maka wajib menambahkan fitur "Termasuk Ongkos Kirim Shopee" pada listing produk yang ada instalasinya.

4. Lainnya

Namun apabila kamu mempunyai alasan lain kenapa membutuhkan fitur jasa kirim tidak terintegrasi dapat memilih opsi ini dan jelaskan secara rinci.

Lihat Juga :

Syarat Termasuk Ongkos Kirim Shopee Rp 0

Adapun beberapa persyaratan yang akan diperlukan saat pengajuan aktivasi non integrated channel shopee antara lain :

  • Memenuhi kriteria di atas
  • Nama pengguna atau username shopee
  • Alamat email
  • Nama lengkap pemohon
  • Foto KTP/SIM/Kartu Keluarga (salah satu)
  • Nomor KTP/SIM/KK
  • Nomor rekening dan foto depan buku tabungan
  • Daftar link produk yang memenuhi kriteria
  • Alasan kenapa ingin mengaktifkan jasa kirim tidak terintegrasi

Silahkan kamu lengkapi semua syarat di atas dan pastikan sudah menambahkan seluruh barang yang akan di jual ke dalam listing produk. Sebab kamu akan membutuhkan link dari produk tersebut.

Cara Aktivasi Fitur Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Selanjutnya setelah semua syarat dan data yang diperlukan sudah siap. Kamu dapat langsung melakukan permohonan aktivasi non integrated channel, caranya yaitu sebagai berikut :

  • Silahkan hubungi cs shopee dan bilang ingin daftar fitur termasuk ongkos kirim
  • Setelah itu kamu akan diberikan link formulir yang harus diisi
  • Atau kamu juga dapat menemukan formulir tersebut pada laman ini help.shopee.co.id
formulir aktivasi termasuk ongkos kirim shopee

Isi semua kolom dengan data-data yang telah disiapkan sebelumnya. Cek kembali apakah sudah benar atau ada kesalahan, apabila semua sudah sesuai tekan “Kirim”.

Proses pengajuan akan diproses selama 3-5 hari kerja. Apabila disetujui, maka kamu akan mendapatkan email pemberitahuan seperti ini.

fitur termasuk ongkos kirim disetujui

Setelah diterima, apa yang perlu dilakukan selanjutnya? Tentunya kamu harus mengubah atau edit semua list produk yang ingin diterapkan dengan fitur ini. Silahkan masuk ke portal seller dan ubah jasa pengiriman dari setiap produk terdahulu menjadi “Termasuk Ongkos Kirim”.

Lihat juga :

Jika ternyata pengajuanmu ditolak, coba perhatikan tipsnya di bawah ini.

Tips Agar Diterima Fitur Non Integreted Channel Shopee

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan lengkap tentang fitur termasuk ongkos kirim shopee. Semoga dengan tulisan ini kamu lebih jauh mengenal fitur tersebut, serta paham bagaimana cara mengaktifkannya. Sehingga harapannya kedepan apabila kamu ingin berjualan di shopee dan membutuhkan jasa kirim tidak terintegrasi dapat mencoba fitur tersebut.

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "Mengenal Termasuk Ongkos Kirim Shopee : Syarat dan Cara Aktifkan"