Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Jual Pulsa Online di Shopee Tanpa Ongkos Kirim

Apakah saat ini kamu kepingin tahu bagaimana cara jual pulsa online di Shopee? Dimana ecommerce tersebut sebenarnya merupakan market place untuk berjualan produk fisik. Sedangkan pulsa itu sendiri adalah jenis produk barang non fisik. Pasti kamu penasaran bagaimana sistem penjualannnya, proses pengiriman dan ekspedisi yang nanti berkaitan dengan ongkos kirim.

cara jual pulsa di shopee

Dilihat dari sudut pandang customer atau pembeli pasti tidak akan begitu peduli dengan persoalan di atas. Toh pada aplikasi Shopee itu sendiri sudah menyediakan menu top up tagihan dan pulsa yang mendukung semua operator seluler di Indonesia.

Namun asal kamu tahu saja, prospek berjualan pulsa secara online di shopee mempunyai prospek yang menggiurkan. Terlebih bagi seseorang yang  berprofesi sebagai pedagang pulsa (konter), tentunya ini merupakan suatu peluang.

Sekarang coba ke kolom pencarian di shopee dan ketik dengan kata kunci “Pulsa”. Lihat hasilnya, maka kamu akan melihat begitu banyak seller atau penjual yang berjualan produk non fisik seperti pulsa, paket data, token PLN dan lainnya.

Alasan Kenapa Harus Jual Pulsa di Shopee (Keuntungan)

Dari situ dapat disimpulkan beberapa poin kenapa harus berjualan pulsa di shopee, antara lain seperti berikut :

1. Tingginya Trend Pencarian Kata Kunci "Pulsa" di shopee

Alasan pertama yang ingin admin denpono sampaikan bahwa trend pencarian dengan kata kunci “pulsa” atau keyword yang lebih spesifik seperti “pulsa telkomsel, indosat, xl atau axis” sangat tinggi.

Bagaimana saya tahu? Mudah saja kok untuk mengetahui trend pencarian suatu kata kunci di shopee. Bahkan tingkat popularitas dan juga volume pencariannya setiap bulan juga bisa dilihat.

Silahkan kamu masuk ke portal seller di shopee dengan url https://seller.shopee.co.id lalu masuk ke opsi ikan. Di sana kamu dapat membuat campign baru dan gunakan tools pencarian kata kunci. Dari hasil yang sudah admin coba, hasilnya sangat luar biasa. Kata kunci “Pulsa” sangat populer dengan tiap bulan mencapai 50 an ribu pencarian.

trend pencarian kata kunci pulsa di shopee

Dari sini dapat dikatakan bahwa pengunjung shopee tidak semuanya menggunakan menu “Pulsa dan Tagihan” ketika akan membeli pulsa.

2. Bisa Untung Lebih Besar

Dengan berjualan barang non fisik di shopee dalam hal ini pulsa, maka kamu sudah berhasil memperluas margin konsumen. Sehingga bisa berpotensi meningkatkan omset dan keuntungan.

Kamu dapat berjualan di bawah harga pulsa reguler dengan cara menjual pulsa transfer atau promo. Jadi bisa berpotensi untung lebih besar.

3. Tidak Butuh Lapak dan Sarana Promosi

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama tadi, karena tren pencarian yang besar. Kamu bisa mendapatkan pelanggan tanpa perlu mempunyai lapak, hanya bermodalkan hp maupun pc komputer.

Menariknya jika berjualan pulsa online di shopee ialah apabila produk yang kamu jual sudah banyak mendapatkan pelanggan dan review positif. Secara natural listing barang yang kamu jual akan naik dengan sendirinya karena popularitas. Jadi apabila reputasi sudah terjaga dengan baik, maka kamu tidak perlu promosi apalagi dengan cara beriklan.

Lihat Juga :

Panduan dan Cara Jual Pulsa di Shopee

Sebelumnya admin ingin sampaikan bahwa di panduan ini mungkin informasinya tidak terlalu komplit karena hanya fokus ke poin-poin utama saja. Kemudian agar kamu bisa lebih mudah memahaminya, sebaiknya ketahui dan pahami dasar bagaimana cara berjualan di shopee. Karena pada media lain seperti Youtube sudah banyak yang membahas, maka tidak perlu di bahas lagi di sini.

Lalu ada beberapa hal yang akan di bahas dalam panduan ini, mulai dari sistem ongkos kirim atau bebas ongkir dengan istilah “termasuk ongkos kirim Rp 0” untuk barang non-fisik dan cara mendaftarnya.

Langkah 1 : Masukkan Produk Jualan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, bahwa kamu harus paham dasar berjualan di shopee. Pertama yang harus dilakukan tentu saja menambahkan semua listing jualan produk/ barang. Caranya sangatlah mudah, kamu dapat masuk ke portal seller shopee atau jika dari aplikasi pilih menu “Saya” lalu pilih “Toko saya”.

Selanjutnya silahkan tambahkan produk berupa deskripsi secara detail. Kemudian untuk pilihan ekspedisi yang pertama kamu pilih saja pos kilat khusus. Karena fitur “Termasuk ongkos kirim Rp 0“ belum aktif.

Sampai di sini sebenarnya kamu sudah dapat menerima orderan produk non fisik dalam hal ini pulsa dengan trik jualan seperti video di bawah ini.

Langkah 2 : Daftar Fitur Termasuk Ongkos Kirim

pendaftaran termasuk ongkos kirim

Fitur termasuk ongkos kirim shopee atau istilah lainnya disebut Non Integrated Channel memungkinkan penjual atau seller memberikan opsi pengiriman diluar dari ekspidisi yang sudah terintegrasi dengan sistem shopee.

Sehingga fitur ini menjadi kunci utama ketika memutuskan untuk berjualan barang non fisik di marketplace shopee. Namun sayangnya secara default fitur termasuk ongkos kirim tidak aktif dan kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memberikan data yang dibutuhkan.

Kamu dapat melakukan pendaftaran dengan menghubungi customer service shopee. Bisa juga dengan mengisi formulir pendaftaran fitur termasuk ongkos kirim.

Data yang perlu dimasukkan dalam formulir di atas mulai dari identitas susuai KTP, alamat email, username shopee, foto KTP, rekening dan foto buku tabungan termasuk beberapa data lainnya. Silahkan kamu isi sesuai data yang benar. Kamu juga dapat melihat tipsnya pada cuplikan video berikut ini.

Langkah 3 : Atur Termasuk Ongkos Kirim di Dalam Produk

Setelah pendaftaran fitur termasuk ongkos kirim disetujui dan sudah aktif. Silahkan masuk ke portal penjual dan lakukan edit pada semua list produk non-fisik yang telah dibuat.

Silahkan ubah ekspedisi pengiriman yang awalnya adalah pos kilat menjadi “Termasuk Ongkos Kirim” lalu simpan.

Termasuk Ongkos Kirim Shopee

Sampai disini kamu telah berhasil untuk jual pulsa secara online di shopee dan tanpa ada ongkos kirim. Namun jika kamu belum berhasil mendapatkan fitur tersebut, jangan patah semangat. Ada beberapa tips agar proses pengajuan non-integrated channel ini bisa acc, antara lain :

  • Pastikan kamu sudah menambahkan listing jualan pulsa atau produk non fisik lain seperti token pln dan sejenisnya
  • Usahakan sudah ada transaksi penjualan dari salah satu barang non fisik yang dijual
  • Buatlah alasan yang masuk akal dan realistis, jangan mengadi-adi

Jadi seperti itulah penjelasan tentang bagaimana cara jual pulsa di shopee. Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa untuk berjualan produk dan barang non fisik di ecommerce Shopee bisa dilakukan dengan menambahkan fitur termasuk ongkos kirim. Supaya pesanan yang masuk dapat dikirim tanpa harus melakukan pengiriman seperti barang fisik pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada bagian tulisan di atas yang kurang jelas dapat berkomentar di bawah.

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "Cara Jual Pulsa Online di Shopee Tanpa Ongkos Kirim"