Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Inilah Langkah dan Persiapan Memulai Usaha Dropship

Inilah Langkah dan Persiapan Memulai Usaha Dropship
Inilah Langkah dan Persiapan Memulai Usaha Dropship – Aneka jenis usaha di era milenial sangatlah beragam. Salah satu syarat untuk bisa memulai suatu usaha yaitu adanya modal. Ada tidaknya modal sering menjadi momok di masyarakat umum bahwa ketika hendak membuka usaha haruslah memiliki modal yang sangat besar.

Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan walau dengan modal yang sangat minim dan bahkan tanpa modal. Apakah mungkin membangun usaha tanpa modal? Tentu saja mungkin. Sebab ada istilah di dunia usaha yang mungkin awam di telinga yaitu Dropship.

Lihat juga Dropshipaja.com Penipu? Baca Dulu Ulasan Berikut Ini

Apa itu Dropship?
Dropship merupakan metode jual beli online dimana kita tidak perlu melakukan stok barang ataupun proses pengiriman pesanan / orderan.

Bagaimana cara kerja Dropship?
Ketika memulai usaha dengan metode Dropship maka yang harus kita kerjakan hanyalah melakukan promosi produk berupa foto / gambar produk saja. Foto produk untuk promosi bisa kita dapatkan dari supplier Dropship. Dalam hal ini kita berjualan secara online, bisa dengan membuka toko online di Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Kalian juga bisa berjualan dan promosi di sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Berapa modal usaha dengan metode Dropship?
Modal usaha dengan metode seperti ini bisa dikatakan nol rupiah alias tanpa modal. Dikatakan tanpa modal karena yang diperlukan untuk memulai usaha Dropship hanyalah Smartphone dan paket internet atau memakai komputer laptop jika ada. Namun sebelum memulai usaha seperti ini alangkah baiknya kalian simak beberapa langkah memulai bisnis usaha Dropship berikut ini.

Inilah Langkah dan Persiapan Memulai Usaha Dropship

1. Cari Supplier
Langkah awal dalam dalam memulai usaha dengan metode Dropship yaitu mencari Supplier. Jadi supplier inilah yang nantinya menyediakan stok dan pengiriman pesanan dengan mengatas namakan Online Shop (Olshop) kamu. Tips mencari supplier Dropship adalah yang sudah memiliki reputasi yang baik. Lihat pula testimoni dari para pelanggannya. Jika perlu carilah grup atau komunitas Dropship agar kalian bisa mendapatkan rekomendasi Supplier.

2. Buat Online Shop Sendiri
Walaupun usaha kalian adalah Dropship yang berarti kalian tidak memiliki produk sendiri bukan berarti tidak bisa membuka atau membuat online shop sendiri. Kalian bisa memanfaatkan Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee untuk membuat toko online kemudian mengisi etalase dengan foto produk dan deskripsi yang menarik.

3. Promosi pada Sosial Media
Sekarang ini adalah jaman dimana semua orang lebih suka menghabiskan waktunya hanya untuk bersosial media seperti Facebook dan Instagram. Nah jika demikian berarti kalian bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk berjualan / promosi. Jika di Facebook kalian bisa promosi pada grup jual beli atau pada marketplace. Kemudian untuk promosi di Instagram kalian bisa dengan membuat foto atau gambar yang menarik kemudian kalian optimalkan dengan menambahkan deskripsi yang menarik. Kalian juga bisa melakukan promosi berbayar seperti Endorsment dan Facebook Ads.

4. Ramah kepada calon pembeli
Jika kalian ada calon pembeli layanilah mereka dengan baik. Misal menanyakan produk apa yang sedang dicari, memberitahu perihal promo, ongkir dan lain sebagainya. Jika kemudian ada calon pembeli yang gak jadi beli kalian harus tetap ramah. Memang hal seperti ini bagi pemula akan terasa berat, namun lama kelamaan kalian akan terbiasa dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

5. Selalu Update
Usaha dengan metode Dropship menuntut agar selalu update, baik itu stok dari supplier, harga, diskon, dan lain sebagainya. Jangan sampai foto yang kalian pasang merupakan produk yang sedang kosong dan mengecewakan calon pelanggan kalian. Biasanya supplier memiliki grup tersendiri yang berisi informasi seputar promo, harga, dan ketersediaan barang. Jadi tugas kalian adalah selalu update produk agar tidak terjadi gagal order.

Baca Juga :

Itulah tadi langkah dan persiapan membagun usaha dengan metode Dropship. Dari pembahasan tadi dapat saya simpulkan bahwa kunci utama dalam menjalankan bisnis ini adalah selalu update harga maupun barang dari supplier agar tidak terjadi salah paham antara calon pembeli dengan penjual. Cukup sampai disini pembahasan kali ini sampai jumpa di pada artikel berikutnya. Terimakasih
Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..