Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal


Denpono.com dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu kegiatan menjual barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau profit. Dijaman sekarang bisnis sudah beraneka ragam dan unik - unik tentunya, dari bisnis kecil - kecilan seperti toko kelontong hingga franchise skala besar seperti alfamart, indomrt dll.  Dalam dunia bisnis tentu dibutuhkan sebuah modal dan tenaga.

Lantas bagaimana jika sobat mahasiswa ingin berwirausaha? untuk biaya hidup saja harus ekstra berhemat. Jika sobat berfikir seperti itu wajar, denpono pun juga demikian. Tetapi berbahagialah sobatku karena pada artikel ini akan denpono sedikit paparkan beberapa bisnis atau usaha dengan modal murah bahkan tanpa modal. Baiklah peluang usaha untuk mahasiswa itu adalah sebagai berikut


Usaha Dropshiper




Dropship adalah suatu istilah dimana seseorang menjualkan barang milik penjual tertentu. Tetapi detail penjualan atas nama si dropshiper atau kata lain si reseller. Jenis usaha ini paling banyak diminati karena hanya dengan modal 0 rupiah sobat sudah bisa jualan ratusan produk tanpa harus memikirkan jumlah stok yang tersedia. Selain itu juga biasanya pihak produsen atau pemilik stok akan memberikan harga yang lebih murah dari harga ecer. Sehingga selisih inilah nantinya yang jadi keuntungan sobat.

Ketika sobat ingin memulai usaha dropship ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :
  • Pertama sobat cari penjual yang menerima reseller, tanyakan apakah ada harga reseller atau tidak. Kemudian jangan lupa untuk melihat feedback penjual itu, apakah baik atau tidak. Apabila sobat cari di shopee, tokopedia atau bukalapak maka akan lebih mudah untuk melihat reputasi seller.
  • Tentukan harga jual akhir dengan perkiraan perhitungaan ini sob. Harga dari Penjual+ongkir+laba = Harga jual. Semisal baju seharga 50rb , ongkos kirim ke alamat 15rb, dan sobat ambil lama 15rb maka harga jualnya menjadi Rp 80.000 / item.
  • Manfaatkan media sosial untuk promosi, seperti forum - forum jual beli facebook dan instagram.



Agen Pulsa



Bisnis yang kedua adalah menjadi agen pulsa all operator. Jenis usaha ini memang tidak sepenuhnya gratis tetapi perlu sedikit modal. Sobat jangan kuwatir karena modal yang dikeluargan sangan sedikt kisaran 30ribu - 50ribu sudah bisa jalan. Kalau sobat ingin menjalankan usaha ini denpono ingatkan untuk telaten.

Kenapa ?? 
Karena asal sobat tau saja bahwa laba yang akan didapatkan per transaksi biasanya cuma sekitar 500 - 1000 ribuan saja. Jadi sobat harus benar - benar memenejemen uangnya dengan baik.

Kemudian kalau cara gabung agen pulsa sangat mudah, sobat tinggal datang ke konter - konter pulsa di sekitar sobat dan tanyakan apakah bisa daftar agen pulsa disana. Ohya jangan lupa juga untuk minta rincian harga produknya juga ya sob.


Jual Kaos Komunitas (Pre Order)




Jika sobat aktif di komunitas maka ini bisa jadi peluang usaha juga sob. Caranya dengan menjual kaos atau baju komunitas dengan sistem pre - order. Dengan sistem ini maka modal yang akan dibutuhkan tidak akan terlalu besar karena 50% modal sudah didapat dari DP calon pembeli yang memesan kaos. Bahkan biasanya kalau di dalam komunitas akan diberlalkukan pembayaran dimuka untuk membuat kaos. Nah disini peran sobat untuk melobi dimana kaos akan dibuat dan membuat kesepakatan harga dengan produsen kaos, sehingga sobat bisa mengambil keuntungan disana. Itung - itung itu imbalan jasa untuk sobat karena sudah bisa melobi pesanan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah perbanyak relasi atau kenalan produsen yang bisa di ajak kerja sama. Apabila sobat sudah punya kerja sama dengan produsen maka akan lebih mudah pula kedepan kalau ada orderan yang masuk.


Jasa Desain Visual




Jika sobat kuliah pada jurusan desain komunikasi visual maka bisnis inilah yang paling cocok. Banyangkan hobi yang sobat tekuni bisa menghasilkan uang maka itu akan membuat rasa bangga tersendiri. Apalagi kalau sobat bisa sukses dengan bisnis ini, jangankan biaya kuliah, biaya lain lainpun bukan jadi masalah lagi.

Apabila sobat bukan dari jurusan DKV tetapi memiliki skill desain visual juga bukan menjadi masalah untuk menggeluti bisnis ini, yang terpenting niat dan ketekunan saja. Jangan berfikir bisnis ini akan susah berkembang karena jaman sekarang ini yang namanya skill desain visual sangat dicari misal untuk membuat desain brosur, pamflet - pamflet, poster - poster dan masih banyak lagi. Semua itu hanya bisa dikerjakan oleh seseorang yang memeang memiiki skill desain dan tidak semua orang mampu dan bisa.


Jasa Tulis Artikel




Menulis adalah suatu keahlian yang tidak semua orang jadi cobalah untuk menjadi penulis di portal - bertia online. Bisa juga sobat jadikan keahlian ini sebagai peluang usaha dengan membuat jasa penulisan artikel. Karena asal sobat ketahui juga banyak seorang blogger yang kemampuan menulis mereka kurang sehingga sering dari  mereka untuk menggunakan jasa tulis artikel ini.

Untuk jasa penulisan artikel ini bisa sobat promosikan di forum  - forum publisher seperti Blogger Indonesia dan Ads.id serta masih banyak forum lainnya. Bisa juga sobat untuk terjun di dunia blogger tetapi perlu kesabaran ekstra sampai bisa untuk menghasilkan uang dari blog.

Itulah peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa sobat coba. Kalau denpono dulu pernah coba agen pulsa, droship dan jual kaos. Untuk artikel kali ini cukup sampai disini dulu apabila ada pertanyaan kritik atau saran bisa tinggalkan komentar di bawah ya sob.
Denpono pamit dulu. Terimakasih

Baca Juga : Kiat Sukses Blogger Pemula

0 Response to "Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel