Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

7 Ide Bisnis Unik dan Kreatif untuk Mahasiswa

Ide Bisnis Unik dan Kreatif untuk Mahasiswa

Ide Bisnis Unik dan Kreatif - Jam kuliah mahasiswa yang cukup fleksibel, membuat mereka memiliki banyak waktu luang. Dengan begitu, akan cukup untuk Anda gunakan mengisi hal-hal yang positif, seperti misalnya saja membuka usaha bisnis. Sebelum itu, ketahui 7 ide bisnis unik dan kreatif untuk mahasiswa yang menggiurkan.

Tips Memulai Bisnis untuk Mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa, tidak cukup hanya dengan kuliah lalu pulang ke rumah. Ada saatnya Anda harus bergerak secara real / dalam dunia nyata, mencoba suatu bisnis kecil-kecilan. Dari upaya inilah, akan muncul suatu pemikiran untuk merencanakan strategi agar produk tersebut laku terjual.

1. Memiliki Rencana Usaha Bisnis yang Matang

Sebelum memulai suatu usaha bisnis, ada baiknya Anda merencanakan beberapa hal terlebih dahulu. Mengingat setiap bisnis tak akan mungkin berjalan mulus tanpa adanya kendala, jadi sebagai seorang pelaku usaha yang baik. Sudah seharusnya memperhatikan hambatan yang bisa saja terjadi.

Perencanaan ini bisa Anda mulai dengan melakukan penelitian terlebih dahulu, seperti halnya meneliti pasar apa yang menjadi kesukaan masyarakat saat ini. Apakah akan ada cukup pelanggan potensial yang membuat ide bisnis bisa bertahan? Sampai dengan meneliti pemain yang akan dihadapi.

2. Menyusun Perencanaan Keuangan

Sebagian besar seorang pelaku usaha itu selalu memulai membuka bisnis dengan modal yang sangat kecil. Hal ini bisa Anda terapkan juga, mengingat bahwa menjadi mahasiswa itu harus selalu berhemat untuk kebutuhan hidup. Seperti halnya saja kos, makan sehari-hari hingga bayar kuliah.

Jadi, susunlah perencanaan keuangan terlebih dahulu. Bisnis apa yang ingin Anda geluti sebagai usaha sampingan menjadi mahasiswa, setelah menemukannya pikirkan modal yang sudah tersedia dan cukup untuk stok produk berapa. Awal membuka bisnis, cukup dengan uangnya (jangan terlalu banyak barang).

3. Mengatur Waktu Bisnis dengan Belajar

Menjadi seorang mahasiswa dan pelaku usaha memang tidak mudah, Anda harus pintar membagi waktu untuk ini. Jangan sampai karena berbisnis, waktu kuliah menjadi kacau dan lebih tekun pada bisnis. Ingat bahwa menjadi seorang pelajar juga merupakan suatu kewajiban, jadi prioritaskan juga.

Namun, menjadi mahasiswa itu fleksibel. Tidak selamanya sibuk, jadi jika ada waktu luang Anda bisa berfokus kepada usaha bisnis. Rencanakan dengan baik dengan menyusun jadwal saja, tulis di note waktu kuliah Anda setiap harinya dan atur untuk bisa mengurus usaha bisnis tersebut agar tetap berjalan.

4. Memanfaatkan Situasi Sebagai Bentuk Keuntungan

Status menjadi mahasiswa mungkin akan dipandang sebagai penghalang dalam berwirausaha, namun Anda tetap harus melihat hal tersebut dari sisi positifnya saja. Pernahkah terbayang dalam benak, jika jumlah pelanggan potensial di sekitar area kampus justru akan jauh lebih banyak daripada di luar?

Anda bahkan bisa beriklan di area kampus, baik menggunakan selebaran kertas atau bahkan mengadakan stand pameran. Yaitu untuk dapat mempromosikan bisnis agar menjadi lebih banyak orang kenal. Namun, pastikan hal tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari pihak kampus. 

5. Jangan Menjalani Usaha yang Berlebihan

Menjadi seorang mahasiswa itu sulit, menjalankan bisnis pun juga sama saja. Oleh karena itu, ketika hendak menjalani suatu usaha tertentu pikirkan juga peluang Anda untuk bisa beristirahat dan mengerjakan tugas kampus atau bahkan berlibur. Dengan tujuan melepas penat dari sibuknya urusan.

Jangan sampai dengan memilih untuk usaha samping selagi kuliah, Anda justru kekurangan peluang beristirahat. Ingat, kesejahteraan itu adalah prioritas jadi jangan terlalu menyibukkan diri. Pastikan untuk memiliki waktu untuk berolahraga, makan secara teratur serta tidur yang cukup sekitar 7-8 jam.

Baca Juga : 17 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Minim Pesaing

Contoh Ide Bisnis Unik untuk Mahasiswa atau Anak Kuliahan

Tidak hanya menambah uang saku saja, menjadi seorang mahasiswa sekaligus pebisnis membuat Anda menjadi semakin terlatih terkait bagaimana cara mengelola suatu usaha. Dengan begitu, setelah lulus pasti akan dengan mudah mengetahui strategi ketika hendak mengembangkan bisnis.

1. Menjadi Reseller dari Suatu Produk

Menjadi Reseller dari Suatu Produk

Bila Anda kenal dengan pihak produsen suatu produk, menjadi resellernya merupakan salah satu ide bisnis terbaik. Selagi menjadi mahasiswa, meluangkan waktu dengan mempromosikan produk tertentu tidak buruk juga. Bahkan tidak perlu modal banyak, karena hanya memerlukan smartphone saja.

Apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, produk akan mudah untuk perjual belikan melalui media sosial atau marketplace / e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Prospek keuntungannya juga tidak main-main, siap-siap untuk meraup untung lebih besar.

Baca Juga : Langkah dan Persiapan Memulai Usaha Dropship

2. Promosi dan Jual Paket Internet Termurah

Ide Usaha Promosi dan Jual Paket Internet Termurah

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, koneksi internet merupakan suatu hal yang paling penting. Itu karena hanya dengan internet, seseorang bisa berselancar dengan mudah untuk mendapatkan informasi dari berbagai negara. Inilah yang bisa menjadi peluang dalam memulai bisnis.

Memulai bisnis berjualan pulsa atau paket internet, saat ini telah banyak orang cari-cari. Prospek keuntungannya juga pasti untung banyak, mengingat banyak dari mereka yang selalu mencari paketan internet demi bisa internetan. Modal untuk memulainya tidak perlu banyak, cukup 100 ribuan saja.

Lihat Juga : Tips Memulai Usaha Konter Pulsa Kecil-Kecilan

3. Penulis Lepas / Freelance

ide bisnis unik jadi penulis freelance

Menjadi seorang mahasiswa itu waktunya fleksibel, untuk bisa mengisi waktu luang tersebut bisa menjadi freelance penulis lepas. Untuk memulainya tidak perlu modal apapun, karena pasalnya Anda hanya harus memenuhi kriteria penerimaan pekerja atau sesuai dengan syarat.

Kemudian juga harus bisa menguasai teknik menulis dengan baik. Prospek keuntungan yang bisa Anda dapatkan nanti juga lumayan, karena setiap kata yang terkirim memiliki harganya masing-masing. Sangat cukup untuk digunakan sebagai biaya kuliah, jadi tak perlu meminta orang tua lagi.

4. Menjual Makanan Terhits

ide bisnis boba

Di tahun 2021 ini, produk makanan tampak bervariasi dan beraneka ragam. Nah, Anda bisa menjadikan peluang ini sebagai salah satu bentuk untuk membuka usaha makanan kekinian. Misalnya saja mie penjara yang memiliki rasa pedas luar biasa atau membuat minuman boba.

Prospek keuntungannya juga sangat meyakinkan, karena setiap orang pasti memiliki selera berbeda-beda. Namun, dengan keunikan dari makanan yang Anda buat tak ada alasan bagi pembeli untuk melirik tempat lain. Modalnya juga tidak perlu banyak, hanya sediakan sekitar 200 ribu saja dulu.

5. Bisnis Tanaman Hias Unik

bisnis tanaman hias unik

Kemudian, ada bisnis yang bisa Anda jalani selama menjadi mahasiswa untuk dapat membayar biaya kuliah. Dengan menjual tanaman hias, prospek keuntungan bisa jadi lebih besar. Mengingat sebagian besar orang selalu menyukai tanaman hias sebagai pajangan di rumah. Promosikan bisnis tersebut di marketplace atau sosial media juga bisa.

Biasanya pelanggan potensial yang selalu tergiur dengan tanaman hias seperti ini, ialah ibu rumah tangga. Jadi, setelah mengetahui pangsa pasarnya Anda harus mempromosikannya besar-besaran di sosial media karena akan lebih cepat terjual. Modalnya memang tak sedikit, sekitar 2 – 3 jutaan.

6. Menjadi Guru Les Privat

usaha jadi guru private untuk mahasiswa

Bagi Anda seorang mahasiswa dan ingin menambah uang jajan untuk bisa bayar kuliah, tenang saja karena ada bisnis yang tak memerlukan modal. Hanya perlu keahlian khusus dalam mengajar siswa, seperti halnya menjadi guru les privat.

Prospek keuntungannya lumayan, Anda bisa mematok 300 ribu untuk setiap siswanya. Modalnya pun tidak berupa uang, akan tetapi hanya bermodalkan keahlian dalam mengajar dan mengerti pelajaran dari siswa yang akan diajarkan. Seperti misal mengajar anak TK, SD atau bahkan SMP.

7. Ide Bisnis Kraetif Jasa Foto

Ide Bisnis Kraetif Jasa Foto

Seperti yang Anda ketahui, bahwa saat ini telah banyak berkembang usaha yang bahkan tidak perlu modal banyak. Salah satunya dengan membuka jasa foto. Dengan bemodalkan kamera 3 jutaan saja, seorang mahasiswa sudah bisa menjalankannya. 

Di sisi lain, Anda juga harus menguasai skill editing yang tentunya tidak mudah untuk dipelajari. Baik itu menyesuaikan warna, mengambil angel, atau bahkan metode cetak yang digunakan. Namun imbangi juga dengan promosi positif.

Lihat Juga :

Demikian ulasan secara jelas dari pembahasan mengenai 7 ide bisnis unik dan kreatif untuk mahasiswa. Beserta dengan modal dan prospek keuntungannya bagi pelajar, semoga dengan adanya artikel di atas Anda bisa terinspirasi dan menjalani salah satu usaha tersebut.

Afif Efendi
Afif Efendi Self Employer & Content Writer di Denpono Media. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan kirim pesan melalui tombol "Contact" di bawah. Terimakasih ...

Posting Komentar untuk "7 Ide Bisnis Unik dan Kreatif untuk Mahasiswa"