Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

17 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Minim Pesaing

17 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Minim Pesaing

Usaha yang langka tapi menguntungkan, berbicara tentang berwirausaha ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dijadikan inspirasi. Baik yang dilakukan secara online maupun offline, bahkan ada usaha yang jarang kita temui tetapi siapa sangka malah sangat menguntungkan. Apa sajakah ide bisnis yang jarang tapi bisa memberikan keuntungan besar tersebut, simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

Berikut adalah 17 ide usaha yang langka atau masih jarang tetapi sangat menguntungkan. Lihat daftar isinya di bawah ini biar lebih mudah.

1. Usaha Sewa Dekorasi Pesta Resepsi Pernikahan

Contoh ide usaha yang pertama ialah sewa dekorasi pesta resepesi pernikahan. Seperti kita ketahui pesta pernikahan di Indonesia pastinya akan selalu ada yang namanya dekorasi sebagai singgasana pengantin pria dan wanita.

Tetapi tahukah kamu dekorasi yang indah tersebut memiliki nilai jual. Jika pesta dilakasanankan di rumah biasanya biaya untuk dekorasi berkisar antara 1 juta hingga 7 jutaan, tergantung dari tema yang diinginkan. Untuk mendapatkan desain dekor biasanya sudah include dengan wo (wedding organizer) atau ke tempat jasa desain dekorasi pernikalah.

Bahkan menurut situs WeddingMarket biaya untuk dekorasi saja mulai dari 10 juta sampai dengan 30 jutaan. Bagaimana cukup menggiurkan bukan?

2. Usaha Sewa Tenda Acara dan Pesta

Penyewaan tenda untuk acara pesta atau pernikahan merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis yang jarang digeluti. Suatu acara seperti perta pernikanan biasanya dilaksanakan pada suatu gedung atau di rumah.

Bagi yang ingin melaksanakan acara di rumah, tentunya membutuhkan tenda guna agar tamu undangan tidak terkena terik matahari dan hujan. Nah, tenda ini didapatkan dari jasa penyewaan dengan tarif berbeda-beda. Setiap ukuran tenda, variasi hiasan/dekor mempunyai harga tersendiri.

Setiap ada yang menyewa, pemilik tenda akan mendapatkan biaya sewa mulai dari 20 ribu hingga 50 ribuan per m2 (meter pesegi) dengan minimal sewa 100 m2. Jadi lumayan bukan, bahkan ini bisa dibilang  salah satu ide usaha yang jarang rugi.

3. Bisnis Souvenir Pernikahan

Masih berbicara tentang ide bisnis suputar acara pernikahan, selain 2 ide sebelumnya. Ada satu lagi yang mungkin sudah tidak asing kalian lihat, yaitu souvenir.

Saat ini sudah seringkali ditemui adanya souvenir kenang-kenangan bagi tamu undangan. Jika berbicara harganya, setiap 1 pcs mungkin sangat murah sekali. Bahkan harganya Cuma 2rb sampai 10 ribuan saja.

Namun bisnis model ini tidak melihat harga jualnya, tetapi kuantiti atau jumlahnya. Bayangkan sekali order bisa 100 atau lebih tergantung dari banyaknya tamu undangan.

Apabali jika kalian mampu membuat desain souvenir yang unik. Maka bisnis yang dijalankan ini akan kebanjiran orderan.

4. Usaha Sewa Kebutuhan Acara dan Pesta

Apabila mempunyai dana yang mencukupi, kalian dapat merangkum semua kebutuhan pesta dan acara seperti pernikahan  menjadi 1 usaha. Dimana kalian menyewakan tenta, kursi, panggung, dekorasi, sound sistem dan semua keperluan yang diperlukan.

Model bisnis seperti ini merupakah usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Selain itu juga sangat menguntungkan dan minim persaingan karena pelaku bisnis ini masih hitungan jari.

5. Jasa Import Barang

Pernahkan kalian berfikir bahwa barang dari podusen luar negeri seperti china memiliki harga yang sangat murah dan jika dijual di Indonesia akan mendapatkan untung besar. Tetapi banyak orang bingung bagaimana cara mengimport barang tersebut ke Indonesia, terutama jika jumlahnya banyak alias borongan.

Nah adanya Jasa Import Barang dari luar negeri ke Indonesia akan menjebataninya. Jadi bisnis model ini akan menjadi perantara bagi pengusaha / importer barang. Pemiliki Jasa Import barang ini akan mengambil keuntungan beberapa persen dari jumlah pembelian.

Contohnya ada client yang akan melakukan transaksi import dengan total harga porduknya Rp 20.000.000 dan biaya penanganannya 10%. Jadi ibaratkan kalian yang mempunyai bisnis tersebut maka sekali transaksi akan mendapatkan keuntungan sebesar  Rp 2.000.000,-

6. Bisnis Sewa Alat Fotografi

Bisnis yang jarang rugi dan minim pesaing selanjutnya adalah penyewaan alat fotografi. Trend sosial media sangat berpengaruh dalam perkembangan bisnis ini. Dimana semakin banyak orang menginikan hasil foto yang bagus untuk diunggah di Instagram. Salah satu penunjang untuk mendapatkan hasil foto yang bagus adalah Kamera.

Bagi yang belum mempunyai sendiri pasti akan menyewa dengan tarif tertentu. Selain itu biasanya ada alat lain yang disewakan seperti lensa dan penerangan. Jika kalian pecinta dunia fotografi, tidak ada salahnya terjun ke bisnis penyewaan alat fotografi karena tidak akan pernah surut peminat.

7. Usaha Langka Sewa Kustum dan Pakaian

Contoh usaha yang langka dan jarang ditemui berikutnya yaitu penyewaan kostum dan pakaian. Di Indoensia seringkali diadakan acara-acara tertetu yang mewajibkan mengenakan pakai atau kostum tertentu.

Misalnya ketika Hari Kartini, maka siswa dan siswi akan diminta memakai pakaian adat dari suatu dearah. Kemudian ketika momentum hari kemerdekaan juga demikian.

Bagi pemilik usaha penyewaan baju adat dan kostum sudah pasti akan kebanjiran pelanggan bahkan tidak bisa melayani semua. Walaupun hanya akan dapat pesanan jika ada momen tertenu tetapi perlu diingat bahwa usaha seperti ini sangat sedikit persaingan dan jarang rugi asalkan pakaian selalu dirawat.

8. Usaha Rias Pengantin

Jika merias diri sendiri sudah biasa maka merias sepasang pengantin bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Apalagi jika sudah mempunyai jam terbang yang banyak, pasti orderan untuk merias akan datang sendiri. Bahkan didearah admin Denpono ketika akan meminta jasa rias, harus booking dulu. Apakah ada jadwal merias di tempat lain atau tidak.

Jadi buat kalian yang menyukai tata rias dan make up bisa mengasah keahlian rias pengantin. Karena job rias akan selalu ada dan itu pasti, apalagi jika riasan yang dikerjakan hasilnya sangat bagus.

9. Jasa Makeup Artis (MUA)

Menjadi makeup artis mungkin merupakan profesi yang tak bayak orang ketahui. Karena memang keberadaannya selalu dibalakang layar suatu acara. Jika kalian mempunyai skill keahlian makeup maka bisa dijadikan usaha.

Memiliki profesi sebagai makeup artis memang tidak semudah yang dibayangkan. Tetapi dengan meningkatkan skill dan jam kerja dengan hasil yang memuaskan dapat mengantarkan kalian menjadi makeup artis prosefesional. Mulailah dengan makeup untuk acara seperti wisuda atau sejenisnya.

Bayangkan usaha yang langka dan tidak bayak orang ketahui mempunyai tarif fantastis. Dari kanal SociaBuzz, jasa makeup artist bertarif mulai dari 250 ribu sampai dengan 500 ribuan.

10. Jasa MakeUp Jen*zah

Apakah kalian baru tahu ? jika urusan makeup juga diperlukan untuk yg tak bernyawa. Memang tak lazim tetapi memang begitu adanya. Ini merupakan jasa langka yang benar-benar tidak banyak orang mengetahui.

Karena merupakan jasa yang tidak biasa, maka tarif yang akan diterima bagi perias sangat menggiurkan yaitu mulai 500 ribu hinggan belasan juta rupiah.

11. Bisnis Karangan dan Buket Bunga

Setiap ada acara peresmian suatu usaha, bisnis, gedung atau apapun itu yang perlu diapresiasi pasti tak lepas dari papan karangan bunga yang bejejer rapi. Tahu kah kamu jika bisnis karangan bunga seperti ini sangat menguntungkan.

Bayankan jika sekali orderan papan karangan bunga berkisar di harga Rp 500 ribuan. Sedangkan untuk buket bunga untuk acara wisuda biasanya dihargai Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribuan. Tertarik untuk mencobanya?

12. Bisnis Pohon Bonsai

Bonsai adalah seni mengerdilkan tanaman pada pot dan setiap tanaman bonsai yang memiliki bentuk unik akan mempunyai nilai jual tinggi. Selain itu semakin tua umur bonsai juga menjadi tolak ukur harga jual.

Karena tingginya nilai jual dan cara budidaya yang tidak mudah. Maka para kolentor dan pengusaha bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Tanaman bonsai ada yang murah dengan kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bisnis budidaya bonsai masih jarang ditemui tetapi tingginya minat orang untuk memiliki tanaman ini. Maka bisa menjadi ide dan ispirasi usaha dan sekaligus menjadi hobi baru.

13. Jualan Barang Antik

Sama seperti bonsai, walaupun tidak biasa dan merupakan salah satu usaha yang langka. Namun barang antik mempunyai pasarnya sendiri. Berbisnis barang antik sangat cocok dikerjakan sembari menjadi kolektor. Semakin banyak koleksi barang antik yang kalian punya maka akan semakin menarik perhatikan kolektor lainnya.

Biasanya, kolektor yang sedang memburu barang antik akan berani membayar dengan harga tinggi. Jumlah berapapun pasti akan dibayar jika memang barang itu yang sedang dicari. Tertarik juga dengan bisnis tidak biasa ini?

14. Jasa Penulisan Artikel SEO

Di era serba digital seperti sekarang ini sudah banyak pelaku bisnis beralih ke digital marketing. Salah satunya yaitu mendatangkan pengunjung dengan artikel SEO (search engine optimization). Jadi suatu bisnis, usaha atau produk yang dipasarkan dalam suatu artikel dan sudah dioptimasi untuk mesin pencari google.

Karena tak banyak pelaku usaha menguasai SEO, maka ini bisa menjadi lahan bisnis menguntungkan. Bayangkan saja 1 artikel 500an kata mempunyai 20 ribuan (bisa lebih mahal).

Jika kalian suka menulis maka tak butuh waktu lama untuk menyelesaikan 1 artikel. Jika sehari bisa membuat 10 artikel maka sudah 200ribu bahkan bisa lebih pendapatan yang akan diperoleh.

15. Usaha Jasa Desain Grafis

Skill atau keahlian desain grafis sangat dibutuhkan pada era serba digital seperti sekarang ini. Dikarenakan banyak yang beralih ke pemasaran digital. Maka membutuhkan jasa desain grafis untuk menunjangnya.

Selain itu keahlian ini sebernanya mempunyai jenis-jenisnya sendiri. Misalnya ada yang spesialis desain vecktor, poster dan lainnya. Semakin banyak skill yang dikuasai, maka semakin banyak pula job yang akan diterima.

16. Jasa Penitipan Anak dan Playgroup

Di kota-kota besar, banyak keluarga yang masih berkarir walaupun sudah mempunyai anak.  Atau dikarenakan sedang ada acara atau sibuk, sehingga kewalahan jika harus mengurus anak seharian.

Untuk membatu mengatasi persoalan ini, maka hadirlah jasa penitipan anak (daycare) dan kelompok bermain (playgroup).

Dikarenakan daycare dan playgoup selalu dibutuhkan setiap saat terutama di kota-kota besar yang sibuk. Maka ide usaha yang langka tapi menguntungkan ini patut dipertimbangkan.

17. Jasa Penitipan Hewat Peliharaan

Bisnis atau usaha yang langka dan jarang berikutnya yaitu jasa penitipan hewan peliharaan. Bagi yang mempunyai hewan peliharan seperti anjing dan kucing pasti sepakat jika mereka sudah seperti anggota keluarga.

Misalnya harus keluar kota dan membawa hewan peliharan tidak memungkinkan, lalu jika ditinggal sendirian di rumah juga kasihan. Maka sulusinya adalah dititipkan ke jasa penitipan agar bisa dirawat.

Biaya untuk penitipan kucing dan anjing per hari mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribuan. Jadi bisa dibayangkan jika kalian menjalankan bisnis ini maka berapa besar keuntungan yang akan kalian dapatkan.

Lihat Juga :

Demikian 17 ide usaha yang langka tapi menguntungkan. Berdasarkan semua ide di atas dapat disimpulkan bahwa usaha yang jarang kita lihat dan temui ternyata memiliki keuntungan yang menjanjikan bagi pelaku usaha tersebut. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi kita semua, sampai jumpa kembali.

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "17 Ide Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Minim Pesaing"