Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pengalaman Menjalankan Ide Bisnis Unik, Solutif dan Tidak Biasa

Pengalaman Menjalankan Ide Bisnis Unik, Solutif dan Tidak Biasa

Menyambung artikel serial tentang pengalaman. Pada kesempatan kali ini admin Denpono akan berbagi tentang pengalaman pribadi menjalankan usaha atau ide bisnis unik, kreatif, solutif dan tidak biasa. Harapannya tulisan ini bisa menjadi tambahan wawasan pengetahuan kepada pembaca serta inspirasi untuk memulai bisnis unik dan kreatif lainnya.

Seperti kita ketahui teknologi sekarang ini sudah berkembang sangat pesat. Fasilitas yang tersedia juga sudah bisa didapatkan dengan mudah. Nah untuk itu di sini saya akan membagikan contoh ide usaha yang masih jarang (langka) tapi menguntukan. Tentungan dengan memanfaatkan teknologi yaitu Internet (berbisnis online).

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi untuk pembaca semua, baik itu kaum muda mudi, pelajar, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga sekalipun.

Awal Mula Tercetus Ide Bisnis

Disklaimer bahwa saya buka ahli dalam dunia bisnis atau sejenisnya karena memang basic pendidikan saya bukanlah itu. Namun di sini murni berbagi berdasarkan pengalaman, pengamatan dan pengetahuan yang saya (admin denpono) ketahui.

Jadi jika berbicara tentang memulai bisnis atau usaha harus dilandasi dengan suatu ide bukan? Nah biasanya munculnya ide dan gagasan tersebut terinspirasi oleh sesuatu, misalnya :

  • Adanya market atau pasar
  • Permintaan suatu produk / jasa yang tinggi
  • Solusi untuk mengatasi permasalah
  • Dan lain lain sebagainya

Berawal dari permasalahan pribadi yang Admin Denpono alami kemudian menemukan cara menyelesaikannya.

“Pada waktu itu saya mempunyai akun ewallet (sebut saja ShopeePay) yang di dalamnya terdapat saldo. Karena belum melakukan upgrade ke premium dengan cara verifikasi identitas, maka saldo tidak dapat di tarik ditaransfer ke pengguna lainnya dan rekening bank”

Lalu setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata bukan saya sendiri yang mengalaminya. Maka dari itu bisa dijadikan peluang usaha atau bisnis jasa.

Lihat Juga :

Menjalankan Ide Bisnis Unik, Solutif dan Tidak Biasa

Setelah mengatahui bahwa pengalaman di atas bisa dijadikan ide bisnis maka saya mulai menjalankan usaha unik tersebut.

1. Menentukan Nama Bisnis

Saya memulai ide bisnis unik dan tidak biasa tersebut dengan nama “Jasa Penarikan Saldo Denpono”. Dari bisnis tersebut, saya melayani beberapa jasa antara lain :

  • Jasa penarikan Saldo ewallet ke Rekening Bank
  • Jasa tukar saldo (convert) dari ewallet ke ewallet lain
  • Transfer Saldo ke rekening
  • Pencairakn Koin Shopee

2. Sistem Kerja dan Promosi

Usaha unik, solutif dan tidak biasa ini dikerjalan secara online. Artinya saya menerima orderan jasa dari pengguna internet atau lebih tepatnya pengunjung situs Denpono.com ini.

Orderan yang masuk akan dilayani melalui chat whatsapp dengan diskusi terlebih dulu terkait jumlah transaksi dan biayanya.

Namun perlu diketahui, pengunjung yang datang tidak serta merta langsung melakukan transaksi. Saya pancing dengan artikel-artikel dengan topic tertentu sekaligus menjadi sarana promosi gratis. Kemudian pada bagian bawah saya sertakan tombol chat Wa seperti gambar di bawah ini.

tombol chat whatsapp di denpono

3. Keuntungan

Dikarenakan model bisnis yang dijalankan adalah Jasa, maka keutungan diambil dari fee (biaya) setiap melakukan transaksi. Jika kalian penasaran dengan bisnis unik yang admin Denpono jalankan ini dan berapa biayanya, silahkan tekan menu “JASA” di atas.

Tips Menjalankan Ide Bisnis Unik dan Tidak Biasa

Ketika kalian memutuskan menjalankan usaha unik atau bisa dibilang tidak biasa. Pastikan mengetahui bahwa usaha yang dijalankan mempunyai target pasar atau pengguna. Beberapa tips dari Denpono antara lain :

  • Mencari ide bisnis unik yang jarang diketahui orang
  • Tentukan ingin menjalankan usaha secara online atau offline
  • Lakukan promosi agar sampai ke target bisnis kalian
  • Prioritaskan pelayanan, terutama jika berbisnis jasa
  • Berikan ulasan atau testimoni supaya orang mau bertransaksi

Intinya, silahkan temukan peluang dari diri sendiri atau lingkungan sekitar kalian. Analisa, apakah jika dijadikan bisnis atau usaha bisa mendapatkan keuntungan atau tidak. Kemudian jika sudah menemukan ide bisnis unik dan kreatif contohnya seperti di atas. Langsung mulai saja dan lakukan dari orang terdekat terlebih dulu.

Baca Juga :

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang pengalaman menjalankan usaha atau ide bisnis unik, solutif dan tidak biasa (anti mainstream). Semoga pengalaman yang ditulis di atas serta tips-tipsnya bisa memberikan tambahan wawasan dan inspirasi untuk kalian memulai bisnis unik lainnya. Seperti biasa jika ada pertanyaan mengenai topic pembahasan kali ini boleh tinggalkan komentar di bawah.

Afif Efendi
Afif Efendi Blogger kampung yang mungkin juga kampungan. Penikmat kopi, kesunyian dan kenangan. Udah itu aja sih, bingung mau nulis apa lagi.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Menjalankan Ide Bisnis Unik, Solutif dan Tidak Biasa"