Widget HTML Atas

Cara Memulai Bisnis Rekber | Jasa Pengamanan Transaksi



Cara Memulai Bisnis Rekber Jasa Pengamanan Transaksi
Cara Memulai Bisnis Rekber (rekber) - Suatu bisnis yang dijalankan baik itu secara online maupun offline hendaknya mengedepankan keamanan. Terlebih bisnis online yang mana antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Sehingga dibutuhkan suatu pengamanan tambahan agar resiko terjadi tindak penipuan bisa dihindari.

Ketika seseorang ingin transaksi di dunia maya (online) misalnya facebook sebaiknya menggunakan jasa pengamanan transaksi. Jasa tersebut biasa dikenal dengan istilah Rekber atau rekening bersama. Prinsip kerjanya yaitu sebagai pihak ketiga yang menjadi jembatan antara penjual dan pembeli.

Jasa rekber bertugas menampung dana dari pembeli di rekening bersama dan baru diteruskan ke penjual setelah barang diterima. Prinsipnya sama seperti ecommers Tokopedia, Shopee, Bukalapak dll.

Karena alasan keamanan dan tingginya tingkat daya beli masyarakat pada transaksi online. Maka masih sangat terbuka lebar peluang untuk memulai dan membangun bisnis rekber sebagai pengamanan transaksi.

Ingin tahu lebih jauh tentang Bisnis Rekening Bersama (Rekber)? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Rekber

Secara singkat Rekber atau Rekening bersama adalah pihak ketiga yang bertugas menampung dan mengamankan dana transaksi dari pembeli sebelum diteruskan ke penjual. Umumnya rekber dipakai ketika transaksi jual beli produk virtual. Selengkapnya silahkan baca artikel : Arti Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober yang Wajib Diketahui.

Memulai Bisnis Rekber

Disini saya akan berbagi tips cara memulai bisnis rekber berdasarkan pengalaman dan riset dari para rekber terkenal seperti Mbah Tri alias Tri Haryanto owner P-store.net.

Dari hasil riset dan pengalaman tersebut, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain :

1. Rekening Pembayaran

Rekening sangat penting dalam bisnis ini, setidaknya kalian harus memiliki rekening bank yang umum digunakan. Seperti BRI, BNI, BCA dan Mandiri.

Selain itu karena sekarang sedang era-nya dompet digital, maka siapkan pula e-wallet seperti Dana, Ovo, Gopay, LinkAja dan PayPal jika perlu. Nah kalau menggunakan e-wallet namanya jadi Danaber, Ovober dan lain sebagainya mengikuti apa yang dipakai.

2. Buat Halaman Khusus Rekber

Buat satu halaman khusus bisa dengan Facebook atau web blog yang berisi alur kerja, syarat ketentuan dan fee. Jadi ketika ada seseorang yang ingin rekber dan meminta syarat detailnya kalian bisa memberikan halaman khusus tersebut agar dibaca terlebih dahulu.
  • Alur Kerja - Kalian perlu membuat alur kerja rekber, seperti langkah-langkahnya. Usahakan dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami.
  • Syarat dan Ketentuan - Informasikan kepada konsumen syarat dan ketentuan apa yang harus dipenuhi. Misalnya melampirkan foto depan buku tabungan dan KTP. Hal ini penting demi keamanan jika terjadi kecurangan atau kesepakatan yang tidak sesuai janji.
  • Fee - Informasikan juga berapa biaya yang harus dibayarkan. Misalnya transaksi dibawah 200 ribu fee seiklhasnya dan diatas 200 ribu fee berapa. Silahkan sesuaikan dan untuk referensi bisa melihat fee dari jasa rekber lain.

Kendala Bisnis Rekber

Setiap usaha pasti mengalami suatu kendala terutama ketika baru awal memulai bisnis. Namun semua itu harus dihadapi bagaimana pun juga. Nah berikut ini beberapa kendala yang biasa terjadi pada bisnis rekber :
  • Tingkat Kepercayaan - Pada awal bisnis poin ini sangatlah penting. Salah satu untuk meningkatkan kepercayaan yaitu dengan aktif di forum-forum diskusi. Semakin banyak orang melihat maka semakin besar pula peluang kalian dikenal. Tetapi kalian perlu ingat juga, perilaku dan reputasi dalam forum juga perlu dijaga.
  • Kecepatan - Biasanya konsumen lebih suka dengan jasa yang memiliki respon cepat. Apabila jasa yang kalian bangun sudah mulai ramai, tidak ada salahnya mempekerjakan seseorang untuk membatu dalam pelayanan konsumen.
  • Missing Transaction - Tindak penipuan tidak hanya mengincar konsumen, melainkan juga pelaku usaha. Biasanya mereka akan mengirim bukti transfer palsu dan ketika dicek uang belum masuk. Jika mengalami masalah seperti ini dan ragu apakah penipuan atau tidak segera hubungi pihak bank. Tanyakan kepada customer service bank perihal transaksi yang bermasalah tersebut, apakah fiktif atau sedang gangguan (trouble).
  • Penipuan - Ketika transaksi sudah selesai dan jasa rekber sudah meneruskan pembayaran ke penjual. Terkadang ada penjual yang nakal dan mengambil kembali produk yang dijualnya (biasanya akun). Nah inilah pentingnya layanan dan ketentuan yang udah dibuat tadi, apabila data-data pribadi sudah kalian pegang mulailah ajak penjual nakal tersebut dengan etikad baik namun apabila tidak mau bisa melalui jalur hukum (seperti yang dilakukan Mbah Tri P-store).

Baca Juga :

Kesimpulan

Jadi itulah Cara Mulai Membangun Bisnis Jasa Rekber atau rekening bersama untuk pengamanan transaksi. Berdasarkan tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa :
  • Jasa Rekber masih prospek.
  • Caranya mudah.
  • Perlu konsisten agar memiliki tingkat kepercayaan tinggi.
Semoga tulisan ini bermanfaat, apabila ada informasi yang kurang bisa komentar di bawah agar bisa segera saya perbaiki. Sampai jumpa.

Post a comment for "Cara Memulai Bisnis Rekber | Jasa Pengamanan Transaksi"