Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Inilah Arti Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober yang Wajib Diketahui

Inilah Arti Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober yang Wajib Diketahui
Arti Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober - Tulisan ini saya akan membahas istilah yang sering muncul ketika transaksi online khususnya produk virtual. Hal ini penting diketahui agar pemula tidak mudah termakan tipu daya penipu (ripper) yang selalu mengintai. Oleh karena itu simak tulisan ini hingga akhir.

Pada era internet semakin mudah diakses seperti sekarang membuat segalanya menjadi berubah. Dahulu ketika seseorang ingin membeli suatu barang maka harus datang langsung menemui penjual dan melakukan transaksi jual beli.

Namun berbeda dengan sekarang, kita bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli tanpa harus bertemu atau bertatap muka secara langsung. Hal semacam ini disebut transaksi online, selain produk fisik jenis produk virtual juga mulai dijual belikan seperti akun dan voucher.

Berbicara keamanan transaksi jual beli, tentu transaksi yang dilakukan secara langsung (offline) akan cenderung lebih aman karena pembeli maupun penjual dapat bertemu secara langsung sehingga minim terjadi penipuan.

Berbeda dengan transaksi online dimana pembeli tidak bisa melihat berang yang akan dibeli karena harus menunggu barang diterima terlebih dahulu. Ketika proses transaksi online biasanya pembeli akan membayar terlebih dahulu sebelum menerima barang yang dipesan dan ini sangat riskan terjadi tindak penipuan.

Sehingga dewasa ini sudah dikembangkan sistem pengaman transaksi online oleh pihak ketika yang disebut dengan nama Rekber dan beberapa nama lain seperti Danaber, Pulber, Ovober tergantung jenis pembayaran yang digunakan.

Ingin tahu arti dari istilah-istilah tersebut dan bagaimana mekanismenya? Selengkapnya ada di bawah ini.

Pengertian Rekber

Apa itu rekber? Bagi orang awan pasti asing mendengar istilah ini. Sebenarnya Rekber adalah singkatan dari kata Rekening Bersama yang dipegang oleh perantara atau penyedia jasa. Artinya kita menggunakan uang sebagai alat pembayaran. Pembeli akan mengirimkan sejumlah uang (harga barang+fee jasa) ke rekening bersama tersebut, lalu baru akan diteruskan ke penjual setelah barang/ pesanan diterima dengan baik.

Nah arti rekber kurang lebih seperti itu, lalu apa arti dari Pulber, Danaber, Ovober dll?

Pengertian Pulber , DANAber, OVOber, dll

Sebenarnya arti dari Pulber, Danaber dan Ovober tidak jauh beda dengan Rekening bersama. Hanya saja media penampung bukan lagi rekening melainkan Pulsa sehingga disingkat Pulber (pulsa bersama). Hal tersebut juga sama untuk Dana, Ovo dan ewallet lain.

Sedangkan untuk mekanismenya juga sama, pembeli mengirim pulsa ke jasa pulber dan baru akan diteruskan ke penjual setelah pembeli menerima pesanan.

Cara Kera Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober

Cara Kera Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober
Bagaimana mekanisme atau alur kerjanya? Dalam transaksi jual beli pada umumnya antara penjual dan pembeli akan transaksi secara langsung. Berbeda dengan Rekber, pembeli membayar ke rekening penampung dan penjual baru akan menerima pembayaran tersebut setelah mengirimkan pesanan

Model transaksi ini juga diterapkan di ecommers seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan ecommers lain. Semisal kita akan belanja sepatu di "Toko Makmur" di shopee dan ketika pembayaran bukan dikirim ke rekening Toko Makmur, melainkan ke Rekening Shopee. Sehingga dalam hal ini Shopee sebagai penyedia jasa rekber.

Kapan Penjual akan menerima pembayaran? Uang yang kalian bayarkan tadi baru akan diterima penjual setelah barang pesanan sampai ke tempat pembeli. Apabila penjual tidak mengirimkan pesanan maka uang akan dikembalikan ke pembeli, jika shopee akan masuk ke Shopeepay.

Selain di online market place seperti di atas. Transaksi Rekber, Pulber, Danaber dan lainnya bisa dilakukan pada platform apapun yang penting ada pihak ketiga sebagai perantara atau penyedia jasa.

Contoh lain : Saya akan membeli akun Google Adsense ke penjual A di Facebook, karena ini transaksi pertama saya dengan penjual tersebut maka saya putuskan menyewa jasa rekber biar aman. Jadi saya akan membuat grup chat berisi (saya, perantara rekber dan penjual), setelah itu mengirimkan pembayaran ke rekber dan akan diteruskan kepada penjual setelah pesanan sudah diterima.

Rekomendasi Jasa Rekber Terpecaya di Facebook

***
Hati-hati terhadap akun palsu atau kloning. Pastikan link profil sesuai rekomendasi di atas dan untuk fee menyesuaikan tiap penyedia jasa. Ikuti tips transaksi online agar tidak mudah tertipu.
Baca Juga :

Akhir Kata

 Jadi seperti itulah arti kata Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober. Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan bagi pembaca semua dan lebih berhati-hati ketika transaksi online. Selalu pakai jasa rekber saat transaksi agar terhindar dari modus-modus penipuan.
Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "Inilah Arti Rekber, Pulber, Danaber dan Ovober yang Wajib Diketahui"