Apa Itu Google Adsense ?


Denpono.com, Google Adsense adalah program kemitraan atau kerja sama perilklanan yang diselenggarakan oleh Google kepada publisher di Internet. Pemilik web atau blog yang bekerja sama dengan Google Adsense akan mendapat penghasilan dari program ini dengan mekanisme biaya perklik atau penayangan iklan sesuai kebijakan dari Google.

Sejarah Singkat
Program Google Adsense didirikan setelah Google mengakusisi Pyra Labs pada Februari 2003 dan tepat sebulan setelahnya tepatnya tanggal 4 Maret 2003 google yang pada saat itu CEO Erick Schmidt mengumumkan layanan periklanan tertarget yang disebut Adsense.

Setelah Adsense didirikan Google  mulai mangakusisi teknologi pendukung lainnya seperti Applied Semantics. Pada awal berdiri Adsense hanya mendukung bahasa Inggris dan bahasa - bahasa di Eropa. Bahkan pada waktu itu wilayah Asia Tenggara hanya mendukung bahasa Thailand saja. Kemudian baru pada tahun 2012 Google menyatakan Layanan Adsense miliknya sudah mendukung bahasa Indonesia. Kini Adsense sudah mendukung 36 negara di dunia.

Pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan bahwa permohonan Adsense bagi publisher baru mendaftar melalui Blogger, Youtube dan hubpage akan menjadi Akun Adsense Hosted atau tertaut. Adsense sendiri memiliki  dua jenis akun yaitu Adsense Hosted dan Adsense Non Hosted

Adsense Hosted
Maksudnya adalah jenis akun Adsense yang penempatan iklan di website atau blog yang menjadi parner resmi Google. Jika sobat ingin memakai akun jenis ini maka sobat hanya bisa mendaftar melalui Youtube atau Blogger. Karena merupakan jenis akun Hosted maka iklan hanya bisa digunakan pada parner Goolge yaitu Youtube dan Blogger.

Jenis akun Adsense Hosted ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu :

Kelebihan
- Proses pendaftaran mudah
- Tanpa mengeluarkan modal
- Menjadi situs partner Google

Kekurangan
-  Tidak bisa digunakan pada platform lain.


Adsense Non-Hosted
Merupakan jenis akun yang penempatan iklan bisa di website non partner Google tetapi bisa juga digunakan di web atau blog partner Google.Untuk mendaftar akun jenis ini terdapat banyak pilihan seperti Blogger atau Wordpress dan masih banyak lagi. Karena jenis akun Non Hosted atau jenis akun yang tidak tertaut maka iklan dapat ditampilkan di semua platform baik itu platform resmi Google sampai yang tak resmi.

Jenis akun Adsense Non-Hosted ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu

Kelebihan
- Iklan bisa dipasang di berbagai macam platform seperti Blogger, Youtube, Wordpress dan masih banyak lagi

Kekurangan
- Proses pendaftaran sulit.
- Proses review yang lama.

Itulah penjelasan dan sejarah singkat tentang Google Adsense versi Denpono. Google sendiri memiliki beberapa layanan seperti Admob, Blogger dan Youtube. Denpono akan membahas pada artikel berikutnya. Jika artikel ini dirasa bermanfaat support kami dengan membagikan ke teman - teman sobat juga. Apabila ada kritik atau saran silahkan tinggal kan jejak di kolom komentar di bawah. Sekian dan Terimakasih

Baca Juga : Kiat Sukses Untuk Blogger Pemula

0 Response to "Apa Itu Google Adsense ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel