Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu


Denpono.com – Pada era yang semakin modern dan canggih seperti ini segala Sesuatu dapat dikerjakan secara Online. Bahkan dalam kegiatan jual beli barang saat ini sudah menggunakan transaksi online atau sering disebut Online Shop. Dengan adanya Online Shop antara penjual dan pembeli tidak perlu lagi bertemu secara langsung ketika akan transaksi. Penjual tinggal memposting barang jualan mereka pada Online Shop dan pembeli hanya tinggal melihat contoh barang yang telah dipajang oleh si penjual tadi. Namun dibalik kemudahan berbelanja secara online terdapat pula peluang terjadinya tindakan penipuan yang dilakukan oleh oknum penjual. Sehingga pada artikel ini akan kami bahas sedikit Tips agar tidak tertipu saat berbelanja online.

Online shop terpercaya
Salah satu tips yang mudah agar aman dalam berbelanja online adalah dengan melakukan transaksi pada Online Shop Terpercaya seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD ID, dan masih banyak lagi Online Market Place terpercaya yang ada di Indonesia. Lalu manakah yang aman untuk berbelanja online? Nah, disini Admin merekomendasikan 3 Online Market yaitu Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Alasannya adalah adanya rating took,penjual dan rekening bersama atau rekber,untuk penjelasannya pada point berikutnya.

Rating online shop
Rating dalam Online Shop sangat penting, karena dengan rating ini maka calon pembeli dapat mengetahui performa dari took yang hendak untuk belanja. Biasanya pada suatu online shope seperti di Tokopedia maupun Shopee terdapat rating penilaian took seperti Kecepatan, Waktu Chat dibalalas, masa pengemasan dan prosentasi reputasi online shop. Jadi bagi sobat yang ingin belanja online secara aman lebih baik kunjungi dulu profil tokonya kemudian lihat ratingnya apakah bagus atau tidak. Pembeli yang cerdas tidak mudan tergiur dengan tawaran harga yang murah tetapi juga mengedepankan kemanan dan jaminan dalam transaksinya mengingat antara penjual dan pembeli tidak saling bertatap muka. Maka dari itu teliti sebelum membeli adalah kunci utama.

rating tokopedia
rating shopee




Review dari pembeli
Selanjutnya selain rating toko ada hal lain yang perlu diperhatikan pembeli yaitu review atau ulasan dari pembeli yang sudah sukses berbelanja pada Online Shop tersebut. Paramater dalam ulasan pembeli bisanya dengan simbolitas Bintang 1 samapai 5. Penjual atau barang yang dijual di Online Market Place seperti Tokopedia dan Shopee jika memiliki review / ulasan rata – rata bintang 4 atau 5 biasanya merupakan Online Shop aman terpercaya. Selain itu juga bisa dengan melihat komentar pembeli dalam ulasan suatu barang seperti “Terimakasih pengiriman cepat”, “Barang sesuai gambar rekomended seller” itu berarti aman jika bertransaksi di sana, namun sebaliknya apabila ulasan banyak yang bintang 1 sampai 2 dan komentar di ulasan jelek sebaiknya jangan belanja di toko online tersebut. Pikir pikir dulu deh sembari cari penjual lain, toh penjual gak Cuma itu saja.

review pembeli di shopee


Metode pembayaran jelas
Setelah kita bahas beberapa poin – poin penting diatas perlu untuk diketahui juga nih.Yaitu metode pembayarannya. Online shop yang baik harusnya menyediakan beberapa opsi pembayaran sehingga memudahkan calon pembelinya. Untuk saat ini metode pembayaran tidak hanya dengan menggunakan transfer bank tetapi ada opsi lain seperti bayar di Indomart, Alfamart dan lain sebagianya. Sehingga pembeli yang tidak memiliki atm atau tabungan tetap bisa membayar dengan metode ini. Malahan metode pembayaran di Indomart atau Alfamart bisa dikatakan lebih efisien dan cepat karena pembeli tidak perlu konfirmasi lagi karena sudah otomatis.

Pakai rekening bersama
Rekening bersama atau biasa disebut rekber adalah system pengamanan dana pembeli terhadap penjual yang melibatkan pihak ketiga sebagai penampung dana. Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut :

Ada pembeli A berbelanja online melalui tokopedia pada Toko milik penjual B. Terjadilah transaksi, pembeli membayaran senilai barang ke bank rekber “tokopedia”kemudian tokopedia memberi informasi untuk mengirim pesanan Pembeli A. Apabila barang sudah diterima oleh si pembeli A dan sudah melakukan konfirmasi terima barang maka pada saat itulah dana dari rekber baru dilepaskan ke pihak Penjual A. Namun apabila si penjual tidak bisa mengirim barang sesuai waktu yang telah ditentukan maka dana akan dilepas kembali ke si pembeli.


Dengan demikian maka pembeli akan lebih aman dan resiko penipuan bisa diminimalisir. Dana pembeli aman dan penjual tidak mendapatkan dana kita, kurang lebih seperti itu.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa agar belanja online tetap aman maka perlu memperhatikan rating toko, review atau ulasan barang, metode pembayaran dan ada tidaknya layanan rekening bersama alias rekber. Nah, itulah artikel singkat tentang tips belanja online agar lebih aman dan terhindar dari modus penipuan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

BACA JUGA : Modus Penipuan Tokopedia dan Bukalapak

0 Response to "Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel