Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

15 Tips Memulai Usaha Konter Pulsa Kecil-Kecilan di Desa

15 Tips Memulai Usaha Konter Pulsa

Tips Memulai Usaha Konter Pulsa - Kalian tinggal di Desa dan sedang mencari ide usaha? Kenapa tidak mencoba usaha konter pulsa dan paket internet saja. Nah pada tulisan ini saya akan berbagi tips dan pengalaman membuka usaha di Desa secara kecil-kecilan, modal relatif kecil namun hasilnya sangat lumayan.

Hidup di desa mungkin bagi sebagian orang tidak prospek untuk mengembangkan bisnis atau usaha dibanding di kota. Alasannya sederhana, yaitu daya beli di desa masih sangat kecil dan gaya hidup yang masih sangat sederhana.

Namun bagi sebagian orang lainnya tidak demikian, apalagi bagi yang bisa melihat peluang. Salah satu peluang usaha yang ada di Desa adalah Usaha Konter Pulsa dan paket internet.

Pada era serba online dan digital seperti saat ini siapa yang tidak membutuhkan pulsa, terutama paket internet. Terlebih sekarang hampir semua orang pasti memiliki hp baik itu yang jadul maupun smartphone modern.

Pulsa dan Paket Internet sekarang ini sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama mereka yang punya hp. Hal ini sudah sama seperti kebutuhan prime layaknya Listrik yang ada di tiap-tiap rumah. Pulsa dan Internet akan selalu laku dan dicari oleh penggunanya.

Oleh karena itulah, berikut adalah Tips dan Cara untuk memulai usaha konter pulsa di Desa versi Denpono Blog :

Mempersiapkan Lokasi Tempat Usaha Konter Pulsa

Ketika berencana akan membuka suatu usaha salah satu hal yang perlu dipersiapkan ialah lokasi tempat usaha. Jika kita akan membuka usaha Konter Pulsa di Desa yang skala rumahan atau kecil-kecilan, maka teras depan rumah adalah lokasi yang tepat.

Terlebih apabila depan rumah adalah jalan desa atau jalan utama, maka itu sudah sangat cukup untuk dijadikan tempat untuk membuka usaha. Perlu diketahui juga, jika modal terbatas jangan muluk-muluk harus memiliki kios, manfaatkan teras depan rumah. Nanti setelah sudah cukup modal baru membuat kios kecil-kecilan.

Menyiapkan Peralatan Penunjang Berjualan Pulsa

Peralatan untuk membuka konter pulsa terutama jika ingin jualan di teras sangatlah sederhana. Kalian cukup mempersiapkan beberapa peralatan penunjang seperti :

  • Etaslase kaca, estimasi harga untuk ukuran 1 meter sekitar 1 jutaan.
  • Dudukan Kartu Perdana/Voucher, estimasi harga paling 10 ribuan.
  • Bangku, estimasi harga kurang lebih 50 ribuan.

Ketiga peralatan di atas saya rasa sudah cukup untuk menunjang usaha. Sedangkan untuk mengisi pulsa bisa pakai hp pribadi agar lebih hemat biaya.

Memilih Tempat Strategis

Apabila rumah kalian berada di dalam gang, maka perlu dipikirkan lokasi lain untuk membuka bisnis konter pulsa.

Misalnya di pinggir jalan atau tempat strategis lain, seperti perempatan atau depan sekolahan. Sebab tempat kalian membuka konter akan menentukan daya beli konsumen. Apabila lokasi konter kalian ada di pinggir jalan maka konsumen akan lebih mudah jika dibanding jika ada di dalam gang.

Berjualan Pulsa Terlebih Dahulu

Seperti judul tulisan ini yaitu memulai dengan usaha kecil-kecilan. Misalnya jualan pulsa terlebih dahulu, karena untuk jualan pulsa adalah yang paling mudah. Kalian cukup memakai atau daftar menjadi agen pulsa all operator dari distributor.

Selain itu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Dana, Gopay, Ovo atau ewallet lainnya untuk berjulan pulsa.

Lihat Juga : Cara Convert Pulsa ke Gopay , Dana, Ovo dan LinkAja!

Memilih Distributor Pulsa Terpecaya

Ketika kita akan mulai berjualan pulsa yang harus dipersiapkan adalah distributor penyedia pulsa. Umumnya pedagang pulsa akan memakai chip tertentu misalnya Digipos dulunya mkios yang dipakai untuk mengisi pulsa Telkomsel.

Nah untuk sekarang ini sudah ada banyak pilihan misalnya distributor pulsa all operator. Tetapi kalian harus jeli memilih distributor pulsa, pilihlah yang memiliki reputasi baik dan respon yang cepat ketika ada komplain.

Bisa Isi Token Listrik Prabayar dan Pascabayar

Kebutuhan listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk saat ini. Oleh karena itu pastikan usaha konter pulsa yang kalian mulai rintis ini bisa memenuhi kebutuhan pembayaran listik, baik itu Pulsa atau Token dan listrik pascabayar.

Kalian bisa memanfaatkan distibutor pulsa all operator atau menggunakan aplikasi dompet digital agar lebih mudah.

Jualan Perdana dan Voucher Internet

15 Tips Memulai Usaha Konter Pulsa Kecil-Kecilan di Desa

Lihatlah peluang, di zaman seperti sekarang siapa yang tidak menggunakan smartphone dan internet seperti sudah menjadi kebutuhan pokok. Bahkan saya berani bilang bahwa perdana atau voucher internet lebih laku dibanding pulsa. Mengapa? Sekarang orang-orang mengirim pesan teks dan telpon sudah tidak lagi pakai sms melainkan menggunakan aplikasi Whatsapp.

Tugas kalian yaitu memanfaatkan peluang ini. Perhatikan di Desa kalian tersedia jaringan provider apa, misalnya jika hanya tersedia jaringan sinyal Telkomsel dan Smartfren maka kalian jual paketan atau kuota internet dari 2 provider tersebut.

Dari mana kalian bisa jualan perdana paketan atau voucher kuota internet? Gampang, kalau voucher bisa di belanja online di shopee atau marketplace lain.

Nah untuk perdana paketan, saya sarankan jangan beli secara online karena kalian akan rugi. Lebih baik carilah sales perdana atau tanyakan ke konter yang lebih besar di kota.

Lihat Juga : Inilah Daftar Harga Paket Internet Byu Telkomsel

Menentukan Harga Jual yang Sesuai

Ketika akan memulai bisnis atau usaha konter pulsa terutama di desa, sebaiknya memasang harga yang kompetitif. Jangan memasang harga yang di bawah pasaran dan terlalu tinggi. Ikutilah harga pasaran di daerah kalian masing-masing.

Jangan sampai konter kalian dicap sebagai perusak harga karena membuat harga jual yang lebih murah di bawah pasaran. Konter kalian akan laku, cuma kalau seperti itu lama-lama akan pusing karena laba tidak sebanding. Maka dari itu pasang harga jual yang normal.

Promo boleh tetapi jangan terus-terusan, kalian akan merugi dan usaha konter tidak akan berjalan lama. Ingat kalian jualan di Desa dan sulit memungkinkan untuk melakukan subsidi silang harga.

Lakukan Persaingan Usaha yang Sehat

Seperti yang sudah sedikit saya sebut sebelumnya, jangan merusak harga pasar. Terlebih jika dilakukan atas dasar persaingan. Jika di Desa kalian sebelumnya sudah ada loket pembayaran pulsa maka yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi. Apa yang tidak ada di konter pesaing kalian dan apa kekurangannya.

Nah tugas kalian cukup menyempurnakan tersebut, bukan malah persaingan harga. Persaingan usaha dengan cara merusak harga pasaran sangat merugikan pelaku usaha. Cara seperti itu lebih menguntungkan konsumen saja.

Hindari Pelanggan Berhutang

Inilah faktor yang sering menjadi asalan kenapa banyak konter pembayaran pulsa dan internet di Desa bangkrut. Hutang adalah masalah yang serius, bahkan saya sendiri sebagai penulis seperti dendam dengan namanya hutang.

Usahakan dan pastikan usaha yang kalian bangun ini tidak menerapkan hutang. Laba kalian itu sedikit, jika uang yang harusnya bisa untuk kulakan dan deposit saldo tidak ada karena di hutang, otomatis konter pulsa tidak bisa berjalan.

Lengkapi Konter Pulsa dengan Aksesoris Hp

Lengkapi etalase kalian dengan kebutuhan-kebutuhan hp seperti aksesoris lainnya. Beberapa barang yang sering laku misalnya seperti Charger, headset, kabel data, momori card dan beberapa baterai hp.

Cicil sedikit demi sedikit hingga semua kebutuhan aksesoris hp komplit. Sebab pelanggan yang melihat konter yang memiliki aksesoris yang komplit cenderung juga ingin membeli.

Cara Promosi Usaha Konter Pulsa

Cara promosi ketika sedang merintis usaha sebenarnya sangat sederhana. Kalian bisa memanfaatkan Facebook dan Whatsapp untuk promosi usaha.

Selain itu bisa dengan membuat banner atau spanduk, paling tidak orang yang melewati jalan tempat kalian membuka usaha konter bisa melihat. Nanti lama-lama akhirnya orang akan tahu di sana ada konter dan ketika mereka butuh pulsa atau kuota internet bisa ke konter tersebut.

Lihat Juga : Rahasia Tingkatkan Profit Penjualan Dengan FB Ads

Jangan Cuma Jualan Pulsa dan Paket Internet

Maksudnya, jika membuka usaha di Desa, tidak ada salahnya jika kalian menjual barang dagangan lain walaupun tidak ada hubungannya dengan pulsa. Misalnya alat tulis, rokok, minuman dingin dan sembako sekalian kalo ada modah hehe..

Pendamping usaha konter pulsa

Intinya manfaatkan semua yang ada dan jangan setengah-setengah walau usaha kecil-kecilan sekalipun.

Baca Juga : Cara Mudah Tukar Pulsa Menjadi Uang

Jangan Over Stok Barang

Jangan menyuplai atau stok barang secara berlebihan, terutama yang memiliki masa berlaku yang pendek dan harus laku dalam kurun waktu tertentu. Misalnya perdana dan voucher internet, sediakan secukupnya terlebih dahulu yang penting ada.

Jangan sampai masa berlaku perdana voucher sudah habis tapi masih belum laku terjual.

Lakukan Analisa Penjualan

Setelah usaha berjalan jangan lupa untuk menganalisis penjualan. Seperti pulsa apa yang paling laku, sehari rata-rata laku berapa dan voucher kuota internet apa yang laku semua harus dicatat.

Setelah mengetahui kinerja penjualan maka kalian akan dapat mempertimbangkan berapa stok yang harus di sediakan, sehingga tidak terjadi over stok.

Sabar, Konsisten dan Optimis

Apabila semua tips sudah kalain jalankan maka yang harus dilakukan adalah berdoa, sabar, konsisten dan optimis. Sebab usaha apapun tidak akan langsung bisa sukses dan ramai. Maka kalian harus sabar dan selalu konsisten tentunya.

Lihat Juga :

Semoga 15 Tips Memulai Usaha Konter Pulsa Kecil-Kecilan di Desa yang saya tulis di atas bisa memberikan inspirasi dan motivasi. Terutama bagian yang akan mulai merintis bisnis dan usaha seperti ini.

Terima kasih telah berkunjung di Denpono.com dan sampai jumpa di tulisan lainnya.

Post a comment for "15 Tips Memulai Usaha Konter Pulsa Kecil-Kecilan di Desa"