Langkah dan Persiapan untuk Membangun Bisnis Server Pulsa dan Pembayaran Online

Langkah dan Persiapan untuk Membangun Bisnis Server Pulsa dan Pembayaran Online

Bisnis Server Pulsa, sebagai pengguna hp atau smartphone kita mungkin sudah tak asing lagi mendengar kata "Pulsa". Merupakan sejumlah  nominal yang diperoleh dari konversi mata uang rupiah ke dalam nominal digital. Pulsa sendiri berbeda-beda tiap provider, artinya setiap provider memiliki pulsa sendiri. Seperti Pulsa Telkomsel, Indosat, XL Axis, Smartfren dan lain sebagainya.

Jika kita mengisi Pulsa pada Outlet pembayaran atau konter maka penjual akan mengisi pulsa sesuai providernya. Misalnya pulsa Telkomsel diisi dengan Chip Mkios, Pulsa Indosat diisi dengan Chip Mobo, XL dan Axis dengan Chip Dompul, dan lain sebagainya. Namun tak jarang juga saat ini Konter pulsa menggunakan Chip All Operator untuk mengisi pulsa para konsumennya.

Pulsa All Operator ini selain lebih efisien juga lebih memudahkan para pemilik konter. Namun tahukah sobat bagaimana cara membuat Server Pulsa dan Bagaimana cara kerjanya?

Pada artikel yang singkat ini Denpono.com akan sedikit berbagi informasi seputar Bisnis Server Pulsa dan Pembayaran Online Lainnya.

**

Sebelum masuk ke pembahasan inti, terlebih dahulu saya akan sedikit memberikan gambaran bagaimana Server Pulsa bekerja. Jadi server pulsa bekerja dengan menggunakan perangkat komputer dan software dimana semua chip pengisian pulsa seperti Mkios, Dompul, Mobo dan lainnya dikelola menjadi 1. Sehingga pemilik konter tidak perlu pusing memikir kan chip pengisian pulsa karena Server Pulsa sudah memilikinya semua.

Langkah dan Persiapan untuk Membangun Bisnis Server Pulsa dan Pembayaran Online


Kemudian dari pihak pemilik konter ketika mengisi pulsa skemanya adalah sebagai berikut :
Konter Pulsa > Server pulsa> Operator > Pengguna Pulsa. Paham kan? Jika belum, pelan pelan saja memahaminya.


PERALATAN YANG DIPERLUKAN

Ketika kita memutuskan untuk membangun Bisnis Server Pulsa, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu yaitu peralatan. Peralatan untuk Sever Pulsa adalah sebagai berikut :

1. Satu Set Komputer

Jika dahulu ketika akan memulai bisnis pulsa / konter pulsa peralatan yang diperlukan hanyalah unit hp saja. Berbeda dengan Server Pulsa, kita haruslah memiliki 1 set komputer yang memiliki spesifikasi yang lumayan. Dalam artian besar Ram minimum 4 GB karena nantinya akan digunakan dalam multitasking.

2. Modem Provider

Modem Provider ini nanti berfungsi sebagai sms gateway dimana akan dipasang beberapa chip pengisian pulsa seperti Mkios, Dompul dan Mobo. Selain itu juga difungsikan sebagai pengirim laporan kepada para pengguna ketika melakukan transaksi pembelian pulsa. Modem Provider ini nanti akan dihubungkan ke Komputer atau diintegrasikan menjadi Sever Pulsa dengan bantuan Software

3. Software Server Pulsa

Dalam bisnis Server Pulsa, ada beberapa pilihan software yang bisa digunakan. Software Server Pulsa yang paling banyak digunakan saat ini adalah OTOMAX dan IRS. Kedua software pulsa ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi pilihan kembali ke selera masing-masing.

Fungsi utama dari software ini adalah sebagai mesin utama, dimana semua transaksi pulsa, pengaturan saldo dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pengolahan data dilakukan. Sehingga ketika seseorang memulai bisnis Server Pulsa maka saya anjurkan untuk mempelajari cara kerja dari Software. Hal ini berguna apabila sewaktu-waktu server mengalami suatu kendala maka bisa langsung ditangani sendiri tanpa harus menghubungi teknisi.

4. Koneksi Internet

Koneksi internet sangat diperlukan, internet diperlukan karena software Server Pulsa menggunakan jabber ketika akan melakukan Host to Host (H2H) ke server lain. Biasanya H2H dilakukan untuk mencari harga terendah dari Server Pulsa lain kemudian memasarkan kembali pada Server Pulsa yang telah kita bangun. Agar bisa mendapatkan harga terendah kita bisa bergabung dengan grup atau komunitas, sehingga jangkauan relasi akan menjadi semakin luas.

Selain itu koneksi internet amat penting ketika Serve Pulsa yang kita bangun sudah support transaksi melalui Whatsapp atau Telegram.

5. UPS

UPS atau singkatan dari Uninterruptible Power Supply adalah suatu alat yang berfungsi sebagai backup daya kepada server ketika terjadi pemadaman listrik. Server Pulsa perlu menggunakan UPS karena jam operasionalnya 24 Jam maka apabila terjadi pemadaman listrik komputer tidak akan langsung mati. UPS ini akan bertahan beberapa menit sehingga kita diberi waktu untuk menyalakan Genset. Secara sederhana UPS adalah bentuk lain dari Power Bank yang biasa kita gunakan.

Baca Juga :

Jadi itulah artikel singkat mengenai "Langkah dan Persiapan untuk Membangun Bisnis Server Pulsa dan Pembayaran Online". Semoga artikel ini memberi tambahan wawasan kepada sobat pembaca, atau malahan menjadi pendorong untuk membangun bisnis pulsa ini. Kebetulan saya pribadi memiliki pengalaman menggunakan Software Otomax kurang lebih 3 tahun. Apabila ada pertanyaan seputar Server Pulsa langsung saja ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih.

0 Response to "Langkah dan Persiapan untuk Membangun Bisnis Server Pulsa dan Pembayaran Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel