Panduan Pasang Domain TLD di Blogger

Domain TLD atau singkatan dari Top Level Domain merupakan jenis domain yang sangat umum digunakan. Seperti namanya Top Level yang berarti domain ini memiliki tingkatan teratas dari beragam doamain yang ada di jagat alam maya ini.Pada saat sobat memutuskan untuk membeli sebuah domain pihak ketiga, tentu setelah membeli belum bisa untuk langsung digunakan. Sobat harus melakukan beberapa pengaturan dulu. Kalau sobat belum membaca artikel sebelumnya, bisa di baca disini ya sob : Cara Membeli Domain

Maka dari itu denpono akan share ke sobat bagaiman cara pasang domain pada blogger dengan mudah.  Simak panduan dari denpono ya sob.



Langkah 1
Sobat masuk ke dashbord blogger, kamudian pilih pilih menu Setting > Basic. Disana akan ada kotak form pilihan "Third-party domain settings" yang memiliki arti domain pihak ketiga. Domain yang sudah beli dari rumahweb itulah yang disebut domain pihak ketiga dan juga murapakan domain TLD.
Selanjutnya sobat ketikkan domainnya lalu klik enter. Setelah itu kan muncul peringatan merah. Tetapi sobat jangan panik, karna itu wajar. Sobat hanya perlu melakukan setting agar domain pihak ketiga tadi  terpsang dengan sempurna.

Sekarang coba sobat lihat gambar dibawah ini.


Sobat catat bagian yang denpono kasih tanda itu. Karena itu nanti yang akan digunkan  untuk pengaturan domain tersebut.Sekarang lanjut ya.

Langkah 2
Sobat kujungi rumhweb lalu masuk ke client area. Setelah itu klik "Lis domain saya". Disana terdapat domain sobat. Pada bagian kanan klik "Kelola Domain", lebih jelasnya lihat gambar ini saja deh. hehe

 Nah, setelah itu sobat akan dibawa ke laman berikutnya. Disinilah sobat akan melakukan pengaturan domain. Tapi tenang saja, denpono akan pandu sobat. Disini denpono memberikan panduan sama persis seperti apa yang denpono lakukan dulu. Karena materi artikel ini memang dari pengalaman pribadi. Jadi kalau ada salah dan keliru tolong denpono di ingatkan untuk bisa memperbaikinya.

Langkah 3
Baiklah. coba sobat gambar ini aja dulu, selanjutnya akan denpono bahas. oke ..


Pada gambar di atas kan bagian Overview ada banyak pilihan opsi. Sobat cukup klik "DNS Management" Setelah itu akan masuk ke laman berikutnya. Selanjutnya pada lama tersebut klik "start"

Setelah klik "start" nanti ada pilihan "update" sobat klik saja. Lanjut ke langkah selanjutnya ya. 
Lalu klik "Add new record"


Langkah 4
Pada langkah inilah yang paling penting, karena nantinya sobat harus melakukan beberapa pengaturan dan lumayan membutuhkan ketelitian. Jika sudah klik "add new record" maka akan ada tampilan seperti di bawah ini yang sangat penting untuk diisi.

 


 Perhatikan ya sob. Disana ada 4 kolom yang perlu di isi
  • Kolom 1, "www" itu isi seperti nama domain yang ditambahkan pada Langkah 1 tadi.
  • Kolom 2., Biarkan seperti itu saja. 14400
  • Kolom 3, pilih tipe "CNAME"
  • Kolom 4, ketik host name yang dihasilkan dari Langkah 1 tadi. Yaitu "ghs.google.com"
Lalu klik "add record"

Maka akan tampil lagi seperti ini :


Sekarang lanjut isi domain sesuai pada saat Langkah 1 tadi. Sebelum klik "add record" pastikan data yang di masukkan sudah benar ya sob.

Terakhir 
Kurang 1 langkah sob. Semangat.
Perhatikan gambar dibawah ya, akan denpono jelaskan apa yang harus diatur.

Keterangan :
  • Domain : Kosongkan
  • TTL : 14400
  • Type : A
  • IP or Hostname : 216.239.32.21
Setelah itu klik "add record"
Selanjutnya, sobat tinggal masukkan :
216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21

selebihnya sama seperti langkah sebelumnya.

Untuk penuntasannya sobat kembali lagi ke laman blogger pada waktu di awal tadi, lalu klik "save"
Jika sobat sudah benar semua, maka domain blog sobat sudah berubah. Kemudian jangan lupa pula untung mencentang "redirect" agar saat blog diakses tanpa www  bisa dialihkan ke domain sobat.


Nah, itu tadi panduan dari denpono. apabila sobat ada kesulitan silahkan bertanya di kolom komentar. Panduan ini juga sudah denpono praktekkan sendiri untuk blog ini. Tetapi apabila blog sobat masih error coba tunggu 1 x 24 jam dulu. Sekian dan Terimakasih

0 Response to "Panduan Pasang Domain TLD di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel