Beberapa Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Pemula

Beberapa Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Pemula

Jenis Burung yang Mudah Dipelihara - Hobi di dunia ini sangat banyak dan beragam, alasan orang suka melakukan hobi adalah untuk kesenangan dan menghilangkan stres. Rutinitas pekerjaan yang pada akan cenderung membuat seseorang mudah mengalami stres, salah satu cara untuk menghilangkan stres dengan melakukan hobi merawat hewan peliharaan. Salah satu hewan peliharaan adalah burung.

Memilih burung peliharaan haruslah jeli, mengingat apabila kita memiliki aktifitas yang padat maka hendaknya mencari burung peliharaan yang mudah perawatannya. Lalu jenis burung apa saja yang mudah dipelihara dan dirawat terutama bagi seorang pemula. Pada artikel ini saya akan sedikit berbagi jenis burung yang mudah dipelihara.

Berikut ini adalah beberapa jenis burung yang bisa dijadikan referensi burung peliharaan.

**

1. BURUNG KUTILANG


Burung Kutilang adalah salah satu jenis burung pengicau, walaupun memiliki corak warna yang biasa-biasa saja tetapi siapa sangka burung ini mampu menirukan suara - suara yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu cocoklah jenis burung ini untuk dijadikan hewan peliharaan.

Burung kutilang atau orang jawa biasa menyebutnya Ketilang/Genthilang dan orang sunda menyebutnya Cangkurileung memiliki corak warna Kelabu pada tubuhnya dan Hitam pada kepala dan ekornya. Jenis makanan dari burung ini adalah buah-buahan dan di alam biasanya memakan pepaya dan mangga atau buah manis lainya, jadi kalau kita berniat memeliharanya tentu urusan pakan sangatlah mudah.


2. BURUNG CENDET

Beberapa Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Pemula

Burung Cendet atau sering juga disebut Bentet adalah jenis burung yang memiliki habitat di alam terbuka atau perkebunan. Burung ini juga sering dijadikan peliharaan karena memiliki corak yang bagus. Warna bulu burung cendet dominan warna kelabu dan hitam. ketika sudah dewasa corak warna akan semakin bagus dengan adanya warna kuning emas. Selain itu burung cendet/bentet juga memiliki kemampuan berkicau yang bagus, tak jarang pula suka menirukan kicauan burung lain di sekitarnya.

Makan alami dari burung jenis ini adalah serangga dan apabila ingin menjadikannya sebagai burung peliharaan cukep memberinya pakan pur/pelet dan sesekali diberi serangga seperti jangkrik atau ulat hongkong.


3. BURUNG KENARI

Beberapa Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Pemula

Burung Kenari (Canary) adalah burung yang ditemukan oleh Oleh Pelaut Prancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Jadi nama Kenari berasal dari habitat awal ditemukannya burung ini sehingga tidak ada hubungannya dengan buah kenari yang biasa kita kenal.

Burung kenari terkenal dengan burung penyanyi sehingga membuatnya memiliki banyak penggemar. Corak atau variasi dari burung kenari sangat beragam dan berwarna cerah. Kicauan dari burung kenari sangatlah variatif dengan ritme yang naik turun. Pakan kenari sendiri adalah biji-bijian dan apabila ingin merawat burung ini bisa membeli pakan di toko penjual pakan burung.


4. BURUNG CINTA

Beberapa Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Pemula

Burung cinta (Love Bird) merupakan burung keluarga paruh bengkok. Pemberian burung cinta diambil dari kebiasaan burung ini selalu berpasangan dan suka bertengger berdua sambil menyayangi satu sama lain

Burung jenis ini banyak dijadikan peliharaan lantaran memiliki corak warna yang warna warni serta memiliki kicauan yang unik. Sehingga dengan memelihara burung jenis ini tentu akan menghilangkan stres karena padatnya aktivitas.

Pakan dari Love Bird sebetulnya sama seperti burung kenari, sehingga apabila mencari pakan sangatlah mudah, selain itu burung ini juga menyukai sayuran.

Baca Juga : Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Itulah beberapa Jenis Burung yang Mudah Dipelihara, kesimpulannya adalah dengan menyalurkan hobi merawat burung maka hal ini bisa mengurangi beban stres. Memelihara burung bukan sekedar memberi makan, tetapi juga menjaga kebersihan sangkar dari burung itu sendiri dan jangan lupa untuk memandikannya secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel