Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Waktu yang tepat untuk mendidik anak dan mengajarkan tentang lingkungan adalah pada usia dini. Pada usia dini anak diajarkan bagaimana cara merawat dan menyayangi lingkungan serta mulai berlatih tanggung jawab. Menentukan metode yang tepat sangatlah penting agar anak mau dan memahami apa yang kita ajarkan, paling tidak menyukai kegiatan tersebut.

Salah satu metode pembelajaran tumbuh kembang anak dapat dilakukan dengan cara mengajak untuk merawat hewan peliharaan. Dengan cara ini anak akan berlatih tanggung jawab seperti memberi makan hewan peliharaannya, mengelus dan hal positif lainnya.

Tetapi harus diperhatikan betul ketika berniat merawat hewan peliharaan. Kriteria hewan peliharaan yang aman untuk anak haruslah hewan yang jinak, bersih dan bebas dari penyakit. Maka dari itulah kita sebagai orang tua harus paham betul hewan apa yang cocok untuk dipelihara anak kita nanti.

Pada artikel ini saya akan sedikit berbagi informasi seputar hewan, yaitu jenis hewan peliharaan seperti apa yang aman untuk anak-anak.

1. KELINCI

Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Kelinci merupakan hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan. Karakter hewan ini sangatlah jinak sehingga cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Karena kejinakannya maka anak kita bisa belajar memberinya makan seperti sayur wortel dan kangkung. Agar lebih sehat kelinci juga bisa diberi pakan berupa pelet yang mengandung vitamin dan mineral sehingga kelinci menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. Ketika ingin menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan anak pastikan untuk memotong kuku kelinci agar anak-anak tidak terluka karena cakaran kuku kelinci


2. MARMUT

Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Sama dengan Kelinci, Marmut juga merupakan hewan pemakan tumbuhan. Sehingga anak-anak juga bisa belajar memberinya makanan berupa sayuran. Karakter dari Marmut adalah jinak seperti kelinci, sehingga cocok apabila dijadikan hewan peliharaan dan aman untuk anak. Jangan lupa juga untuk memotong kuku Marmut agar tidak melukai anak - anak.


3. HAMSTER

Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Banyak orang yang salah paham dan mengira Hamster sama dengan Marmut. Padahal keduanya merupakan hewan yang berbeda. Ya wajar kalau orang salah memahaminya karena kedua hewan tersebut hampir sama secara fisik. Tetapi secara spesifik tubuh Hamster lebih kecil dari Marmut. Hewan ini sangatlah lucu dan cocok untuk dijadikan peliharaan. Karena karakternya yang aktif lebih baik Hamster tetap di dalam sangkar dengan diberikan pakan serta mainan roller.


4. KUCING

Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Kucing adalah hewan yang sudah lama dikenal sebagai hewan peliharaan. Terlebih kucing memiliki tingkah yang lucu dan menggemaskan. Apabila dijadikan hewan peliharaan maka anak kita bisa bermain dengan kucing lucu ini. Karena kucing memiliki bulu yang lebat alangkah baiknya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kucing. Pemberian vaksin kepada kucing adalah solusi agar kucing peliharaan terhindar dari penyakit dan aman untuk anak-anak.


5. ANAK ANJING

Berapa Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak

Selain kucing, adalah hewan peliharaan lain yang terkenal dengan kesetiaannya kepada manusia. Adalah Anjing, hewan yang memiliki kedekatan baik dengan manusia ini cocok dijadikan hewan peliharaan. Apalagi kita merawatnya sedari kecil maka rasa setia Anjing akan semakin terasa. Merawat anak Anjing haruslah menjaga kebersihan serta kesehatannya, sehingga aman ketika berinteraksi dengan anak kita yang sedang masa tumbuh dan berkembang.

Baca Juga : Beberapa Jenis Burung yang Mudah Dipelihara Pemula

Itulah 5 Jenis Hewan Peliharaan yang Aman untuk Anak - Anak, mempelihara hewan haruslah menjaga kebersihan serta kesehatan dari hewan itu sendiri agar ketika berinteraksi dengan anak-anak tetap aman. Manfaat memiliki hewan peliharan adalah banyak, salah satunya untuk proses belajar anak mengenal hewan dan lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel