Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Pengertian dan Struktur Teks Eksplanasi (LENGKAP + CONTOH)

Pengertian dan Struktur Teks Eksplanasi (LENGKAP + CONTOH)

Denpono.com – Pernahkah kalian membaca suatu teks atau berita tentang bencana alam seperti gempa bumi atau tsunami? atau berita tentang unjuk rasa pada suatu daerah tertentu? Teks yang berisi informasi tadi disebut dengan Teks Eksplanasi. Lalu, apa sih sebenarnya Teks Eksplanasi itu? Teks Eksplanasi adalah suatu teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu kejadian atau fenomena. Pada teks eksplanasi juga merupakan sebuah peristiwa yang timbul karena adanya peristiwa lain sebelumnya dan dari peristiwa tersebut mengakibatkan terjadinya peristiwa lain sesudahnya.

CIRI CIRI TEKS EKSPLANASI

Sebelum kita lanjutkan pembahasan materi teks eksplanasi, alangkah baiknya kita ketahui dahulu ciri-ciri dari teks tersebut, yaitu sebagai berikut :
  • Memuat informasi berdasarkan fakta (Faktual).
  • Berisi informasi yang bersifat keilmuan.
  • Menjelaskan proses terjadinya fenomena alam atau sosial.

CONTOH TEKS EKSPLANASI


TSUNAMI
Tsunami ialah istilah yang berasal dari Jepang, terdiri atas dua kata tsu dan name yang berarti "pelabuhan" dan "gelombang". Para ilmuwan mengartikannya sebagai gelombang pasang atau gelombang laut yang diakibatkan oleh gempa. Tsunami ialah gelombang laut besar yang datang dengan cepat dan tiba-tiba menerjang area pantai. Gelombang tersebut terbentuk akibat adanya gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut. Besarnya gelombang Tsunami mengakibatkan banjir dan kehancuran ketika menghantam daratan pantai.

Pembentukan Tsunami terjadi ketika dasar laut permukaannya naik turun di sepanjang patahan sekitar gempa berlangsung. Patahan tersebut menyebabkan terganggunya ekuilibrium atau kesimbangan air laut. Patahan yang besar akan menghasilkan tenaga gelombang yang besar pula. Beberapa saat setelah terjadi gempa, air laut akan mengalami surut. Setelah surut, air laut kembali ke arah daratan dalam membawa gelombang besar. Di samping itu, pembentukan Tsunami juga diakibatkan oleh letusan gunung merapi di dasar lautan. Letusan tersebut mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di sekitarnya. Semakin besar Tsunami, maka semakin besar pula banjir atau kehancuran yang terjadi ketika menghantam pantai.

Tsunami memang sudah menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kehancuran atau kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan terbesar terjadi ketika Tsunami menghantam pemukiman warga sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana ini. Namun, kita tidak perlu terlalu khawatir sebab tidak semua Tsunami membentuk gelombang besar. Di samping itu, tidak semua letusan gunung berapi atau gempa yang terjadi diikuti dengan Tsunami.


STRUKTUR TEKS EKSPLANASI

Berdasarkan contoh teks eksplanasi di atas dengan judul Tsunami. Kita bisa melihat struktur Teks Eksplanasi sebagai berikut :

  • Pernyataan Umum
Pernyataan umum berisi penjelasan secara umum tentang fenomena apa yang sedang terjadi atau dibahas, berupa pengenalan dan penjelasannya. Dari contoh di atas, penjelasan umum yang ditulis
tentang Tsunami, mengapa Tsunami bisa terjadi dan bagaimana proses terjadinya Tsunami.
  • Deretan Penjelas
Pada bagian ini berisi penjelasan mengapa Tsunami bisa terjadi. Deretan penjelas terdiri dari satu paragraf dan menjelaskan secara rinci apa penyebab dan akibat dari Tsunami.
  • Interpretasi (Opsional)
Merupakan teks penutup yang bersifat opsional atau bukan suatu keharusan. Teks penutup bisa berisi kesimpulan atau intisari dari teks eksplanasi yang dibuat. Opsional bisa berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas.


KAIDAH KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI

Dalam penulisannya, teks eksplanasi memiliki kaidah sebagai berikut :
  • Pemakaian kalimat pasif.
  • Ada konjugasi kausal dan waktu.
  • Terdapat istilah ilmiah.
  • Banyak memakai kata kerja material dan rasional (kata kerja aktif)
  • Bersifat informatif.

Baca Juga :
Itulah Pengertian dan Struktur Teks Eksplanasi (LENGKAP + CONTOH). Semua informasi yang termuat di dalam teks eksplanasi bersifat faktual sehingga apabila ada berita Hoax mengenai suatu fenomena alam atau sosial tidak bisa disebut teks eksplanasi. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.
Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..