Mengenal Model, Simulasi, Sistem, dan Aplikasinya

Sebelum masuk ke inti artikel ini Admin ingin menyampaikan bahwa artikel ini merupakan dokumen tugas yang admin kerjakan untuk memenuhi mata kuliah Permodelan dan Simulasi Sistem. Pada artikel ini akan dibahas Model, Simulasi, Sistem, dan Aplikasinya.
Mengenal Model, Simulasi, Sistem, dan Aplikasnya
MODEL

Model merupakan sebuag representasi sederhana dari sebuah sistem. Kemudian model-model tidak harus memiliki seluruh atribut dalam artian model itu disederhanakan, dikontrol, digeneralisasi, atau diidealkan.

Suatu model juga harus divalidasi kecocokannya agar sesuai dengan sistem yang dimodelkan. Setelah divalidasi, sebuah model dapat digunakan untuk menyelidiki dan memprediksi perilaku-perilaku (sifat) sistem, atau menjawab “what if question” untuk mempertajam pemahaman, pelatihan, prediksi dan evaluasi alternatif.


SIMULASI

Secara umun simulasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses peniruan operasi, proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs), menurut waktu, sebuah proses atau sistem di dunia nyata.

Suatu simulasi biasanya dapat dilakukan atau dikerjakan secara manual maupun dengan bantuan komputer. Dalam sebuah program simulasi alangkah baiknnya dapat menyertakan pembentukan data dan sejarah buatan (articial history) dari sebuah sistem, pengamatan data dan sejarah serta kesimpulan yang terkait dengan karakteristik sistem-sistem.

Hal ini dilakukan agar memudahkan untuk dilakukannya pengembangan sebuah simulasi dan mengevaluasinya. Selain itu untuk mengestimasi karakteristik yang diharapkan.


SISTEM

Sistem adalah sekumpulan obyek yang dihubungkan satu sama lain melalui beberapa interaksi reguler atau secara bebas untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem biasanya dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi di luar sistem. Perubahan ini terjadi di lingkungan sistem. Dalam permodelan sistem, perlu ditetapkan batas (boundary) antara sistem dan lingkungannya.

Cara untuk mempelajari sistem adalah dengan simulasi, secara numerik menjalankan model dengan input dan melihat pengaruhnya terhadap output. Kemudian sebagai informasi tambahan yaitu komponen sistem atau entitas merupakan obyek dalam sistem. Contoh, customers pada suatu bank.

Baca Juga : Rangkuman Materi Mata Kuliah Material Teknik Listrik

APLIKASI

Simulasi dan permodelan dapat digunakan untuk bidang-bidang aplikasi berikut ini :
  1. Perancangan dan analisis sistem manufacturing.
  2. Evaluasi persyaratan hardware dan software untuk sistem komputer.
  3. Evaluasi sistem senjata atau taktik militer yang baru.
  4. Perancangan sistem komunikasi dan messege protocol
  5. Perancangan dan pengoperasian fasilitas transportasi, misal jalan tol, bandara, rel kereta, atau pelabuhan.
  6. Evaluasi perancangan organisasi jasa, misal rumah sakit, kantor pos, atau restoran atau fast food.
Suatu simulasi dan permodelan juga terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan terkait dimana simulasi cocok digunakan dan tidak cocok digunakan.

Simulasi cocok digunakan apabila digunakan untuk alat bantu pelatihan dan pembelajaran dengan biaya yang lebih rendah, memahami dan memverifikasi solusi analitik dan apabila menghadapi masalah yang sulit, memakan waktu, atau tidak mungkin diselesaikan melalui metode analitik atau numerik konvensional.

Simulasi tidak cocok digunakan apabila hanya untuk menyelesaikan masalah yang sederhana. Biaya terlalu mahal dan jika sumber daya atau waktu tidak tersedia dan juga apabila tidak ada data yang tersedia. Selain itu apabila sistem terlalu komplek dan tidak bisa didefinisikan.


Itulah artikel tentang Mengenal Model, Simulasi, Sistem, dan Aplikasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari materi kuliah tersebut. Apabila ada pertanyaan silangkan berkomentar di bawah agar admin dapat membantu persoalannya, Terimakasih...

0 Response to "Mengenal Model, Simulasi, Sistem, dan Aplikasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel