Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

4 Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)

Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)

Cara Membuat Flowchart Yang Benar - Flowchart adalah suatu susunan bagan atau simbol-simbol yang menunjukkan suatu proses secara mendalam / detail serta hubungan antara bagian satu dengan hubungan lainnya hingga diketahui hasilnya.

Untuk membuat suatu Flowchart sebenarnya tidak ada ketentuan baku, namun ada beberapa hal yang harus diketahui agar bisa membuat bagan alir (flowchart) dengan benar. Gambaran umum untuk membuat suatu flowchart yaitu memberikan gambaran analisa dari suatu permasalahan atau proses yang dihadapi. Karena dalam suatu analisa bisa menghasilkan output yang bervariasi maka secara umum bagian utama dari suatu flowchart harus memiliki unsur berikut :

  • Input = Data
  • Proses = Proses pengolahan data
  • Output = Hasil dari pengolahan data dalam bentuk suatu informasi

Nah jika sudah memahami apa itu Flowchart dan bagaimana secara garis besar unsur-unsur yang harus ada didalamnya. Maka selanjutnya akan saya berikan informasi mengenai bagaimana cara membuat bagan alir / flowchart yang benar dan tentunya sederhana.

Untuk membuat suatu Flowchart setidaknya kalian membutuhkan suatu aplikasi / software komputer. Software apakah itu dan bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Membuat Flowchart di Visio

Microsoft Visio atau Visio merupakan suatu program komputer yang berfungsi untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart) dan skema lainya yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Tampilan dari Visio sangat sederhana dan bersih seperti Microsoft Word sehingga kalian akan mudah memahaminya. Untuk cara membuat Flowchart dengan Visio bisa kalian ikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Pertama, buka program Microsoft Visio di Komputer / laptop kalian 

2. Setelah itu pada menu File, klik New > Basic Flowchart > lalu klik Create. Sehingga tampilannya akan menjadi seperti ini.

4 Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)

3. Kemudian masukkan bagian-bagian flowchart yang ada di sebelah kiri lembar kerja. Seperti Start/End, Process dan lain sebagainya.

4 Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)


4. Jika semua bagian sudah dimasukkan, selanjutnya kalian tambahkan konektor arah / arrow untuk menunjukkan alur prosesnya.

4 Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)

5. Untuk menambahkan teks atau tulisan di dalam bagian-bagian flowchart, pilih menu Teks seperti gambar berikut.

Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)

6. Terakhir jika semua sudah selesai dikerjakan, Save As kemudian pilih format (misalnya .PDF)

2. Membuat Flowchart di Microsoft Word

Selanjutnya kalian bisa membuat flowchart dengan mudah di Microsoft word, dengan cara ini kalian tidak perlu menginstall aplikasi Visio karena sebenarnya di Word sudah ada fitur untuk membuat sebuah diagram alir (Flowchart). Caranya adalah sebagai berikut :

A. Menyiapkan Drawing Canvas

Untuk membuat sebuah Flowchart di Word sebenarnya bisa dengan langsung menyisipkan simbol-simbol langsung ke dalam document. Namun cara ini nanti akan sangat merepotkan karena harus menata ulang format dokumen agar rapi kembali. Sehingga agar lebih memudahkan saya sarankan untuk memakai Canvas. Caranya klik menu Insert > Shapes > New drawing canvas, lihat gambar di bawah ini :


Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)

B. Memasukkan Simbol Flowchart

Jika kalian sudah berhasil membuat Drawing Canvas, saatnya memulai membuat Flowchart dengan cara memasukkan simbol-simbol yang diperlukan. Caranya :


Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)
  1. Pertama lihat menu Insert Shapes di pojok kiri atas
  2. Klik More untuk melihat simbol shapes lebih banyak. Lalu klik salah satu simbol yang ingin dibuat.
  3. Setelah di klik barulah membuat simbol di dalam Canvas.

C. Menambahkan Teks dan Garis Arah Panah

Langkah selanjutnya setelah berhasil membuat simbol-simbol yang diperlukan kalian perlu menambahkan tulisan atau teks pada setiap simbolnya. langkah-langkahnya sama seperti saat membuat simbol.

  1. Untuk membuat teks/ tulisan kalian pilih menu shape "Teks Boks" (ada logo A)
  2. Sedangkan untuk menambahkan garis atau garis alir (flow line) kalian pilih menu shapes "Lines"

3. Membuat Flowchart dengan Software ClickChart by NCH

Cara ketiga agar bisa membuat diagram Flowchart yang baik dan benar yaitu dengan menggunakan software ClickChart. Software ini bisa kalian unduh dan install secara gratis di situs : nchsoftware.com

Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)

Sedangkan cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Saat membuka software ini kalian pilih Used for Non-Commercial (karena hanya ingin digunakan untuk keperluan pribadi saja)
  • Setelah itu untuk memulai membuat diagram, kalian bisa pilih "Blank Diagram" atau menggunakan template diagram yang sudah tersedia.
  • Terakhir tinggal masukkan semua simbol, teks dan garis flow sesuai kebutuhan

4. Membuat Flowchart di Excel & Power Point (PPT)

Jika kalian membutuhkan suatu flowchart/diagram pada Excel atau PPT maka tidak perlu membuatnya di software tersebut. Melainkan hanya perlu membuatnya di Visio, word atau memakai ClickChart yang sudah saya jelaskan di atas.

Lihat Juga :

Jadi seperti itulah cara untuk membuat Diagram Flowchart yang benar secara cepat, mudah dan sederhana. Semoga tutorial atau panduan yang saya berikan ini tidak membingungkan, namun apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Sampai jumpa lagi.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "4 Cara Membuat Flowchart Yang Benar (100% Mudah)"