Istilah Dalam Penerbangan: Check In, Boarding Pass dan Boarding Time

Istilah Dalam Penerbangan: Check In, Boarding Pass dan Boarding Time
Arti Check In, Boarding Pass dan Boarding Time pada penerbangan komersial - Jika kalian belum pernah bepergian dengan menggunakan pesawat udara maka pasti akan bingung dengan istilah-istilah yang ada. Oleh karena itu penting sekali untuk mencari tau pengertian dan maksud dari setiap istilah dalam penerbangan. Sehingga nantinya kalian tidak akan kebingungan dan repot.

Beberapa istilah yang sering didengar namun masih banyak yang belum mengerti apa artinya antara lain check in, boarding pass, dan boarding time. Nah pada artikel ini Denpono.com akan menjelaskan secara ringkas dan sejelas-jelasnya kepada kalian.

Apa itu Check In?

Arti dan maksud check-in pada suatu penerbangan adalah proses konfirmasi calon penumpang kepada pihak maskapai sesaat sebelum melakukan penerbangan atau menaiki pesawat yang akan terbang.

Proses check in dapat dilakukan secara mandiri dengan mesin check in yang ada di bandara atau mendaftarkan diri melalui petugas maskapai di bandara. Selain itu proses ini juga bisa dilakukan secara online.

Apa itu Boarding Pass?

Boarding Pass adalah dokumen yang diberikan oleh maskapai kepada penumpang yang sudah melakukan check in untuk bisa menaiki pesawat. Apabila penumpang melakukan check in secara online maka bisa mencetaknya sendiri.

Apa pentingnya Boarding Pass?

Boarding pass merupakan dokumen resmi yang digunakan untuk melewati gerbang (gate) penumpang dan ketika akan masuk ke dalam pesawat. Petugas akan memeriksa boarding pass ketika di gerbang (gate) guna untuk keamanan dan data penumpang. Apabila kalian tidak memiliki Boarding Pass maka tidak diizinkan untuk menaiki pesawat.

Selain itu boarding pass juga bermanfaat apabila kalian merasa kebingungan dan bertanya kepada petugas bandara. Pada boarding pass terdapat beberapa informasi penting berkaitan dengan keberangkatan (departure), antara lain adalah:
  • Nama kalian (calon penumpang)
  • Kelas
  • Nomor penerbangan
  • Waktu boarding (boarding time)
  • Jam keberangkatan
  • Gerbang (gate)
  • Nomor seat (kursi penumpang)
  • Kota asal penerbangan
  • Kota tujuan penerbangan
  • Permintaan khusus (jika ada)
  • Nomor boarding pass
  • Bar code
  • Nama dan logo maskapai penerbangan
  • Pesan untuk calon penumpang

Apa itu Boarding Time?

Boarding time adalah waktu dimana penumpang dipersilahkan untuk masuk ke dalam pesawat. Biasanya 30 menit sebelum pesawat tinggal landas (take off). Waktu boarding pass tidak selalu sama dan bisa berbeda-beda pada tiap maskapai, oleh karena itu jangan sampai ketinggalan karena pesawat tidak bisa menunggu.

Apa perbedaan tiket pesawat dengan boarding pass?

Sebelum memutuskan bepergian dengan pesawat tentunya seorang calon penumpang harus membeli tiket pesawat dengan harga tertentu dan nantinya mendapatkan juga boarding pass ketika check in. Nah apa perbedaan dari tiket pesawat dengan boarding pass?

Tiket pesawat merupakan dokumen yang berisi informasi pembayaran dan informasi penerbangan yang meliputi maskapai penerbangan, jam tiba, bandara asal, bandara tujuan serta informasi mengenai hak dan kewajiban penumpang pesawat.

Sedangkan Boarding pass merupakan dokumen yang berguna untuk akses gerbang (gate) atau masuk ke dalam pesawat seperti yang sudah dibahas tadi. Sehingga ketika calon penumpang akan berangkat menggunakan pesawat yang dibutuhkan cukup boarding pass saja dan tiket pesawat tidak berlaku karena sifatnya hanya memberikan informasi detailnya saja.

Adapun catatan yang harus diketahui oleh calon penumpang yaitu:
  • Waktu pesawat tinggal landas atau take off sangatlah  ketat, jadi kalian tidak boleh masuk melewati gerbang (gate) jika belum waktunya boarding time apalagi sampai telat. Tidak akan ditolerir oleh pihak maskapai.
  • Pada penerbangan domestik atau dalam negeri calon penumpang diwajibkan untuk menunjukkan boarding pass dan kartu identitas  seperti KTP.
  • Sedangkan untuk penerbangan internasional calon penumpang wajib menunjukkan passport ketika diminta menunjukkan boarding pass.

Nah itulah informasi seputar istilah dalam dunia penerbangan seperti Check in, boarding pass, boarding time dan istilah lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa.

0 Response to "Istilah Dalam Penerbangan: Check In, Boarding Pass dan Boarding Time"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel