Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Kenali Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Berikut Ini!

Kenali Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Berikut Ini!

Cara menjaga kesehatan baterai iPhone sangat penting untuk dipahami agar smartphone Anda tidak mudah rusak dan tahan lama. Meski sebenarnya baterai bisa saja dicas jika baterainya habis. Namun ternyata pemakaian yang melampaui batas pada smartphone dapat membuat potensi kerusakan semakin cepat.

Adapun ciri-ciri baterai yang mengalami masalah alias tidak sehat yaitu baterai cepat habis, saat proses pengisian ia sangat cepat penuh dan tidak jarang mengalami pembengkakan. Jika sudah demikian, Anda perlu was-was dengan performa smartphone karena kemungkinan dapat alami gangguan.

7 Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone yang Efektif

Untuk meningkatkan daya pakai, pengguna iPhone perlu mengetahui cara-cara menjaga kesehatan baterai smartphone miliknya. Berikut beberapa langkah yang penting dilakukan agar baterai semakin tahan lama semakin terbebas dari kerusakan:

1. Ketika Mengisi Daya, Jangan Mengoperasikan Hp

Di era saat ini, smartphone seperti iPhone bukan hanya kebutuhan sekunder, namun sudah beralih sebagai kebutuhan primer. Bahkan, sebagian orang akan merasa bosan jika dalam satu jam saja jauh dari handphone.

Namun, pastikan untuk tidak mengoperasikan Hp ketika sedang diisi dayanya. Penggunaan mesin Hp ketika sedang di charger akan membuat mesin tersebut mudah panas. Efeknya sangat tidak baik lantaran dapat menyebabkan beberapa komponen Hp alami kerusakan.

2. Hindari Penggunaan Smartphone Sampai Baterai Habis

Penggunaan smartphone hingga daya habis dapat menyebabkan baterai menjadi tidak sehat. Inilah penyebab paling utama baterai Anda cepat rusak dan tidak tahan lama. Oleh karena itu, ketika kebetulan Anda berada di luar rumah dan lupa membawa charger sebaiknya matikan Hp sebelum baterai habis.

Banyak pakar gadget yang menyatakan bahwa waktu paling lambat untuk mengecas iPhone yaitu saat muncul notifikasi baterai lemah muncul. Jangan lupa sesudah itu untuk langsung mengisi dayanya hingga penuh. Hindari terus mengoperasikannya saat pengisian karena proses charger menjadi tidak maksimal.

3. Jangan Mengoperasikan dan Menyimpan iPhone pada Suhu Ekstrim

Ternyata penyimpanan Iphone juga mempengaruhi kesehatan baterainya. Ada aturan khusus mengenai suhu ruangan penyimpanan yang masih belum banyak diketahui. Adapun suhu ideal penyimpanan menurut perusahaan ini adalah 0 sampai 35 derajat C.

Kapasitas baterai akan mengalami kerusakan permanen jika Hp diletakkan di atas suhu 35 derajat. Karenanya, tidak heran jika kini banyak usia pada smartphone yang cenderung lebih pendek. Bahkan dalam hal ini, sistem pada iOS akan membatasi pengisian ketika suhu baterai berada di atas normal.

Adapun penyebab lingkungan panas membuat baterai mudah rusak adalah sifat ireversibel pada reaksi kimia. Sebaliknya, saat berada di suhu yang terlampau dingin daya baterai juga dapat mengalami penurunan. Oleh karena itu, usahakan suhunya tetap normal dan memadai agar baterai menjadi awet.

4. Hindari Overcharge

Cara menjaga kesehatan baterai iPhone berikutnya yaitu dengan menghindari overcharge. Terlalu lama membiarkan smartphone mengisi baterai akan berdampak pada baterai yang cepat rusak. Yang dimaksud dengan overcharge sendiri yaitu saat seseorang membiarkan iPhone tetap terisi padahal baterainya sudah penuh.

Oleh sebab itu, biasakan diri untuk mencabut charger ketika daya yang terisi sudah 100%. Hal ini bertujuan agar baterai tetap sehat, tidak aus dan usang sebab terus menerus dicas. Namun seringkali pengguna teledor dan kelupaan bahwa sedang mengecas Hp karena sibuknya aktivitas dan inilah yang perlu dihindari.

5. Nonaktifkan iPhone Ketika Dicharge

Ketika iPhone dalam kondisi dicas, pastikan Anda menonaktifkannya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan baterai. Tujuannya tidak lain untuk menjaga suhu baterai tetap stabil saat diisi dayanya. Kebiasaan tersebut dijamin akan menjadikan baterai Anda semakin awet digunakan.

Cara ini telah dipraktekkan sejak lama bahkan oleh pengguna Hp jadul di awal-awal penggunaan handphone. Namun, seiring berkembangnya zaman manusia menjadi ketergantungan dengannya sehingga kerap mengisi daya sambil mengoperasikan Hp.

6. Lepas Case saat Pengisian Baterai

Melepas case iPhone merupakan salah satu cara menjaga battery health iPhone. Meski belum banyak dipahami oleh pengguna, cara ini akan menjadikan baterai Anda cenderung awet lantaran case yang terlalu tebal dapat menghasilkan panas tinggi pada sistem smartphone.

Panasnya suhu tersebut akan menyebabkan baterai mudah rusak. Karenanya, lepaskan case saat proses pengisian baterai.

7. Gunakan Charger Original

Cara lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan agar baterai iPhone tahan lama adalah selalu memakai charger ori. Ini akan Anda peroleh saat membeli iPhone, namun jika kebetulan hilang dan sebagainya pastikan membeli produk khusus charger yang asli.

Tujuannya agar arus yang mengalir ke baterai tetap dalam keadaan stabil. Di samping itu, baterai iPhone juga benar-benar penuh. Sebaliknya, penggunaan charger abal-abal bisa menyebabkan baterai iPhone mudah rusak.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang efektif dan aman untuk dilakukan. Dengan membiasakannya, smartphone Anda akan menjadi lebih kuat dan tahan lama sekalipun telah berusia tahunan.

Post a comment for "Kenali Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Berikut Ini!"