3 TIPS SEDERHANA AGAR KOMPUTER TIDAK LELET


Di era yang semakin maju dan serba digital seperti saat ini kebutuhan penggunaan Komputer / PC / Laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi sebagian besar manusia. Namun sama halnya manusia, tidak ada suatu hal yang sempurna bahwa Komputer juga demikian. Beberapa kasus yang sering dialami pengguna Komputer adalah kesehatan komputer mereka alias lelet atau lemot.
Kenapa komputer bisa lelet atau lemot ??

hmmm,,, menurut den pono, ada banyak faktor yang bisa dijadikan alasan. Namun setiap orang kan karakter penggunaan komputer berbeda - beda bukan? jadi komputer yang lemot bisa disebabkan oleh bermacam - macam alasan.

Nah, berikut ini Den Pono rangkuman Tips dan Trik jitu nan sederhana agar komputer kamu tetap dalam keadaan sehat walafiat.

RUTIN BERSIH BERSIH

Den Pono menyarankan untuk rutin melakukan bersih bersih. Lalu apa yang dibersihkan ? didalam komputer terdapat macam  - macam jenis sampah yaitu diantaranya Junk File, Shortcut error, Registry error dan lain sebagainya.

Untuk membersihkan sampah tersebut, Den Pono biasanya menggunakan software "Advance System Care".

lakukanlah scan secara rutin, mungkin seminggu sekali atau 2 minggu sekali. atau bahkan setiap hari juga tidak masalah, toh tidak ada ruginya kan? hehe


satu lagi fitur yang wajib diaktifkan apabila kalian menggunakan software ini yaitu fitur "Speed Up". Fitur ini bekerja mengoptimalkan penggunaan RAM, sehingga komputer kalian akan lebih smoot dan tidak lelet lagi. Selain itu masih banyak fitur - fitur lainnya, silahkan dicoba sendiri.




LAKUKAN DISK DEFRAGMENT

Sampai hari ini Disk Defragmentation masih dipercaya merupakan suatu kegiatan yang wajib rutin dilakukan agar komputer tetap dalam performa yang baik. Terlepas dari benar atau tidaknya anggapan itu Den Pono juga melakukan Defragmentation.

Kenapa perlu Disk Defragment?

jawabannya adalah karena kebanyakan hard disk atau HDD komputer memiliki pola berputar, sehingga hard disk menempatkan data  dalam tempat yang berbeda atau acak, blok - blok data ini diciptakan sesuai perintah yang diberikan. Saat Disk Defragment dijalankan maka blok - blok data yang acak tadi akan dirapikan atau di susun sesuai urutan perintahnya. Sehingga setelah Disk Defragmentatio selesai dilakukan, proses membaca data dalam Hard Disk akan lebih cepat.


Di dalam sebuah komputer sudah terdapat sebuah software defragment yang bisa kalian gunakan, bahkan kalian bisa juga membuat jadwal otomatis. Jadi tidak perlu repot - repot melakukan disk defragmentation tiap minggu.

Untuk pengguna SSD tidak perlu memikirkan masalah Defragment karena itu hanya terjadi pada Hard Disk saja.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Printer Error


HAPUS SOFTWARE YANG TIDAK PENTING

Den Pono juga menyarankan untuk bersih -bersih software yang tidak penting, karena berdasarkan pengalaman semakian banyak software dalam komputer kamu maka semakin berat pula saat booting start up.




Biasanya Den Pono kalau bersih - bersih software memaki "IOBIT UNINSTALLER" yang terkenal jago dalam membersikan sofware sampai ke akar - akar nya.


Nah, itu dia tips sederhana agar komputer kalian tidak lelet. Ini semua murni berdasarkan pengalaman Den Supono ya, jadi apabila ada masukan atau hal lain yang ingin disampaikan tulis di kolom komentar dibawah ya.
Terimkasih

0 Response to "3 TIPS SEDERHANA AGAR KOMPUTER TIDAK LELET"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel