13 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Grobogan

Denpono.com, Wisata Alam adalah sebuah destinasi wisata yang menyuguhkan keidahan alam. Jenis wisata ini memiliki penikmat sendiri, dibanding dengan wisata kota dan bangunan pada umumnya, wisata yang menyuguhkan keindahan alam mampu menenangkan pikiran dengan panorama indah dan udara segar. Keindahan alam pada tiap daerah memiliki keunikan sendiri – sendiri salah satunya di daerah Kabupaten Grobogan. Berikut adalah 13 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Grobogan versi Denpono.com :


Bledug Kuwu

Bledug Kuwu adalah letupan kawah lumpur (mud vulcano) yang berada di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Istilah Bledug diambil dari suara letupan yang berbunyi "bledug" sehingga dinamakan Bledug Kuwu.. Keunikan dari lumpur Bledug Kuwu yaitu adanya kandungan garam sehingga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membuat garam. Kadungan garam ini berkaitan dengan legenda turun temurun berupa Bledug Kuwu terhubung dengan laut selatan sehingga membuat lumpur yang disemburkan memiliki rasa asin. Konon lubang yang mehubungkan laut selatan itu adalah jalan pulang Jaka Linglung dari Laut Selatan menuju Kerajaan Medang Kamulan.

Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen merupakan fenomena keologi dimana gas yang keluar dari tanah dan tersukut api sehingga walau dalam keadaan hujan api ini masih tetap menyala. Komplek wisata Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, tepatnya pada jalan raya Semarang - Purwodadi. Api Abadi Mrapen sering digunakan dalam acara - acara besar, salah satunya pada tahun 2018 ini Obor Asian Games diambil dari sini.

Tuntang Rafting

Doc. Dharma Raja Adventure
Olahraga Arung Jeram dan Rafting di Kabupaten Grobogan termasuk salah satu destinasi wisata yang masih baru. Tuntang Rafting berlokasi di aliran sungai Tuntang, Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan. Bagi sobat pecinta olahraga ekstrim maka Tuntang Rafting cocok dimasukkan dalam daftar Destinasi Wisata Grobogan.

Jati Pohon Indah

Jati Pohon merupakan nama sebuah desa yang berada utara Kota Purwodadi. Lokasi ini dijadikan tempat wisata karena berada di barisan bukit kendeng sehingga menyajikan pemandangan Kota Purwodadi yang indah. Di lokasi wisata Jati Pohon juga terdapat kolam renang atau pemandian umum. Selain itu karena rindangnya pepohonan di daerah ini menjadikannya memiliki udara yang segar dan adem.Wisata Jati Pohon layak untuk dijadikan destinasi wisata di kabupaten grobogan.

Goa Macan dan Goa Lawa

Goa Macan dan Goa Lawa ini berlokasi tidak jauh dari wisata Jati Pohon. Sebelum memasuki area Jati Pohon di kanan jalan akan ada gapura Goa Lawa dan Macan, sekitar 1 Km maka sampailah di Area Goa Macan dan Goa Lawa. Goa Lawa pada destinasi wisata ini memiliku rute penyusuran yang sangat panjang. Di Goa Macan ini juga memiliki keindah stalaktif dan stalakmit yang sangat indah. Namun kekurangannya adalah kurangnya penerangan di dalam Goa, sehingga pengunjung wajib membawa alat penerangan Sendiri.

Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri terletak di rimba hutan jati Desa Kemaduh Batur, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan. Berjarak kurang lebih 21 Kilometer arah Timur Laut kota Purwodadi, tepanya di KM 17 Jalan Purwodadi Blora. Pemandangan yang disanjikan sangat indah dengan air Terjun setinggi kurang lebih 30an meter. Akses untuk menuju ke Air Terjun Widuri sudah sangat jelas bahkan pada google maps sudah tersedia, cuma infrastrukturnya yang masih kurang baik.

Air Terjun Sedayu

Destinasi wisata Air Terjun Sedayu terletak di Desa Sedayu Kecamatan Grobogan. Masih berlokasi di pegunungan Kedeng dan tidak terlalu jauh dari wisata Jati Pohon dan Goa Lawa - Goa macan. Akses menuju Air Terjun ini sangat mudah karena tujuan masih sama dengan Wisata Jati Pohon yaitu pada pertigaan belok ke kanan atau arah timur. Perjalanan menuju lokasi dapat  ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dengan waktu sekitar 15 menit saja.

Air Terjun Kinasih

Terletak di Desa Karangasem, kecamatan Wirosari Grobogan. Masyarakat setempat biasa menyebut Grojogan Kinasih. Air terjun ini masih sangat alami dan cocok untuk dijadikan salah satu Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Grobogan.

Air Terjun Taruman

Air Terjun Taruman atau masyarakat setempat menamai Air Terjun Bengkat. Terletak di Desa Taruman, kecamatan Klambu Grobogan. Seperti Air terjun Kinasih, lokasi ini juga cocok dijadikan Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Grobogan karena masih sangat alami dan masih sangat teduh.

Air Terjun Watu Ondo

Terletak di Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan. Air Terjun ini memiliki topologi berundak - undak seperti tangga maka disebut lah "Ondo" yang berarti tangga. Sama seperti destinasi wisata alam lainnya, infrastruktur jalan untuk menuju lokasi ini masih perlu ada perbaikan.

Sendang Keongan

Sendang dalam bahasa Indonesia berarti mata air. Sedang Keongan terletak di Desa Penganten, kecamatan Klambu, Grobogan. Sendang ini memiliki keunikan dimana saat musim kemarau airnya tidak pernah surut. Pada lokasi ini juga sering diadakan pesta rakyat seperti acara Orkes Dangdut terutama setelah hari hari besar.

Sendang Coyo

Berlokasi di Desa Mlowokarangtalun, kecamatan Pulokulon, Grobogan. Sedang ini memiliki cerita mengenai perjalanan syiar Kanjeng Sunan Kalijaga. Sendang ini memiliki air yang jernih dan biasa digunakan masyarakat setempat sebagai sumber mata air sekaligus kolam pemandian.

Waduk Kedung Ombo

Merupakan waduk yang dibangun dengan luas 6.576 Hektar dan terletak di tiga kabupaten sekaligus, yaitu, kabupaten Grobogan, kabupaten Sragen, dan kabupaten Boyolali. Waduk Kedung Ombo sangat fenomenal dan layak untuk dijadikan destinasi wisata. Di waduk ini juga memiliki hamparan rumput hijau yang sangat bagus untuk dijadikan latar foto.

Jadi itulah 13 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Grobogan versi Denpono.com. Potensi alam di kabupaten Grobogan sebenarnya masih banyak yang belum tereksplore jadi kemungkinan denpono akan menambah lagi daftar destinasi wisata terbaru di Grobogan. Apabila sobat suka dengan artikel ini jangan lupa komentar di bawah ya.. Terimakasih, Salam Lestari

0 Response to "13 Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Grobogan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel