Merakit Antena Microwave "Magang Hari Ke-2"



Denpono.com, Jadi artikel ini adalah bentuk lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Kerja Praktek Di PT. Selnet Optima Region Jawa Tengah "Hari Pertama". Pada hari kedua tepatnya tanggal 17 Juli 2018 kami masih mendapatkan materi dari Mas Adi dan ada sedikit prakteknya. Waktu itu kami masih mendapatkan materi berupa perangkat transmisi berupa ODU (Outdoor Unit) dan IDU (Indoor Unit) namun disertai dengan praktek perakitannya dengan breket dan bong.

Memasang Konektor Feeder
Pertama kami diajari untuk memasang konektor pada kabel feeder. Konektor ini diapasang agar kabel feeder dapat menghubungkan antara ODU dengan IDU.
Merakit ODU.





Pada tahap kami bertiga ditantang untuk merakit ODU dan menghubungkannya ke IDU dengan waktu 10 menit. Pada waktu itu kami berbagi tugas. Ada yang merangkai breket, membuat konektor kabel Feeder, dan merakit antena microwave.




Saat penyatuan ODU dengan Antena Microwave perlu diperhatikan polarisasinya, ujung ketemu ujung dan jangan sampai bersilang.




Kemudian rangkaian breket juga perlu diperhatikan posisi atas dan bawahnya. Hal ini perlu diperhatikan karena sewaktu nanti pada pekerjaan sebenarnya apabila terjadi kesalahan maka akan menyusahkan pekerja yang berada di atas tower.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video ini : Merangkai Antena Microwave "Kerja Praktek Hari ke-2"

Evaluasi
Nah selesailah kita merakit. Tibalah waktu evaluasi yang dilakukan oleh Mas Adi. Disini kami mendapatkan pelajaran bagaimana cara bekerja tim, bekerja dengan keterbatasan alat dan ketepatan waktu. Kemudian kami juga mendapatkan pelajaran dimana ketikan memasang antena microwave ke breket perlu diperhatikan baut pengaitnya harus seimbang antara kiri dan kanan, supaya ketika dibongkar baut tidak ngadat. Jika hal ini terjadi dalam dunia kerja di lapangan akan sangat menyusahkan para pekerja yang berada di atas.





Penutup
Itulah kegiatan Kerja Praktek Di PT. Selnet Optima hari kedua. Tulisan ini semata - mata untuk sharing pengalaman saja. Apabila ada kesalahan tolong dikritik pada kolom komentar di bawah ya.
Denpono pamit undur diri. Terimakasih..

Baca Juga : Kerja Praktek Di PT. Selnet Optima Region Jawa Tengah "Hari Pertama"

0 Response to "Merakit Antena Microwave "Magang Hari Ke-2""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel