Perlengkapan Wajib Untuk Pendaki Pemula

Denpono.com, Pendakian merupakan kegiatan olahraga yang terbilang ekstrim. Suatu kegiatan pendakian membutuhkan tenaga yang lebih besar dari biasanya, keringat yang mencucur lebih deras dari biasanya, tarikan nafas yang lebih panjang dari biasanya. Saat melakukan pendakian diperlukan persiapan fisik dan mental karena pada saat berkegiatan di alam bebas kita akan keluar dari zona nyaman. Persiapan yang wajib berupa olahraga minimal seminggu sebelum hari pendakian. Selain persiapan fisik diperlukan peralatan yang memadai agar pendakian bisa berjalan dengan aman dan selamat. Berikut beberapa perlekapan wajib untuk pendaki khususnya pemula :

MATRAS
Matras pada saat pendakian memiliki fungsi yang penting, dimana matras akan melindungi dari dinginnya tanah di gunung.


Matras dalam kegiatan pendakian fungsi utamanya adalah berfungsi sebagai alas. Terutama alas di dalam tenda. Dengan matras sobat tidak perlu khawatir bokong menjadi kedinginan. hehehe...


SLEEPING BAG
Selanjutnya adalah Sleeping Bag atau biasa disingkat SB. Merupakan kantung tidur yang mentuknya mirip kepompong.


Tidur di dalam sleeping bag akan membuat tubuh tetang hangat, sehingga mengurangi resiko terserang Hipotermia alias demam gunung. SB atau kantung tidur ini salah satu perlengkapan yang tidak boleh sampai ketinggalan. Kalau barang ini sampai tertinggal atau lupa maka siap - siap dinginnya gunung menusuk - nusuk tulangmu ya sob.


SANDAL ATAU SEPATU GUNUNG
Saat pendakian alas kaki juga perlu diperhatikan. Pakailah sandal atau sepatu gunung. Jenis sandal dan sepatu gunung didesain untuk melewati medan yang licin dan berbatu sehingga dengan memakai alas kaki khusus pendakian akan membuat perjalanan menjadi aman dan nyaman.




JAS HUJAN
Selanjutnya adalah Jas Hujan. Gunung memiliki cuaca yang sulit diprediksi, saat ini cerah tetapi 1 menit kemudian bisa terjadi berkabut, hujan dan bahkan badai. Oleh karena ini jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan sebagai salah satu perlengkapan wajib pendakian.


Dengan memakai jas hujan maka tubuh akan tetap kering dan suhu tubuh bisa tetap hangat. Selain itu juga bisa untuk mengamankan barang bawaan agar tetep kering.


JAKET
Menjaga tubuh agar tetap hangat adalah persoalan penting saat pendakian. Oleh karena itu seorang pendaki akan memakai jaket yang hangat.


Saat ini jaket gunung sangat bervariasi mulai dari yang murah sampai mahal ada. Tetapi soal harga itu selera kantong ya sob, yang terpenting jaket itu bisa membuat tubuh tetap hangat adalah paling utama.


TAMBAHAN
Untuk perlengkapan lainnya ada perlengkapan kelompok yaitu Tenda dan Cooking set. Kemudian untuk perlengkapan pribadi seperti sarung tangan, kaus kaki, obat pribadi, dan tisu bisa dipersiapkan sendiri sendiri. Oh ya, penggunaan tisu lebih baik pakai tisu biasa dan jangan pakai tisu basah karena tisu basah itu sintetis yang sangat sulit diurai oleh tanah. Tetapi bukan berarti pakai tisu biasa boleh dibuang sembarangan ya sob. Tetap utamakan kebersihan. Bawa turun sampahmu :D

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Salam lestari.


0 Response to "Perlengkapan Wajib Untuk Pendaki Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel