Hal Detail Yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Salah Membeli Perlengkapan Olahraga

Hal Detail Yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Salah Membeli Perlengkapan Olahraga

Membeli perlengkapan olahraga ada kalanya merupakan hal yang tidak mudah. Tidak mudah dalam artian, terkadang ada hal-hal detail yang sekilas sering luput dari perhatian. Namun ketika hal tersebut diabaikan, hasilnya bisa cukup merepotkan. Sedangkan hal detail ini, tidak semua orang mengerti baik karena hal itu tidak tercantum maupun tersurat atau karena hal tersebut tercantum dalam bentuk kode yang sulit dimengerti oleh orang awam.

Oleh karena itu, ada beberapa hal detail perlu diketahui sebelum membeli perlengkapan olahraga agar tidak salah membeli sehingga menjadi masalah di belakang.


  • UKURAN
Hal Detail Yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Salah Membeli Perlengkapan Olahraga

Berbeda dengan perlengkapan semisal pakaian dan sepatu, beberapa perlengkapan olahraga ada yang memiliki satuan ukuran yang sedikit rumit. Pada pakaian dan sepatu olahraga, seseorang dapat dengan mudah memperkirakan ukuran yang pas karena ukuran tersebut bisa diaplikasikan juga pada pakaian dan sepatu harian. Hal ini berbeda dengan perlengkapan dan peralatan olahraga. Seperti misalnya untuk bola basket. Mungkin orang awam mengira bahwa semua ukuran bola basket untuk dewasa itu pasti sama. Padahal, bola basket untuk dewasa memiliki ukuran yang berbeda antara bola basket untuk pria dengan bola basket untuk wanita. Sehingga mengetahui ukuran yang tepat untuk perlengkapan yang akan dibeli merupakan sesuatu yang perlu diketahui.

Baca Juga : Agar Tak Salah Beli, Ini Cara Sederhana untuk Mengukur Ukuran Sepatu

  • JENIS
Hal Detail Yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Salah Membeli Perlengkapan Olahraga

Jenis perlengkapan olahraga adalah hal yang lebih rumit daripada ukuran. Contohnya adalah senar pada raket badminton. Senar raket raket badminton terbagi menjadi beberapa jenis bahan dan ketebalan. Yang membuatnya rumit adalah, bahan dan ketebalan ini diinformasikan dalam bentuk kode. Tidak semua orang paham akan maksud dari kode-kode tersebut kecuali bagi mereka yang memiliki pengetahuan tentangnya atau yang bertanya pada ahlinya. Jika yang seperti ini dirasa belum cukup membingungkan, silakan dilanjutkan dengan memilih raket badminton. Raket badminton sangat bervariasi dari segi bahan, bentuk, kualitas dan lain-lain yang semuanya itu hanya diinformasikan dalam bentuk nama-nama asing saja.

Contoh lain adalah bet tenis meja. Bet tenis meja terdiri dari bagian kayu dan karet. Tidak semua jenis kayu bagus ketika digunakan sebagai bet. Begitu juga dengan karet pelapis bet. Jenis karet, kualitas karet, tekstur karet dan lain-lain akan bisa sangat mempengaruhi bagus tidaknya bet tenis meja ketika digunakan bermain.
  • HARGA
Hal Detail Yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Salah Membeli Perlengkapan Olahraga

Sudah merupakan rahasia umum di dunia olahraga bahwa harga juga bisa menjadi salah satu faktor penentu dari kualitas sebuah perlengkapan olahraga. Rata-rata orang tidak memberitahukan harga dari perlengkapan dan peralatan yang mereka beli. Hanya saja, sebagian orang bisa mengetahui sekilas estimasi harga dari barang tersebut hanya dari melihat atau mencobanya sebentar. Contohnya adalah raket badminton. Sebuah raket badminton bisa memiliki rentang harga yang bervariasi, mulai dari seratus ribu per satuannya hingga yang berharga jutaan rupiah. Harga ini belum termasuk senar raket yang juga bisa bervariasi plus beberapa aksesoris pendukung lainnya seperti grip handuk atau karet.

Beberapa jenis olahraga ada yang termasuk kategori “eksklusif” karena hanya bisa dimainkan oleh orang tertentu saja, seperti misalnya para eksekutif perusahaan atau pengusaha besar. Olahraga jenis ini bisa jadi sudah tidak memperdulikan lagi masalah harga, atau bahkan menjadikan harga dari perlengkapan olahraga yang mereka miliki sebagai bagian dari status sosial. Membeli perlengkapan dan peralatan yang harganya murah malah akan menjatuhkan status sosial seseorang di mata rekan-rekan di sekitarnya ketika sedang berkumpul. Sehingga tidak heran jika perlengkapan ini bisa menghabiskan biaya hingga puluhan hanya untuk membeli sebagian peralatan dasarnya saja. Walaupun belum tentu juga dalam satu atau beberapa bulan mereka akan menggunakan perlengkapan tersebut.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Harga Diskon Saat Berbelanja Online atau Offline

Terlepas dari hal-hal yang rumit dan mahal di atas, hari ini, membeli perlengkapan olahraga sudah lebih mudah dibandingkan dengan dahulu sejak adanya internet. Selain itu, dengan internet kita juga bisa mencari tahu terlebih dahulu informasi detail mengenai barang yang hendak dibeli. Diantara cara mudah membeli perlengkapan dan peralatan olahraga hari ini adalah dengan membeli di Bukalapak. Di Bukalapak kita bisa membeli berbagai macam perlengkapan dan peralatan olahraga dengan mudah dan menguntungkan.

0 Response to "Hal Detail Yang Perlu Diperhatikan Agar Tidak Salah Membeli Perlengkapan Olahraga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel