Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Memasang Widget ShareThis dan Reaction Buttons di Blogger

Widget Share adalah sekumpulan tombol atau ikon yang berfungsi untuk melakukan sharing. Biasanya Widget ini terpasang di bawah judul artikel blog atau di akhir artikel. Selain itu ada juga Reaction Buttons atau kumpulan emotikon reaksi yang digunakan untuk memberikan penilaian suatu artikel dengan emotikon.

Mungkin sebagian sobat blogger sudah tahu bagaimana cara memasang widget semacam ini. Namun tidak adalah salahnya pada artikel ini admin akan memberikan panduan Cara Memasang Widget Share This dan Reaction Buttons di Blogger.

Bagi sobat yang ingin memasang widget Share This dan Reaction Buttons bisa ikuti langkah berikut ini :

LANGKAH PERTAMA

Langkah pertama adalah buat akun ShareThis terlebih dahulu di https://www.sharethis.com atau https://platform.sharethis.com/sign-up

Maka akan tampil seperti ini.

Widget ShareThis dan Reaction Buttons di Blogger


Setelah itu klik GET STARTED - IT'S FREE, selanjutnya sobat ikuti saja instruksi selanjutnya. Biasanya nanti akan diminta untuk memverifikasi email. Jika sudah email terverifikasi silahkan masuk ke Property Setting.


VERIFIKASI BLOG

Setelah masuk Property Setting, klik tombol GET THE CODE

Cara Memasang Widget ShareThis dan Reaction Buttons di Blogger



Setelah itu Copy Code tersebut dan Paste ke template editor blog sobat sebelum kode </head>  atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;
Jika sudah klik Simpan




Apabila sobat pada tahap verifikasi ini mengalami error, sobat tambahkan amp; pada link js Share this yang sudah di copy-paste tadi. Contohnya seperti ini :

Semula
<script type='text/javascript' src='//platform-api.sharethis.com/js/sharethis.js#property=5aee32b17782d000113e1528&product=social-ab' async='async'></script>
Tambahkan kode amp; seperti di bawah ini
<script type='text/javascript' src='//platform-api.sharethis.com/js/sharethis.js#property=5aee32b17782d000113e1528&amp;product=social-ab' async='async'></script>

Kemudian jangan lupa untuk klik tombol Simpan. Selanjutnya sobat kembali ke dashboard ShareThis tadi dan Klik Tombol Verify. Maka akan ada tulisan All Systems go! We've verified sharethis.js in installed.

Nah jika sudah seperti itu maka semua fitur ShareThis dapat diaktifkan, yaitu Share Buttons dan Reaction Buttons

Baca Juga : Cara Membuat Icon Blog (Favicon) di Blogspot Secara Mudah


SHARE BUTTONS

Widget ShareThis memiliki 2 jenis Share Buttons, yaitu Sticky dan Inline share buttons. Untuk mengaktifkan fitur ini sobat tinggal klik menu Share Buttons, kemudian pilih jenis Sticky atau Inline.

Setelah itu pilih Channel Share Buttons mana saja yang ingin dipakai. Terakhir klik togle dari OFF menjadi ON. Tombol share akan langsung aktif secara otomatis.





REACTION BUTTONS

Sedangkan untuk Reaction Buttons sobat klik menu Reaction Button, setelah klik togle dari OFF menjadi ON.




Kemudian tambahkan kode Reaction Button kedalam Html Template setelah kode <data:post.body/> seperti di bawah ini

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class= 'sharethis-inline-reaction-buttons'/>
<div class= 'clear'/>
</b:if>
Terakhir Klik Simpan

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap Atau Daftar Isi Keren


Itulah perjelasan tentang Cara Memasang Widget ShareThis dan Reaction Buttons di Blogger. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya kepada sobat pembaca. Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih...
Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Widget ShareThis dan Reaction Buttons di Blogger"