Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Soal UAS Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika Universitas Semarang

Soal UAS Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika Universitas Semarang
Artikel ini berisi soal Ujian Akhir Semester Fakultas Teknik Universitas Semarang. Tujuan saya membuat dan membagikan soal ini adalah untuk memberikan bahan latihan bagi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang mengambil mata kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika.

SOAL 1

Kolam A yang lebar, yang muka artinya pada elevasi +140.00 dihubungkan ke kolam B dan C yang lebar, dengan elevasi muka airnya masing-masing pada Elevasi +120.00 dan +20.00 dengan 3 (tiga)  buah pipa, masing-masing adalah pipa 1, pipa 2, dan pipa 3 yang mempunyai titik temu di T.

Pipa 1 menghubungkan kolam A ke T, pipa 2 menghubungkan T ke kolam B dan pipa 3 menghubungkan T ke kolam C. Data ketiga pipa tersebut adalah sebagai berikut :
Pipa 1
  • Panjang : 5.500 m
  • Diameter : 0.80 m
  • Koef. gesekan : 0.024
Pipa 2
  • Panjang : 4.500 m
  • Diameter : 0.90 m
  • Koef. gesekan : 0.025
Pipa 3
  • Panjang : 6.500 m
  • Diameter : 0.80 m
  • Koef. gesekan : 0.024
Dari data tersebut diminta menentukan berapa kedudukan elevasi muka air di T apabila dipasang pipa vertikal di T (Kehilangan tenaga miror diabaikan)
SOAL 2
Pengaliran di sebuah saluran irigasi dengan penampang melintang trapesium, mempunyai lebar dasar 6 meter dengan debit pengaliran sebesar 14 meter kubik per detik. Kemiringan dasar saluran ini adalah 0.0005 dengan angka kekasaran Manning diperhitungkan pada harga 0.025 Kemiringan tebing saluran, perbandingan  V : H adalah 2 : 3
Diminta menentukan berapa ketinggian pengaliran yang terjadi di saluran irigasi tersebut.
Sebagai tambahan, akan berikan materi dari Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika.



Soal UAS Lainnya :

Itulah Soal UAS Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika Universitas Semarang, semoga artikel ini bermanfaat dan mambu memberikan tambahan referensi serta latihan soal seputar Mekanika Fluida dan Hidrolika. 
Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "Soal UAS Mata Kuliah Mekanika Fluida dan Hidrolika Universitas Semarang"