Daftar Logistik yang Biasa Dibawa Ketika Mendaki Gunung

Daftar Logistik yang Biasa Dibawa Ketika Mendaki Gunung

Daftar Logistik Ketika Mendaki Gunung - Mendaki gunung merupakan salah satu bentuk kegiatan olahraga ekstrim. Kegiatan pendakian biasanya meliputi trecking di hutan kemudian, melakukan camp (kemah) dan summit ke puncak gunung. Sebelum melakukan pendakian diperlukan persiapan yang matang seperti fisik yang kuat, mental, peralatan, perkiraan cuaca dan tak kalah penting yaitu  persiapan logistik.

Persiapan logistik sangat penting karena inilah yang nantinya menjadi sumber energi ketika kegiatan mendaki gunung. Peralatan yang komplit dan kondisi fisik yang kuat akan menjadi sia-sia apabila kebutuhan logistik tidak diperhatikan dengan baik.

Ketika mendaki gunung tubuh kita akan memerlukan energi yang lebih dari biasanya, jadi sangat penting bagi seorang yang akan melakukan pendakian membawa bekal logistik yang benar. Pada artikel ini saya akan sedikit berbagi informasi seputar logistik dalam pendakian berdasarkan pengalaman pribadi dan dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar Logistik yang Biasa Dibawa Ketika Mendaki Gunung

Berikut ini adalah daftar logistik yang biasa dibawa ketika kegiatan pendakian gunung :

  1. Beras atau nasi
  2. Roti
  3. Susu, teh, jahe
  4. Tempe
  5. Sosis
  6. Buah - buahan
  7. Madu atau gula jawa
  8. Cemilan
  9. Air


Sumber Karbohidrat

Ketika mendaki gunung, tubuh sangat butuh sekali energi yang banyak dan salah satu sumber energi adalah karbohidrat. Pada saat pendakian sumber karbohidrat bisa didapatkan dari logistik berupa nasi, atau roti. Saat mendaki akan lebih praktik kalau sumber karbohidrat bersumber dari roti dan saya anjurkan roti gandum. Namun bagi pendaki yang kurang terbiasa makan roti bisa membawa bekal nasi dari bawah atau memasak nasi sendiri. Tentu untuk memasak nasi di gunung harus memiliki keahlian khusus.

Minuman

Komponen terpenting pada logistik pendakian adalah air. Jadi pertimbangkan betul jumlah air yang dibawa dan jangan sampai kekurangan air karena itu akan sangat merepotkan. Pada saat pendakian, udara akan sangat dingin sehingga perlu penghangat badan berupa minuman. Minuman yang saya anjurkan seperti susu, teh atau wedang jahe. Bagi penikmat kopi silahkan minum kopi, tetapi harap diperhatikan bahwa kopi akan membuat tubuh mengeluarkan cairan berlebihan berupa kencing yang banyak. Jadi lebih baik jangan minum kopi saat pendakian.

Cemilan

Cemilan yang bisa dibawa saat pendakian sangatlah beragam seperti kacang dan kue kering atau bisa juga membuat cemilan sendiri yaitu menggoreng tempe dan sosis. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai saat pendakian perbandingan bekal logistik antara sumber karbohidrat dan cemilan lebih banyak cemilannya. Jadi bawalah cemilan secukupnya.


Itulah Daftar Logistik yang Biasa Dibawa Ketika Mendaki Gunung. Bawalah bekal logistik seperlunya jangan sampai berlebihan dan kekurangan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membawa turun sampahmu. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Daftar Logistik yang Biasa Dibawa Ketika Mendaki Gunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel