Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Windows 7 / 8 / 10 (100% Work)

Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Laptop atau Komputer PC pada Windows 7 / 8 dan 10 (100% Work)
Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Windows 7 / 8 dan 10 (100% Work) - Bagi pengguna komputer pc maupun laptop pasti sudah tahu lah ya kalau mau internetan pasti menggunakan Wifi atau Hotspot. Namun apa jadinya ketika kalian mau menggunakan wifi ternyata malah tidak bisa terhubung sama sekali. Penyebabnya bisa dari beberapa faktor, namun sering juga ditemui penyebab wifi tidak bisa terhubung ke internet di Windows 7, Windows 8 ataupun Windows 10.

Salah satu penyebab Wifi di Windows 7 tidak bisa dipakai karena Limited Access. Secara bahasa keadaan Wifi Limited Acces berarti jaringan wifi yang ada mengalami pembatasan akses atau akses terbatas. Penyebab Wifi Limited Access di Windows 7 / 8 dan 10 biasanya karena ip yang saling bertabrakan atau bisa juga karena nama SSID yang pernah terhubung namun sandi sudah berubah, segala macam faktor penyebabnya bisa terjadi.

Untuk mengatasi persoalan ini ada beberapa cara yang bisa dicoba. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan berbagi kepada kalian bagaimana cara mengatasi masalah Limited Access yang biasa terjadi pada Komputer Laptop dengan sistem operasi Windows 7. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah Wifi Limited Access di PC/Laptop Pada Semua Windows 7 / 8 dan 10

Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Laptop atau Komputer PC pada Windows 7 / 8 dan 10 (100% Work)


Cara 1 - Ganti IP Address
Car pertama yang bisa kalian coba adalah mengganti alamat IP. Limited Access bisa terjadi karena Ip Address yang saling bertabrakan dan untuk menggantinya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center
  2. Setelah itu pilih 'Connections' > Wireless Network Connection , pada bagian Wifi yang mengalami Limited Access
  3. Klik kiri pada Wifi yang mengalami Limited Access
  4. Kemudian pilih Properties
  5. Double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  6. Pilih Use the following IP address, lalu isi seperti berikut Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Windows 7 / 8 / 10 (100% Work)
  7. Lalu klik OK

Cara 2 - Reset IP Address
Selanjutnya untuk memperbaiki masalah Wifi Limited Access dapat dilakukan dengan cara reset ip address/alamat ip. Cara untuk reset ip dilakukan dengan bantuan CMD, untuk detailnya adalah sebagai berikut :
Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Windows 7 / 8 / 10 (100% Work)

  1. Buka CMD dengan cara , klik logo windows lalu cari "CMD" setelah itu klik kanan dan klik "Run as adminitrator"
  2. Kemudian ketik perintah ini : netsh int ip reset C:\resetlog.txt
  3. Lalu tekan "Enter"
  4. Jika sudah muncul Ok seperti pada gambar di atas maka reset alamat IP sudah berhasil
  5. Selesai, silahkan coba kembali wifi kalian

Cara 3 - Disable Bonjour Service
Bonjour service adalah sebuat software protokol keluaran dari Apple, biasanya software ini muncul ketika kalian menginstal sebuah software keluaran dari Apple. Selain itu Bonjour ini bisa juga menjadi penyebab masalah Wifi Limited Access pada komputer atau laptop windows. Cara untuk mematikan layanan bonjour adalah sebagai berikut :

Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Windows 7 / 8 / 10 (100% Work)

  1. Tekan kombinasi keyboard logo "Windows + R" atau klik Windows - cari folder Accessories - RUN
  2. Ketik perintah "services.msc" tanpa tanda petik pada kolom Run lalu "Enter" atau OK
  3. cari name "Bonjour Service"
  4. Jika sudah ketemu klik kanan dan klik "Stop" lalu set menjadi "Disable" kemudian klik OK
  5. Selesai, silahkan coba kembali hubungkan wifi

Cara 4 - Aktifkan FIPS pada Windows 8.1
Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah Wifi Limited Access pada Windows 8.1 adalah dengan mengaktifkan FIPS dan merupakan cara ampuh untuk mengatasi masalah error pada jaringan wifi. Caranya adalah :
  1. Pertama kalian kalian buka Control Panel => Network and Sharing Center => Pilih Wireless Network Connection dengan nama Wi-Fi yang ingin digunakan => Wireless Properties => Security => Advance Setting
  2. Setelah itu beri centang pada "Enable Federal Information Processing Standards (FIPS) compliance for this network"
  3. Selesai, silahkan coba kembali wifi yang bermasalah tadi

Cara 5 - Restart Router
Wifi yang ada di rumah kalian dipancarkan dari sebuah router, apabila wifi bermasalah dan perangkat komputer atau laptop kalian tidak ada masalah maka kemungkinan jaringan wifi dari router lah yang bermasalah. Kemudian untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan merestart Router, caranya adalah :
  1. Cabut adaptor power pada router
  2. Tunggu beberapa menit, baru kemudian hubungkan kembali adaptor powernya
  3. Tunggu beberapa saat sampai jaringan Wifi kembali normal
  4. Terakhir silahkan coba kembali wifi pada komputer windows kalian

Cara 6 - Restart Komputer atau Laptop
Apabila kalian sudah merestart router namun tetap wifi masih limited access maka kalian perlu mencoba  untuk restart komputer. Melakukan restart pada komputer dapat menyegarkan program-program yang berjalan error menjadi normal kembali, sehingga diharapkan masalah wifi limited access pada komputer windows juga bisa teratasi.


Cara 7 - Lakukan Update Driver Wireless
Wifi yang ada pada komputer bekerja dengan bantuan sebuah driver wireless, sehingga apabila tidak ada driver maka komputer tidak bisa menerima sinyal Wifi. Begitu juga apabila Driver sudah out of date alias kadaluwarsa, driver yang sudah kadaluwarsa akan menimbulkan masalah sehingga kalian perlu mengupdatenya. Cara untuk update driver wireless sebenarnya ada beragam cara, namun saya sendiri terbiasa melakukan update dengan mencari driver di google dengan kata kunci contoh "Driver wireless Lenovo G40-45"

Kemudian cari situs yang terpercaya, biasanya setiap brand menyediakan driver sehingga kalian klik alamat situs sesuai dengan nama brand komputer atau laptop kalian. Setelah driver terdownload kalian tinggal lakukan instalasi seperti pada umumnya. Terakhir restart komputer dan coba hubungkan kembali Wifi pada komputer windows kalian.


Cara 8 - Restart Services
Keuntungan dari melakukan restart ulang adalah semua service yang direstart akan kembali normal seperti sediakala, sehingga diharapkan akan membantu memecahkan masalah. Pada kasus Wifi Limited Access pada komputer Windows 7 / 8 / 10 jenis service yang perlu dilakukan restart adalah sebagai berikut :
  1. Pertama tekan kombinasi keyboard "Logo windows + R"
  2. Setelah muncul pop up RUN, kalian ketik perintah "services.msc" tanpa tanda petik, lalu OK atau Enter
  3. Cari service bernama : DHCP client, DNS Client, dan Wlan AutoConfig
  4. Lakukan restart pada setiap service tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih "Restart"
  5. Lakukan pada semua service yang sebutkan di atas, jika sudah semua kalian restart komputer agar semua bekerja dengan optimal
  6. Selesai, silahkan coba kembali Wifi kalian


Itulah 8 Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Windows 7 / 8 / 10 (100% Work). Semua cara yang saya sebut dan jelaskan diatas dirangkum dari berbagai sumber sehingga kalian hanya perlu mencobanya satu per satu sampai masalah teratasi. Namun apabila dari semua cara di atas tidak bekerja di komputer kalian saya sarankan untuk membawa ke tempat service komputer agar dilakukan cek lebih lanjut. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

0 Response to "Cara Mengatasi Limited Access Wifi di Windows 7 / 8 / 10 (100% Work)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel