40 Contoh Pengamalan Sila ke 2 Pancasila (Lengkap)

40 Contoh Pengamalan Sila ke 2 Pancasila (Lengkap)
Contoh Pengamalan Sila ke 2 (kedua) Pancasila - Pancasila merupakan dasar negara dan juga pedoman hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu nilai-nilai yang terkandung di dalamnya memiliki  makna luhur, serta sangat baik jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sila kedua yang berbunyi "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" bermaksud menjadikan Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia dalam menjamin mutu kemanusianan. Kemanusaiaan yang Adil dan Beradab, maksudnya adalah negara Indonesia memberikan penghargaan penuh terhadap nilai-nilai kemanusiaan seperti Hak, Harga diri, Kehidupan, Kehidupan layak di masyarakat dan nilai kemanusiaan lainnya. Oleh karena itu pada artikel ini Denpono.com akan memberikan contoh pengalaman dan sikap terhadap Pancasila sila ke-2, yaitu sebagai berikut:

Sila Ke-2 Pancasila

Pada sila kedua Pancasila ada 2 sisi yang harus ketahui yaitu Kemanusiaan dan Keadilan. Kedua sisi tersebut saling berkaitan seperti sisi keadilan dan keadaban tidak akan pernah terwujud atau ada tanpa adanya sisi kemanusiaan.

Berikut adalah contoh sikap dan pengamalan Pancasila sila ke-2 yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menghormati Hak Orang Lain

Manusia terlahir di dunia dengan hak masing-masing atau melekat pada diri kita. Tetapi kita tidak boleh hanya memenuhi hak atas diri kita sendiri tanpa memikirkan hak orang lain. Contoh sederhananya adalah ketika kita sedang mendengarkan musik untuk memenuhi hasrat diri sendiri, namun kita juga harus memperhatikan hak orang lain bahwa mereka juga butuh ketenangan. Oleh sebab itu hendaknya kita mengecilkan volume suara musik yang kita dengarkan agar tidak mengganggu hak orang lain.

2. Bertindak Adil Tanpa Pandang Ras Suku dan Agama

Maksud bertindak adil sebagaimana yang disebutkan dalam Pancasila sila ke-2 adalah dalam menyelesaikan suatu perkara atau masalah harus adil. Adil disini kaitannya dengan tindakan moral bukan ekonomi.

Contohnya ketika terjadi suatu perselisihan hendaknya tidak merendahkan atau membeda-bedakan seseorang karena ras, suku atau agamanya. Karena yang demikian merupakan suatu hal yang sensitif dan bisa memecah belah kesatuan serta kesatuan.

3. Menjunjung Tinggi Sikap Sopan Santun Kepada Siapapun

Didalam kehidupan bermasyarakat dan dalam situasi apapun hendaknya mendahulukan adab dan sopan santun. Jangan suka melakukan caci maki kepada seseorang terlebih kepada seseorang yang tidak kita kenal dan orang tua.

Contoh sederhananya adalah ketika sedang berbicara kepada orang yang lebih tua atau orang yang dituakan, atau juga orang yang lebih senior hendaknya bersikap sopan dan santun dengan cara mendengarkan ketika berbicara dan tidak menyela perkataannya.

Sikap seperti ini penting sekali dilakukan sedari dini agar bisa menghormati siapapun, seperti pepatah "Barang siapa yang menanam maka akan mengunduh" barang siapa beradab baik dan sopan santun kepada orang lain maka dia juga akan dihormati orang lain.

4. Menghargai Pendapat Orang Lain

Setiap orang pasti ingin setiap pendapatnya dihargai orang, akan tetapi untuk bisa dihargai orang lain tentunya kita juga harus menghargai pendapat orang lain terlepas dari perbedaan di dalamnya. Misalnya dalam suatu musyawarah untuk mencari jalan keluar tentunya akan ada banyak sekali pendapat yang diutarakan. Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan juga bentuk pengamalan sila kedua Pancasila kita harus adil dalam mendengarkan setiap pendapat orang lain.

Terlebih lagi di Indonesia menganut Demokrasi dimana setiap individu bebas dan berhak untuk menyampaikan pendapatnya.

5. Berempati Kepada Orang Lain yang Sedang Mengalami Musibah

Sebagai manusia yang terlahir dengan dengan hati nurani maka sudah semestinya kita bisa memposisikan diri ketika orang disekitar kita sedang mengalami kesusahan atau musibah. Caranya dengan bersikap tak acuh serta ikut merasakan dan membantunya semampu diri kita. Hal seperti ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk pengamalan dari sila ke-2 Pancasila dan juga sekaligus mengangkat derajat manusia sebagai manusia yang memiliki rasa empati.

Mirisnya sekarang ini rasa empati sudah mulai pudar di kalangan masyarakat baik itu golongan tua dan muda. Contohnya ketika beberapa waktu lalu tokoh bangsa Bj. Habibie meninggal, setelah dimakamkan banyak orang yang mengunjunginya. Bukan untuk mendoakan tetapi banyak diantaranya malah asik berselfie atau foto-foto. Hal demikian merupakan salah satu sikap yang tidak beradab dan tidak memiliki rasa empati.

35 Sikap dan Pengamalan Sila ke-2 Pancasila Lainnya

Berikut ini adalah beberapa contoh pengamalan Pancasila khususnya sila kedua yang bisa dilakukan di kehidupan sehari-hari. 
  1. Membantu tetangga yang mengalami musibah
  2. Membantu korban bencana alam
  3. Ikut serta dalam kegiatan kemanusiaan
  4. Memberikan santunan kepada fakir miskin
  5. Tidak menyakiti orang lain berupa fisik maupun sikap
  6. Mengunjungi teman, kerabat, saudara atau tetangga yang sakit
  7. Jangan menyinggung perasaan orang lain.
  8. Bersimpati kepada orang yang mengalami kemalangan
  9. Menghormati hak-hak orang lain
  10. Membela kebenaran dengan cara membela orang yang tidak bersalah
  11. Turut menjaga perdamaian dunia
  12. Menghormati kemerdekaan bangsa lain
  13. Menjalin kerja sama dengan orang lain
  14. Bekerja sama antara negara lain
  15. Tidak merampas hak orang lain
  16. Tidak menindas seseorang
  17. Memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan
  18. Tidak menjarah barang milik orang lain ketika terkena musibah
  19. Tidak mencuri
  20. Tidak menjajah bangsa lain
  21. Tidak melakukan perundungan (bully) kepada seseorang
  22. Menjaga sopan santun dalam komentar di facebook
  23. Menghormati orang tua
  24. Membantu lansia ketika akan menyebrang jalan
  25. Tidak mengolok-olong seseorang
  26. Tidak menghina orang disabilitas (baca: cacat)
  27. Mempersilahkan duduk ibu hamil ketika di kereta atau bus
  28. Mendahulukan penyandang disabilitas ketika antre
  29. Menghormati orang tua dan guru
  30. Tidak berbuat kasar kepada anak kecil
  31. Tidak melakukan pelecehan kepada perempuan
  32. Tidak membedakan derajat orang lain
  33. Bertanggung jawab atas segala yang dilakukan
  34. Bersikap sopan kepada siapapun terutama ketika ditempat umum
  35. Memberikan sumbangan kepada anak yatim

Jadi itulah 40 Contoh sikap dan pengamalan Pancasila sila kedua (ke-2) secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa.

Lihat artikel lainnya :

0 Response to "40 Contoh Pengamalan Sila ke 2 Pancasila (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel