Cara Memanfaatkan Sosial Media Dengan Baik dan Bijak

Cara Memanfaatkan Sosial Media Dengan Baik dan Bijak

Pada era saat ini perkembangan teknologi sangat berkembang pesat, terutama media sosial (medsos) seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan masih banyak lainnya.

Karena bebasnya laju informasi di internet mengakibatkan mudahnya informasi yang bisa di dapat dari sosial media baik itu positif maupun negatif. Sebagai warganet kita harus bisa memaanfaatkan sosial media dengan baik dan bijak.

Mungkin sebagian besar warganet saat ini sudah paham dengan etika bersosial media yang baik dan benar. Tetapi pada artikel ini Admin denpono blog akan memberikan beberapa cara memanfaatkan sosial media dengan bijak.

Manfaat Sosial Media Secara Umum

Sesusai namanya Sosial media merupakan media untuk melakukan kegiatan sosial. Media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya secara umum berfungsi untuk saling menghubungkan teman melalui internet.

Keberadaan sosial media bisa digunakan untuk menghubungi keluarga, teman, atau rekan kerja tanpa terhalang ruang dan waktu. Berkomunikasi di sosial media sangat praktis karena antar pengguna hanya memerlukan perangkat smartphone atau komputer dan internet maka bisa langsung terhubung dengan teman di belahan bumi manapun.

Keuntungan sosial media lainya adalah merupakan media untuk berkomunikasi yang murah bila dibandingkan dengan telepon atau sms


Manfaat Sosial Bagi Media Pelajar

Sebagai seorang pelajar maka tugas utamanya adalah belajar. Dalam proses belajar maka sesorang memerlukan media untuk belajar seperti buku dan tentunya sosial media.

Beberapa manfaat media sosial untuk pelajar adalah sebagai berikut :

  • Menciptakan Komunitas
Para pelajar ditantang untuk mampu menyesuaikan dan mengusai materi dalam suatu pelajaran. Maka diperlukan suatu grup atau komunitas agar para pelajar bisa saling bertukar argumen dan infomasi.

Dengan dibuatnya suatu komunitas belajar di sosial media maka para pelajar ini akan lebih efisien dalam belajar kelompok.

Tak hanya itu, dengan memanfaatkan media sosial untuk kelompok belajar maka para pelajar dari seluruh penjuru dunia dapat menjadi satu grup yang sama. Dengan demikian arus informasi lebih luas dan berboot. Para pelajar akan memiliki wawasan yang lebih luas.


  • Grup Bimbingan Guru
Selain menjadi kelompok belajar, sosial media juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara guru dan muridnya. Seperti apabila ada materi tambahan maka bisa langsung dibagikan langsung ke grup tersebut.

Kemudian mampu mempererat hubungan silaturahmi antara guru dan muridnya. Dengan begitu diharapkan akan menjadikan proses belajar dan mengajar lebih nyaman.

Baca Juga : Aplikasi Android untuk Pelajar, Salah Satunya Bisa Hemat Uang jajan


Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis

Bagi seorang pengusaha atau pembisnis, keberadaan sosial media sangat penting. Dengan media sosial seorang pelaku usaha dapat memanfaatkannya sebagai sarana usaha, antara lain sebagai berikut :
  1. Cara yang mudah untuk mengetahui lebih banyak mengenai pelanggan.
  2. Membantu pencarian target konsumen lebih efektif.
  3. Memperluas target pasar.
  4. Memudahkan pelanggan memberikan feedback kepada pelaku usaha.
  5. Mempermudah komunikasi antara pelaku usaha dengan komsumennya.
  6. Lebih modern karena promosi dengan sosial media merupakan cara yang kekinian.
  7. Lebih cepat dan mudah untuk memberikan informasi ke konsumen.
  8. Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi dengan biaya yang murah.




Manfaat Media Sosial Pendidikan

Pada dunia pendidikan, media sosial juga merupakan sarana yang sangat penting saat ini. Dimana jaman sekarang banyak para pelajar dan remaja yang tidak bijak dalam bermedia sosial. Untuk itu Media sosial pendidikan berperan penting, paling tidak memberikan informasi-informasi yang edukatif.

Dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram sebuah lembaga pendidikan atau komunitas-komunitas pendidikan dapat berbagi konten yang mendidik, berbagi wawasan seputar pendidikan.

Dengan demikian diharapkan media sosial dapat dimanfaatkan lebih baik dan bijak.


Manfaat Sosial Media Bagi Remaja

Kaum muda atau remaja masa kini tidak bisa dipisahkan dengan namanya media sosial media. Namun banyak sekali para remaja ini salah dalam menggunakan atau tidak bijak.

Seharusnya media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk berekspresi, membagikan hal positif lainnya. Membagikan karya-karya di Instagram atau Youtube merupakan beberapa cara positif yang perlu remaja / anak muda saat ini lakukan.


Itulah pembahasan berkaitan dengan memanfaatkan sosial media dengan baik dan bijak. Kesimpulan yang bisa diambil adalah perkembangan internet yang sangat pesat ini mari manfaatkan semaksimal mungkin. seperti untuk sarana silaturahmi, belajar, dan berekspresi.

Apabilan sobat ada pertanyaan seputar pembahasan ini silahkan berkomentar dengan bijak dibawah. Sekian Terimakasih ...

0 Response to "Cara Memanfaatkan Sosial Media Dengan Baik dan Bijak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel