Tips Hidup Hemat ala Anak Kos

Tips Hidup Hemat ala Anak Kos

Hidup ngekos adalah resiko yang harus dijalani jika menjadi seorang mahasiswa dan berada jauh dari kampung halaman. Gaya hidup harus benar-benar diatur dengan baik apalagi jika kita sebagai mahasiswa belum mempunyai penghasilan sendiri diluar jatah dari orang tua. Hidup menjadi seorang mahasiswa yang tinggal di Kos-kosan haruslah hemat, paling tidak mampu bertahan hidup selama 1 bulan.

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi mengenai kehidupan menjadi seorang mahasiswa yang ngekos. Baik itu gaya hidup, tips hemat dan cara mengatur keuangan dengan bijak. Artikel tentang "Tips Hidup Hemat ala Anak Kos" yang saya buat ini semata-mata agar orang awam mengetahui kehidupan kita, anak kos.

Tips Hidup Hemat ala Anak Kos

**

MENABUNG

Menabung adalah  satu dari sekian banyak cara untuk mengamankan uang kita. Walaupun dengan menabung tidak membuat kita kaya, tetapi ada pepatah mengatakan "Sedikit lama-lama jadi bukit". Pepatah itu benar adanya, dengan kita menabung nantinya kita akan memiliki sejumlah uang dan bisa kita manfaatkan untuk hal lain.

Sebagai mahasiswa yang ngekos, menabung adalah cara yang baik untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit yang kemudian pada akhir atau awal bulan bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan Kos.

Selain itu jika kita memiliki jiwa wirausaha, bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Saat ini pun banyak pilihan usaha kecil-kecilan yang cocok untuk seorang mahasiswa. Contohnya sudah pernah saya bahas pada artikel Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal.


MEMBUAT DANA TAK TERDUGA

Jika kita tadi membahas mengenai tabung menabung, pada poin ini lebih kurang akan menindak lanjuti dari kegiatan menabung tadi. Dana Tak Terduga, seperti itulah saya menyebutnya. Dana Tak Terduga ini hampir sama dengan tabungan, bedanya nominal uang nya rata-rata tak berubah alias statis.

Sebagai ilustrasi, saat ini saya memiliki sejumlah uang di tabungan, yaitu 1 juta. Saya berkomitmen untuk tidak memakai uang tersebut kecuali ada suatu hal yang darurat. Dengan demikian saya memiliki uang sebagai jaminan. Uang tersebut saya kelola dan atur sendiri besaran nominalnya.

Besar nilai dana darurat bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan masing-masing, dimana jika belum bekerja atau belum ada pemasukan pendapatan sendiri jumlah Data Tak Terduga bisa disesuaikan atau tidak membuat juga tidak masalah. Asal sudah melakukan kegiatan menabung tadi.


BEDAKAN ANTARA KEINGINAN DAN KEBUTUHAN

Siapa sih yang gak ingin beli ini beli itu, dimana saat ini era semakin maju. Kepingin beli baju, peralatan elektronik dan lain sebagainya bisa dengan mudah dilakukan di smartphone. Hal ini bisa sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup.. hehe

Serius ! Bayangkan kalau kita sudah kalap, sulit membedakan mana yang kebutuhan mana yang hanya sekedar keinginan saja. Jadi kita harus benar-benar memperhatikan agar membeli suatu barang sesuai kebutuhan. Jangan sampai membeli barang tetapi dari segi fungsi jarang dipakai atau bahkan tidak berguna. Selain boros itu juga membuat keuangan kita menjadi kacau.

Solusinya agar kita tidak salah dalam membeli keperluan, buat dahulu rincian daftar barang yang harus kita beli baik itu kebutuhan konsumsi, alat mandi dan lain sebagainya. Nah dengan begitu kita bisa terhindar dari membeli barang yang tidak berguna. Tips tambahan, belilah barang ketika ada diskon.

Baca Juga : Tips Berbelanja Murah dan Banyak Diskon di Alfamart


GAYA HIDUP SEDERHANA

Dari poin sebelumnya erat kaitannya dengan gaya hidup sederhana, jadi ketika kita sudah bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang hanya keinginan akan menjadikan kita menjadi sederhana. Gaya hidup sederhana ala mahasiswa sangat penting, dimana dengan hidup sederhana kita akan lebih menghargai uang. Hemat uang bukan berarti pelit atau apalah istilahnya itu.

Kita harus sadar diri, bahwa kita kuliah sama saja dengan membawa amanah dari kedua orang tua kita. Kedua orang tua kita rela anaknya tinggal sendiri di kota demi cita-citanya, rela membiayainya. Kita sebagai anak juga harus balas budi, salah satu caranya ya dengan hidup sederhana. Agar kedua orang tua kita tidak tambah terbebani oleh kita.

**

Baik, empat poin di atas cukup ya untuk artikel "Tips Hidup Hemat ala Anak Kos". Jadi kesimpulannya adalah Menabung, Dana Darurat, Bedakan Kebutuhan & Keinginan, dan terakhir Hidup Sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat, kurang lebihnya bisa ditanyakan pada kolom komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel