Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Mudah Isi Ulang Gas Kaleng dengan Peralatan Sederhana

Cara Mudah Isi Ulang Gas Kaleng dengan Peralatan Sederhana


Denpono.com - Gas Kaleng merupakan gas Lpg dalam bentuk kaleng. Tipe gas seperti ini sering dan biasa digunakan dalam kegiatan outdoor seperti pendakian maupun camping. Namun tak tak jarang banyak anak kos yang menggunakannya untuk kegiatan memasak, misalnya masak mie atau sekedar membuat kopi dan untuk menggunakannya haruslah dengan kompor khusus gas kaleng/adaptor.

Gas kaleng yang umum dan mudah ditemui dipasaran adalah merk Gas Wonder dan  Gas Hi Cook. Gas jenis ini dapat dengan mudah didapatkan di gerai Indomaret maupun Alfamart dengan harga berkisar antara Rp 16.000 sampai dengan Rp 20.000. Sepanjang yang saya ketahui harga di tiap Indomaret berbeda-beda. Selain itu menurut saya harga segitu lumayan mahal untuk gas lpg kaleng dengan berat 220 gram saja dan untuk menyiasatinya kita bisa melakukan isi ulang gas kaleng sendiri atau refill.

Isi ulang gas kaleng memang menjadi solusi ampuh untuk menghemat apalagi bagi kalian yang hobi mendaki gunung. Tetapi apakah aman? terlepas dari aman atau tidaknya itu tergantung dari prosedur dalam melakukan isi ulang. Cara melakukan isi ulang gas kaleng paling aman yaitu dengan menggunakan regulator khusus, namun harga dari alat tersebut tidaklah murah berkisar antara 300 sampai 400an ribu. Nah pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman mengisi ulang gas kaleng hi cook / wonder dengan peralatan sederhana.

ALAT DAN BAHAN

Peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk mengisi ulang gas kaleng adalah sebagai berikut :
  • Korek gas bekas.
  • Kaleng gas kosong.
  • Gas LPG 3kg

PROSEDUR ISI ULANG

Sebelum memulai harap perhatikan prosedur di bawah ini agar proses isi ulang gas kaleng berjalan dengan aman dan lancar.
  • Lakukan pengisian ulang gas kaleng pada daerah yang terbuka atau berventilasi.
  • Jauhkan dari percikan api.
  • Jangan merokok.
  • Dinginkan terlebih dahulu kaleng gas kedalam freezer atau rendaman es agar tekanan di dalam kaleng menjadi rendah.

CARA ISI ULANG GAS KALENG

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam proses pengisian gas kaleng. Perhatikan betul setiap langkahnya agar proses pengisian berjalan dengan lancar dan aman.
  • Langkah pertama
Terlebih dahulu korek api gas bekas yang sudah dipersiapkan dibongkar dan diambil 1 bagian saja. Bagian ini nantinya sebagai adaptor atau penghubung antara tabung gas kaleng dengang tabung gas Lpg 3kg. Agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Mudah Isi Ulang Gas Kaleng dengan Peralatan Sederhana
Doc. Youtube Koh Lee
Cara Mudah Isi Ulang Gas Kaleng dengan Peralatan Sederhana
Doc. Priabdi
  • Langkah kedua
Jika kaleng dan adaptor dari korek api gas bekas sudah selesai dibuat maka langkah kedua adalah mendinginkan kaleng gas. Pendinginan bisa dengan freezer atau direndam dengan menggunakan air es kurang lebih selama 10 menit. Tujuan dari pendinginan ini supaya suhu dan tekanan yang ada di dalam kaleng sama dengan gas yang ada di dalam tabung gas Lpg 3kg. Sehingga dengan begitu proses pengisian atau transfer gas dari tabung ke kaleng bisa berjalan dengan lancar.

  • Langkah ketiga
Jika kaleng sudah didinginkan maka sudah siap untuk diisi ulang. Caranya adalah siapkan tabung gas Lpg kemudian balik posisi tabung sehingga kepala tabung berada dibawah. Tujuannya agar cairan gas Lpg mudah keluar. Selanjutnya yang perlu dilakukan hanyalah mendorong kepala kaleng ke tabung dengan posisi tegak lurus. Dorong dengan tenaga sedang atau gunakan perasaan untuk mengira-ngira kaleng sudah berada di posisi stabil.
Cara Mudah Isi Ulang Gas Kaleng dengan Peralatan Sederhana
Doc. Youtube Koh Lee

VIDEO TURORIAL ISI ULANG GAS KALENG (REFILL)



Baca Juga :

Itulah Cara mudah dan sederhana isi ulang gas kaleng hi-cook / wonder. Agar proses isi ulang ulang berjalan lancar dan aman harap prosedur yang saya sebutkan di atas diperhatikan betul-betul. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

(Kata kunci : gas kaleng, gas kalengan, harga gas kaleng di indomaret, adaptor gas kaleng, hi cook, wonder, refill)
Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..