Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Inilah Lafal Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab, Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Inilah Lafal Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Denpono.com - Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam sistem penanggalan hijriyah yang merupakan sistem penanggalan untuk seluruh umat Islam di dunia. Bagi umat Islam, bulan Rajab merupakan bulan yang sangat mulia selain bulan Ramadhan.

Pada tahun 2019, 1 Rajab 1440 H jatuh pada hari jum'at tanggal 8 Maret 2019. Pada bulan Rajab kita dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah mengingat keutamaan yang terkandung di dalamnya. Tetapi kita juga dianjurkan untuk membaca atau melafalkan niat puasa rajab.


Sebelum melaksanakan ibadah puasa Rajab, hendaknya melafalkan niat pada malam harinya seperti berikut ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى


Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.


Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Namun apabila kita tidak sempat melafalkan niat pada malam hari. Kita bisa melafalkan pada siang hari seketika itu juga. Kewajiban melafalkan niat puasa pada malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib. Sedangkan untuk puasa sunnah, sepanjang belum makan atau minum boleh melafalkan niat pada siang harinya.

Berikut lafal niat puasa Rajab di siang hari.


نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى


Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”


Itulah niat berpuasa Rajab dalam bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya. Puasa Rajab dianjurkan sebagaimana dianjurkannya berpuasa pada bulan-bulan agung lainnya menurut agama Islam. Artikel ini diambil dari referensi laman nu.or.id. Apabila ada kekeliruan perihal penulisan dan lainnya mohon dikoreksi. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..