Cara Mudah Mengatasi Masalah Pengunduhan Gagal di Whatsapp (WA)

Cara Mudah Mengatasi Masalah Pengunduhan Gagal di Whatsapp
Cara Mudah Mengatasi Masalah Pengunduhan Gagal di Whatsapp – Belakangan ini aplikasi pesan singkat Whatsapp sering mengalami masalah, yaitu Pengunduhan Gagal pada story dan kiriman pesan gambar. Kejadian seperti ini tentu sangat menyusahkan bahkan bisa berakibat merugikan jika Whatsapp digunakan untuk kegiatan bisnis ataupun usaha. 

Namun ketika kalian mengirim gambar ke teman WA kalian atau membuat story akan tampak biasa-biasanya saja seperti tidak ada masalah apapun. Namun apabila kalian hendak melihat atau mendownload maka akan tampil pesan seperti ini “Pengunduhan Gagal. Tidak dapat mengunduh. Silahkan minta untuk dikirim ulang.”

Penyebab masalah Pengunduhan Gagal di Whatsapp dapat disebabkan karena beberapa hal,antara lain.

  • Server sedang down (Whatsapp down)
  • Jam dan tanggal ponsel tidak sesuai
  • Jaringan bermasalah
  • Aplikasi bermasalah atau perlu update
  • Kondisi ponsel yang bermasalah

Bagaimana cara mengatasi Pengunduhan Gagal di WhatsApp?
Saat ini saya sudah merangkum dari berbagai sumber untuk menyelesaikan persoalan ini. Untuk itu silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Gunakan Jaringan 4G atau Hotspot Wifi
Jika kaitan masalahnya karena jaringan maka kalian harus memperhatikan betul kualitas jaringan ponsel. Pastikan kalian menggunakan jaringan yang stabil dengan kecepatan bagus seperti jaringan 4G dan Wifi. Dengan jaringan stabil maka diharapkan masalah “Pengunduhan Gagal. Tidak dapat mengunduh. Silahkan minta untuk dikirim ulang.” tidak akan terjadi.

2. Update Aplikasi Whatsapp
Apabila kalian menggunakan Whatsapp dalam waktu yang lumayan lama sampai lupa untuk melakukan update atau pembaruan maka ini bisa juga menjadi penyebab masalah Whatsapp. Untuk itu kalian coba untuk update aplikasi WA kalian di Google Play Store, setelah itu coba deh buka kembali Whatsapp kalian apakah masih bermasalah atau tidak. Untuk memastikannya bisa dengan mencoba membuat status atau story foto atau video dan juga unduh/download file video ataupun gambar yang sebelumnya tidak bisa di unduh. Biasanya sih setelah update aplikasi akan kembali normal.

3. Memori Internal atau Eksternal Penuh
Gambar dan video yang dikirim melalui Whatsapp kan memiliki ukuran tertentu entah itu 1 MB 2 MB bahkan lebih. Nah apabila memori perangkat kalian sudah penuh atau hampir penuh maka wajar jika kalian mengalami masalah pengunduhan di Whatsapp. Solusinya adalah menghapus beberapa file foto dan video yang tidak berguna. Selain itu juga bisa uninstall beberapa aplikasi yang dirasa jarang digunakan dan tidak berguna.

4. Waktu yang Tidak Sesuai
Tahukah kalian bahwa aplikasi Whatsapp tidak bisa bekerja apabila waktu di ponsel kamu tidak sesuai dengan waktu sebenarnya. Contohnya saat ini tanggal 4 Juli 2019, nah di ponsel kalian malah 4 Juli 2018. Perbedaan waktu inilah yang menyebabkan masalah. Saran saya agar kejadian ini tidak terjadi kalian bisa mengubah format atau pengaturan tanggal dan waktu menjadi otomatis (Automatic).

6. Restart Ponsel
Solusi terakhir apabila dari kelima cara yang sudah saya jelaskan tidak menyelesaikan masalah adalah dengan merestart atau memuat ulang ponsel kalian. Siapa sangka ternyata Ponsel lah yang bermasalah dan perlu di restart agar sistem kembali berjalan dengan normal.

Baca Juga :



NOTE ! Error yang terjadi di aplikasi Whatsapp seperti pengunduhan gagal dan lain sebagainya selain dari beberapa sebab yang sudah saya jelaskan di atas. Bisa juga akibat dari Server Whatsapp yang sedang down. Jika sudah down maka kita sebagai pengguna tidak bisa berbuat banyak, solusinya ya tinggal menunggu saja sampai Whatsapp normal kembali untuk digunakan.

Nah itulah Cara Mudah Mengatasi Masalah Pengunduhan Gagal di Whatsapp (WA). Semoga artikel yang saya bahas ini memberikan tambahan wawasan dan informasi bermanfaat untuk kalian semua. Jika ingin mendapatkan update artikel seputar dunia teknologi, game dan tips trik ikuti terus Denpono.com, sampai jumpa.

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Masalah Pengunduhan Gagal di Whatsapp (WA)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel