Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Link WhatsApp untuk Mengirim Chat Langsung

Cara Membuat Link WhatsApp untuk Mengirim Chat Langsung

Bagaimana cara membuat link whatsapp? Supaya bisa mengirim pesan chat secara langsung tanpa harus simpan nomor kontak terlebih dahulu. Serta cara menuatnya di Bitly dan memasangya di sosial media bio instagram, facebook, twitter atau membuat link Wa di Linktree. Semuanya akan Denpono bahas secara ringkas dan sederhana agar mudah dipahami.

Seperti biasa ketika akan mengirim pesan di whatsapp (WA) pengguna harus menyimpan nomor kontak terlebih dahulu. Nah jika ingin agar orang lain dapat melakukan chat wa secara langsung tanpa harus simpan kontaknya terlebih dahulu maka harus membuat link chat whatsapp terlebih dahulu.

Cara seperti ini sangat cocok dipakai jika kalian melakukan promosi atau sedang julanan. Sehingga calon pembeli bisa langsung mengirim pesan chat wa hanya dengan klik link whatsapp yang sudah dibuat. Bagaimana cara membuatnya? Silahkan simak penjelasan di bawah.

Cara Membuat Link WhatsApp Menuju Chat Langsung

Untuk diketahui membuat link whatsapp ada 2 jenis, yaitu hanya menyertakan nomor tujuan dan disertai dengan teks tulisan.

Link WA Hanya dengan Nomor dapat dibuat dengan format : wa.me/Nomor  Tujuan (angka 0 diganti dengan 62). Contohnya wa.me/6285225287646.

Sedangkan jika disertai dengan teks atau tulisan memiliki format yang berbeda. Misalnya kalian akan membuat link whatsapp bertuliskan “Halo Admin, saya mau pesan jasa content placement” dan dikirim ke nomor 085225287646. Maka format link wa akan menjadi seperti ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285225287646&text=HaloAdmin%2C%20saya%20mau%20pesan%20jasa%20content%20placement

Keterangan :

  • %20 = Spasi
  •  %2C = Koma (,)
  • %0A = Ganti baris atau enter

Kalian juga dapat menambahkan kode rahasia whatsapp untuk membuat teks tebal (bold), miring (italic) dan coret. Kode khusus untuk menulis teks whatsapp yaitu :

  • *Tulisan Tebal*
  • _Tulisan miring_
  • ~Tulisan Coret~

Silahkan tempatkan kode di atas pada teks link whatsapp yang dibuat dan bisa juga ketiganya dikombinasikan semua.

Contoh ingin membuat link whatsapp secara langsung ke nomor 085225287646 dan bertuliskan ”Halo Admin Denpono, Saya mau tarik saldo ovo”. Saya akan memberikan kode tebal, miring dan coret pada tulisan tersebut, sehingga jadinya akan seperti ini

  • *Halo Admin Denpono*, _Saya mau tarik_ ~saldo ovo~
  • Link Whatsapp menjadi seperti ini : https://api.whatsapp.com/send?phone=6285225287646 &text=*Halo%20Admin%20Denpono*%2C%20_Saya%20mau%20tarik_%20~saldo%20ovo~

Bagaimana, mudah atau sulit? Sebenarnya jika kalian kesulitan untuk menerapkan format di atas bisa menanfaatkan chat wa generator yang dapat dicari secara mudah di Google.

Cara Membuat Link WhatsApp di Bit.ly

Bitly merupakan situs pemendek url, jadi link whatsapp yang awalnya sangat panjang dapat diringkas menjadi beberapa karakter saja. Sehingga selain membuatnya tanpak rapi juga mudah untuk diingat. 

Cara Membuat Link WhatsApp di Bit.ly

Langkah-langkah membuat link whatsapp di bitly yaitu sebagai berikut :

  1. Pertama silahkan kunjungi situ Bitly.com
  2. Kemudian pada kolom  “Shorten your link” buat link chat whatsapp seperti yang sudah dijelaskan di awal (bisa buat manual atau copy-paster dari wa chat generator)
  3. Setelah itu tekan “Shorten” dan kalian akan melihat url link whatsapp yang semula panjang akan menjadi sangat pendek dan ringkas
  4. Silahkan copy link tersebut dan sudah dapat ditempatkan di bio instagram, facebook atau dibuat di linktree

Dengan memperpendek url di bitly akan membuat lebih rapi dan enak untuk dilihat. Selain itu jika kalian seorang penjual yang sering promosi di social media, penggunaan bitly pada link whatsapp akan membuatnya tidak terdeteksi sebagai link spam. 

Membuat Link WhatsApp di Instagram

Cara membuat link nomor Whatsapp di Instagram sangatlah mudah. Apalagi jika kalian sudah mengetahui bagaimana link Wa menuju chat langsung itu dibuat, baik yang hanya nomor atau dengan teks tulisan.

Langkah-langkah membuat link whatsapp di Instagram yaitu sebagai berikut :

  • Silahkan buat terlebih dahulu link whatsapp seperti yang sudah dibahas di awal dan jangan lupa gunakan bitly
  • Setelah jadi, buka aplikasi instagram lalu masuk ke menu profil dan pilih edit profil
  • Kemudian pada kolom bio isi dengan kata-kata sesuai keinginan, kalau bisa di akhir kata beritahu bahwa link wa ada di bawah (Contoh : Order via Whatsapp)
  • Lalu pada kolom situs web isi dengan link whatsapp yang telah dibuat
  • Tap centang di pojok kanan atas dan selesai

Apabila kalian pengguna aplikasi Whatsapp bisnis, akan lebih mudah lagi. Karena untuk membuat link wa yang bisa chat langsung cukup masuk ke opsi menu Fitur Bisnis > Tautan Pendek.

Pada bio instagram tersebut hanya mendukung 1 url web saja dan jika ingin menambahkan url lain, seperti link olshop tokopedia, shopee, bukalapak atau link lainnya bisa menggunakan LinkTree.

Cara Membuat  Link Whatsapp di Linktree

Linktree merukan solusi untuk membuat banyak kumpulan url menjadi satu link tanpa aplikasi. Cara membuatnya juga cukup mudah, silahkan kalian ikuti panduan berikut ini

  • Silahkan buat akun terlebih dahulu dan pilih yang opsi Free (gratis)
  • Kemudian lakukan verifikasi email
  • Setelah jadi, buka linktree lalu pilih menu Links
  • Ketik “Whatsapp” di Enter title dan Link Whatsapp di kolom Url
  • Selanjutnya silahkan copy link dari Linktree
  • Masukkan di Bio Instagram
  • Selesai

Selain itu kalian bisa menambahkan url lain misal Olshop dengan menekan opsi “Add new link”. Panduan di atas juga dapat di tonton pada video berikut ini.

Membuat Link Whatsapp di Facebook

Sama seperti social media lainnya, jika ingin membuat link untuk chat langsung ke wa kalian bisa ikuti beberapa opsi yang sudah dijelaskan di atas. Bisa membuatnya secara manual, dengan wa chat link generator, diperpendek dengan Bit.ly dan juga linktree.

Kalian dapat memasangnya di bio facebook atau membagikannya melalui kolom komentar atau saat membuat status. Sehingga orang lain akan dengan mudah menghubungi melalui chat wa secara langsung tanpa sarus save nomor kontak terlebih dahulu.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara membuat link whatsapp untu chat langsung ke wa dan memperpendeknya di bitly atau linktree. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan bisa komentar di bawah. Sampai jumpa dan selamat mencoba.

Post a comment for "Cara Membuat Link WhatsApp untuk Mengirim Chat Langsung"