Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Istilah dan Peraturan di Grand Theft Auto V Roleplay (GTA 5 Roleplay)

Istilah dan Peraturan di Grand Theft Auto V Roleplay (GTA 5 Roleplay)
Istilah dan Peraturan di Grand Theft Auto V Roleplay - Melanjutkan artikel sebelumnya tentang GTA V Roleplay, pada artikel ini akan fokus membahas istilah dan aturan yang ada di dalamnya. Untuk kalian yang ingin bermain di mode Roleplay maka wajib hukumnya untuk mengetahui aturannya agar ketika bermain tetap pada alur dan tidak mengganggu pemain lain.

Sebagai pengingat kembali bahwa GTA V Roleplay adalah game GTA yang dimainkan di server Roleplay sehingga pemain bisa bermain peran seperti di dunia nyata. Baiklah mari balik ke topik pembahasan, istilah dan aturan yang ada di dunia Roleplay adalah seperti di bawah.

Lihat Artikel Sebelumnya : Inilah Spesifikasi dan Cara Install GTA V RolePlay Indonesia

Roleplay (RP)
Role Play adalah mode permainan dengan bermain peran, seperti menjadi penjahat, polisi, pedagang dan lain sebagainya. Mode Roleplay biasanya ada di game SAMP dan Wow, ketika bermain game Role Play dijamin tidak akan membuat kalian bosan.

In Character (IC)
Istilah IC adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakter kalian. Misalnya nama kalian adalah Afif Efendi maka IC adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakter si Afif ini seperti riwayatnya, sifat, perilaku dan lain sebagainya. Untuk diketahui juga bahwa ketika bermain GTA V Roleplay kalian diwajibkan untuk memilih nama yang realistis dan tidak boleh menggunakan orang terkenal.

Out of Character (OOC)
Kalau kalau istilah OOC di game GTA V RolePlay adalah kebalikan dari IC. Istilah Out Of Character lebih ke karakter kalian di dunia nyata atau real life dan bertentangan dengan karakter in-game IC Afif Efendi tadi.

MetaGaming (MG)
Adalah gabungan dari IC dan OOC, dan ini merupakan suatu yang dilarang di dalam RolePlay (RP). Contohnya adalah misal di dalam game kalian bertemu dengan seseorang bernama Sodiq, nah pada saat bertemu itu kalian dilarang langsung menyapa misal "Hai mas Sodiq, apa kabar?" nah seperti itu tidak boleh ya walaupun di real life kalian sudah kenal dengan Sodiq ini.

Jika sesuai aturan GTA V Roleplay jika kalian pertama bertemu karakter baru harus dimulai dengan perkenalan, jadi tidak boleh langsung seperti sudah kenal.

Powergaming (PG)
Powergaming atau PG adalah istilah di dalam dunia Roleplay dimana kalian memaksa orang lain di RP untuk bertindak sesuai keinginan kalian. Contoh nya menyuruh karakter lain untuk mengarahkan senjata ke pemain lain dan bertentangan dengan karakter In Character IC.

DeathMatch (DM)
Merupakan istilah apabila kalian tiba-tiba membunuh atau menembaki pemain lain tanpa alasan IC yang jelas. Tindakan seperti ini tidaklah dibenarkan, tetapi apabila sudah ada situasi pemicunya maka sah sah saja.

Kill of Sight (KoS)
Jadi apabila kalian ketika masuk ke dalam game kemudian menembak pemain lain tanpa melakukan Role Play (RP) itu tidak boleh. Walaupun sebenarnya kalian memiliki alasan IC yang jelas, tetap itu tidak boleh.

Revenge Kill (RK)
Maksud dari istilah ini adalah apabila kalian melakukan balas dendam kepada pemain lain yang sudah membunuh karakter kalian. Seperti itu tidak boleh ya, karena aturannya adalah ketika karakter kalian mati akan mengalami hilang ingatan selama 30 menit. Jadi tidak ingat siapa yang telah membunuh karakter milik kalian.

Refusing RolePlay
Istilah ini berlalu apabila ada pemain yang menolak Role Play (RP) secara sepihak. Misal lari dari situasi atau mem-pause game. Tindakan ini dilarang jadi pemain lain biasanya juga akan menyebut sebagai 'Fail RP'.

Player Kill (PK)
Berbeda dengan Kill biasa, Pk ini nanti karakter yang terbunuh akan kehilangan ingatan, uang dan bahkan jabatan tertentu di suatu organisasi. Untuk bisa melakukan Player Kill di GTA V ini haruslah dengan persetujuan dari kedua belah pihak, artinya Role play atau atau alasanya harus logis dan masuk akal.

Character Kill (CK)
Kalua istilah ini berbeda dengan kill biasa ataupun player kill. Sebab karakter yang CK akan kehilangan segalanya di IC nya. Walaupun player tersebut bertindak sebagai OOC. Biasanya player yang mengalami CK di game GTA V Roleplay harus membuat nama dan karakter baru yang berbeda dari sebelumnya.

Jadi itulah Istilah dan Peraturan di Grand Theft Auto V Roleplay (GTA 5 Roleplay). Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel Denpono.com berikutnya.
Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Creator YouTube, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

1 komentar untuk "Istilah dan Peraturan di Grand Theft Auto V Roleplay (GTA 5 Roleplay)"

  1. Hallo.. Aku bertanya tentang game Gta v Roleplay ini.. Banyak yg blm aku pahami.. Jdi gini... Aku blm ada game gta v Roleplaynya..rencana mau beli.. Nah.... Game Gta v yg aki beli kn masih gress.. Itu bisa gak langsung di mainkan di Gta v Roleplay..semoga kata kata aku bisa dipahami.. Tks.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca artikel ini, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dengan bahasa baik dan sopan.