Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Begini Cara Kirim Uang Lewat Alfamart & Alfamidi Secara Mudah

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart & Alfamidi

Bagaimana Cara Kirim Uang Lewat Alfamart  dan Alfamidi? Pada tulisan kali ini Denpono akan berbagi tips yang sangat bermanfaat, yaitu cara mengirim uang lewat Alfa tanpa rekening bank. Jadi sangat berguna bagi seseorang yang jauh dari kantor cabang bank dan mesin ATM.

Seperti kita ketahui sendiri biasanya ketika akan mengirim uang orang cenderung akan menggunakan ATM (Automatic Teller Machine) atau transfer melalui kantor bank terdekat. Namun terkadang ada beberapa orang memilih cara lain dengan beberapa alasan tertentu, seperti :

  • Jauh dari lokasi ATM atau kantor bank
  • Malas antri
  • Tidak memiliki rekening bank
  • dan lain sebagainya

Sehingga dicarilah alternatif kirim uang lainnya, yaitu melalui toko Alfamart dan Alfamidi. Kenapa harus 2 retail tersebut? Alasannya sederhana, karena keduanya mudah ditemui di setiap sudut kota. Bahkan setiap jarak beberapa kilometer selalu ditemukan salah satu dari retail tersebut.

Selain itu juga ketika mengirim uang lewat Alfamart atau Afamidi tidak perlu antri lama seperti di kantor bank. Kemudian bisa dibarengi dengan belanja kebutuhan pokok lainnya juga. Ibarat sekali dayung 2 - 3 pulau terlampaui.

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart dan Alfamidi

Berikut ini saya akan menjelaskan secara runtut tata cara untuk melakukan pengiriman uang dari retail Alfamart atau Alfamidi secara mudah tanpa butuh rekening bank apapun. Namun sebelumnya silahkan siapkan kartu Identitas (KTP), uang tunai, nomor hp kalian yang masih aktif dan identitas dari calon penerima.

Selanjutnya silahkan ikuti panduan di bawah.

Langkah 1

Silahkan kalian kunjungi toko retail Alfamart atau Alfamidi terdekat. Sampaikan ke Mbak atau Mas kasir bahwa kalian ingin melakukan kirim uang.

Kemudian nanti kalian akan diminta kartu Identitas, nomor telepon yang masih aktif serta ditanya juga jumlah uang tunai yang akan dikirim.

Lalu kasir juga akan meminta identitas dari calon penerima uang. Pastikan kalian memberikan data sesuai identitas resmi atau KTP, sebab pihak penerima ketika akan mengambil uang data diri akan dicoco kan dengan data yang kalian berikan.

Langkah 2

Setelah semua data identitas terpenuhi, baik pengirim maupun penerima. Selanjutnya silahkan berikan uang tunai + dengan biaya transaksi. Besarnya biaya pengiriman bervariasi mulai dari Rp 15.000 sampai dengan Rp 25.000 tergantung dari jumlah uang yang dikirim. Lebih jelasnya silahkan ditanyakan terlebih dahulu kepada kasir.

Langkah 3

Setelah proses pengiriman uang telah selesai, kalian akan diberikan nota berisi kode angka yang biasa disebut MTCN (Money Transfer Control Number).

Apa itu MTCN? Merupakan kode rahasia berupa angka yang dikeluarkan ketika melakukan pengiriman sejumlah melalui Alfamart atau Alfamidi. Jadi kode angka ini tidak boleh bocor ke orang lain dan hanya kalian berikan kepada calon penerima guna untuk melakukan pengambilan uang.

Kode MTCN ini memiliki masa berlaku hingga 1 bulan sehingga kalian tidak perlu terburu-buru untuk memberikan kepada calon penerima. Dan penerima juga tidak perlu terburu-buru mengambil uang yang telah dikirim.

Namun sebaiknya uang segera diambil setelah pengiriman uang berhasil terkirim. Sebab apabila nomor MTCN hilang maka penarikan uang tidak bisa dilakukan dan kalian perlu melakukan komplain terlebih dahulu ke pihak retail tempat uang dikirim.

Cara Mengambil Kiriman Uang di Alfamart dan Alfamidi

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart & Alfamidi Secara Mudah

Proses cara mengambil uang lewat Alfamart atau Alfamidi sebenarnya sangatlah mudah. Hal yang terpenting ialah sudah memiliki nomor MTCN sebagai bukti telah dilakukan pengiriman uang. Kemudian calon penerima juga perlu membawa identitas diri (KTP).

Setelah itu silahkan kunjungi retail atau toko Alfamart dan Alfamidi terdekat dan informasikan kepada kasir bahwa ingin melakukan pengambilan uang. Berikan Nomor MTCN dan KTP setelah itu pihak kasir akan melakukan pengecekan dan verifikasi. Apabila valid maka calon penerima akan mendapatkan sejumlah uang sesuai nominal pengiriman dan tidak dikenakan biaya penarikan (gratis).

Pertanyaan Seputar Kirim Uang Lewat Alfamart dan Alfamidi

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan.

Berapa Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, biaya yang dibebankan kepada pengirim yaitu sebesar Rp 15.000. Artinya ketika akan kirim uang 500 ribu, kalian harus menyerahkan uang sejumlah 515 ribu ke kasir.

Transfer Uang Lewat Alfamart Minimal Berapa?

Minimal jumlah yang yang bisa dikirim dari Alfamart atau Alfamidi sebesar Rp 10.000 saja.

Berapa Maksimal Kirim Uang Lewat Alfamart?

Jumlah maksimal uang yang bisa dikirim dibatasi maksimal Rp 5.000.000 saja.

Apakah Bisa Kirim Uang Lewat Alfamart Tanpa KTP?

Bisa, kalian bisa menggunakan identitas resmi lainnya seperti SIM dan Paspor.

Video Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Lihat Juga :

Akhir Kata

Itulah Cara Kirim Uang Lewat Alfamart & Alfamidi Secara Mudah. Semoga informasi yang saya berikan pada artikel ini bisa bermanfaat. Dengan cara ini setidaknya buat kalian yang mengalami kendala transfer uang bisa memanfaatkan layanan ini.

Post a comment for "Begini Cara Kirim Uang Lewat Alfamart & Alfamidi Secara Mudah"