Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Tabungan Emas Online dan Kelebihan yang Didapatkan

Tabungan Emas Online dan Kelebihan yang Didapatkan

Menyimpan uang di bank merupakan hal wajar untuk dilakukan, mengingat keamanan dan fasilitas yang lebih memadai. Tetapi perlu diketahui bahwa bentuk fisik tidak hanya berupa uang kertas atau koin saja, melainkan ada tabungan emas online dengan bertransaksi melalui berbagai platform daring.

Apa itu Tabungan Emas Online?

Sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini, dalam menabung sesuatu yang berharga semuanya dilakukan secara konvensional. Pemiliknya mendatangi sebuah fasilitas penyimpanan (seperti Bank) karena dinilai jauh lebih aman dan terpercaya dengan membawa bentuk fisik.

Berkembangnya teknologi berbagai inovasi dalam menabung akhirnya menyediakan ruang lebih bagi penabung untuk mencoba “jalan lain”. Platform daring mulai menunjukkan fitur terbarunya agar pengguna dapat berinvestasi berupa tabungan emas online.

Tabungan emas online adalah sebuah cara investasi model baru yang bisa dilakukan lewat Pegadaian. Untuk nominalnya sendiri memang tidak ditentukan, bahkan hanya berbekal uang Rp. 5.000 saja sudah bisa memulainya.

Dalam proses menabung emas secara online, konsumen membuka aplikasi kemudian melakukan pembayaran melalui transfer uang sesuai dengan nominal tertera. Setelah pelunasan dikonfirmasi, jumlah barang berharga yang telah dibeli akan tercatat pada Pegadaian. Untuk harga juga mengikuti harga emas terbau (saat ini).

Beberapa Keuntungan Memiliki Tabungan Emas Online

Perlu diketahui bahwa masing-masing penerapan sistem akan menghasilkan kebijakan dan prosedur berbeda dalam implementasinya. Hal ini juga berlaku ketika konsumen ingin menabung emas. Dulu mungkin cara konvensional lebih dipilih, namun sekarang hadirnya platform online memberikan kemudahan tersendiri.

Lantas apa saja keuntungannya? Dikutip dari Duwitmu.com, inilah 6 keuntungan menabung emas secara online.

1. Dapat Dilakukan Dimana Saja

Cara konvensional memerlukan konsumen untuk datang langsung ke toko emas apabila ingin membelinya. Meskipun intvestasi benda berharga seperti logam mulia, emas batangan dan antam menguntungkan, hal ini justru kurang efektif dan melelahkan karena dipengaruhi oleh jarak atau lokasi.

Sedangkan untuk menabung secara daring, konsumen juga tidak perlu repot datang jauh-jauh dari kediamannya. Cukup dengan menggunakan perangkat genggamnya, kemudian membuka aplikasi maka proses membeli benda berharga tersebut sudah dapat dilakukan dengan mudah dan efisien.

2. Lebih Efisien

Perlu diketahui emas yang akan ditabung atau disimpan di bank memiliki bentuk fisik berupa emas batangan, logam mulia, antam, emas kepingan dan sebagainya. Keadaan tersebut juga berlaku ketika konsumen ingin menjualnya yakni dengan mengambilnya dari Bank dan menjualnya melalui toko emas.

Menariknya, tabungan emas online tidak memperlihatkan bentuk fisik dari benda berharga tersebut. Semua informasi pembeliannya akan tercatat di aplikasi maupun website tempat pengguna membelinya. Tapi untuk mencetaknya tetap dapat dilakukan lewat pemesanan agar diperoleh bentuk fisiknya.

3. Lebih Hemat Biaya

Brankas penyimpanan barang berharga atau biasa disebut Safe Deposit Box dirancang khusus dengan penggunaan bahan baja. Selanjutnya diletakkan pada ruang khusus yang bersifat tahan api dan kokoh. Cara konvensional masih mempertahankan penggunaan perangkat keras tersebut.

Sewa SDB tentu memiliki tarif dengan perkiraan harga Rp 1 juta selama satu tahun. Hal ini tidak berlaku dalam tabungan emas online. Meskipun terdapat biaya tahunan, jumlahnya jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan penggunaan layanan Safe Deposit Box sehingga konsumen lebih hemat biaya.

4. Deposit Sangat Terjangkau

Dalam menabung emas ketika membeli dalam jumlah minimum biasanya telah ditentukan nominal terkecil dari produk tersebut. Pada salah satu jasa konvensional menerapkan tarif minimum Rp 57.500 melalui agen. Sedangkan melalui outlet minimal berat item sebesar 0.01 gram.

Platform daring juga menerapkan langkah serupa hanya saja biaya minimum benar-benar sangat terjangkau ketika ingin menabung emas. Mulai dari Rp. 5.000 rupiah saja sudah dapat melakukan transaksi pembelian.

5. Tingkat Keamanan Tinggi

Cara konvensional diperkenalkan sebuah ruang penyimpanan yang dikenal dengan sebutan Safe Deposit Box. Bank memiliki fasilitas ini dengan pengamanan ekstra dengan penjagaan 24 jam. Selain itu akses untuk semua orang terbatas. SDB dilengkapi dengan 2 buah kunci ketika ingin membukanya.

Berbanding terbalik bila konsumen lebih memilih tabungan emas secara online sebab untuk membahas aman atau tidaknya perlu didukung dengan riset terlebih dahulu atau melihat ulasan pengguna. Hal ini untuk mengantisipasi adanya investasi bodong dan tindakan penyalahgunaan dari pihak pengelola.

6. Pencairan Dana Cukup Mudah

Setelah menabung emas dalam waktu yang telah ditentukan maka ada masanya barang berharga tersebut perlu dijual. Cara konvensional mengarahkan konsumen untuk mengambil terlebih dahulu fisik emas dari SDB kemudian dibawa ke toko emas. Di tempat tersebut akan terjadi transaksi penjualan.

Setelah transaksi penjualan menemui kesepakatan maka konsumen akan mendapat uang hasil penjualan emas. Sedangkan cara online jauh lebih efisien tanpa harus membuat konsumen berpindah tempat. Sebab fitur jual emas secara daring sudah tersedia dan dana nantinya dikirm ke rekening bank. 

Cara Membuka Tabungan Emas Online

Salah satu tempat untuk mulai nabung emas secara online ialah dari Pegadaian. Kita ketahui sendiri Pegadaian merupakan perusahaan milik negara (BUMN) yang sudah perpengalaman dalam urusan bisnis jual-beli emas.

Selain itu proses membuka tabungan emas di Pegadaian amatlah mudah. Sehingga sangat cocok bagi pemula yang ingin mulai investasi tabungan emas, terlebih sekarang sudah mendukung transaksi via online malalui aplikasi Pegadaian Digital

Silahkan perhatikan panduan mudah berikut ini.

  • Pertama silahkan pasang aplikasi Pegadaian Digital dari Google Playstore secara gratis
  • Pasang dan tunggu hingga proses instalasi selesai
  • Setelah itu isi identitas pada form yang telah disediakan
  • Isi unit pegadaian sesuai dengan wilayah atau kantor cabang terdekat di tempat kalian
  • Silahkan lakukan pembayaran untuk pembukaan tabungan awal
  • Kemudian lakukan konfirmasi dengan cara datang langsung ke kantor cabang terdekat atau melalui nomor kontak yang telah tersedia. Lama proses aktifasi kurang lebih 7 hari kerja
  • Setelah berhasil diaktifasi, kalian bisa mengambil buku tabungan emas di kantor unit tempat kalian mendaftar.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Kurang lebih bahasan mengenai Tabungan Emas Online dapat memberi pemahaman tersendiri bagi kalangan pengguna mengingat kelebihan yang ditawarkan. Meskipun cara ini tentu tidak lepas dari kekurangan seperti gangguan sistem namun banyak orang sudah mencobanya.

Post a comment for "Tabungan Emas Online dan Kelebihan yang Didapatkan"