Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Apa Itu Seller Basic, Star Seller, dan Mall di Shopee?

Apa Itu Seller Basic, Star Seller, dan Mall di Shopee? - Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang telah digunakan jutaan pengguna internet. Ada banyak istilah-istilah di Shopee yang diperuntukkan bagi penjual di marketplace ini. Apa itu seller basic, star seller, dan mall di Shopee?

Apa Itu Seller Basic, Star Seller, dan Mall di Shopee

Pengertian Penjual Biasa (Seller Basic)

Penjual yang baru bergabung dengan Shopee dan belum mendapatkan kesempatan untuk menjadi star seller, maka disebut dengan istilah penjual biasa atau seller basic. Penjual jenis ini harus mengikuti peraturan dan kebijakan dasar yang ditentukan oleh marketplace.

Kebijakan dan peraturan tersebut terkait dengan sistem poin penalti, kebijakan daftar produk, kebijakan pemenuhan pesanan, hingga pelayanan dan kepuasan pembeli. Setiap penjual basic juga diminta untuk mengatur manajemen toko melalui fitur dan tools yang ada di marketplace.

Fitur promosi juga disediakan untuk seller basic, namun tidak selengkap dan se-booming jenis penjual lain seperti star seller. Ada batasan fitur yang tidak bisa digunakan oleh penjual basic. Pada dasarnya penjual ini hanya memiliki akses untuk upload produk dan promosi gratis maupun berbayar.

Pengertian Star Seller Shopee dan Cara Mendaftar

Star seller Shopee merupakan penjual yang mendapatkan status dari Shopee karena telah memenuhi syarat-syarat tertentu yang telah ditetapkan. Ada kualifikasi tertentu yang diberlakukan oleh Shopee dan harus dipenuhi oleh penjual yang ingin ke upgrade untuk tingkatan ini  dan lanjut ke level Star Seller+.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar bisa menjadi penjual star+ di Shopee. Syarat-syarat tersebut terdiri dari:

  • Jumlah persentase chat yang dibalas lebih atau sama dengan 85%
  • Penilaian toko yang diperoleh lebih atau sama dengan 4.8
  • Persentase produk pre-order dalam 30 hari terakhir kurang dari atau sama dengan 20% selama maksimal 5 hari dengan perhitungan hanya akan dilakukan jika ada lebih dari 300 produk PO
  • Jumlah atau nilai pesanan dalam 30 hari terakhir lebih dari 15 pesanan dengan pendapat bersih mencapai 50 juta atau lebih (tidak termasuk biaya lainnya)
  • Jumlah pembeli unik yang terdaftar dalam 90 hari terakhir lebih dari atau sama dengan 9 orang
  • Jumlah poin penalti kurang dari 3
  • Tingkat pesanan yang tidak terselesaikan dalam 7 hari terakhir hanya berkisar 5% atau kurang
  • Tingkat keterlambatan pengeriman dalam 7 hari terakhir kurang dari 5%
  • Masa pengemasan dalam 12 minggu terakhir tidak lebih dari dua hari
  • Durasi penjual sudah memenuhi semua kriteria tersebut di atas telah mencapai minimal 12 minggu

Keuntungan Menjadi Penjual Star+

Menjadi penjual dengan status Star+ akan mendapatkan keuntungan dan privilege yang belum tentu bisa didapatkan oleh seller jenis lainnya. Apa saja keuntungan menjadi penjual Star+ ?

1. Mendapatkan Tag Khusus Star+

Jika Anda berhasil terpilih menjadi penjual Star+, maka dalam toko dan daftar produk akan ditampilkan tag Star+ dari Shopee. Pembeli biasanya akan lebih percaya dengan toko yang memiliki tag ini karena tag khusus tersebut bisa menjadi tanda jaminan akan layanan dan kualitas produk.

2. Filter Pencarian Star+

Pembeli bisa dengan mudah menemukan toko Anda ketika mereka menggunakan filter Star+ yang terdapat pada halaman kategori atau halaman koleksi. Cara menemukannya tipe penjual jenis ini cukup dengan klik Filter >> Start+ >> Pakai.

3. Bonus Saldo Iklan Hingga Mencapai 5%

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh penjual Star+ adalah mereka akan mendapatkan bonus saldo iklan shopee senilai 5% atau maksimal 50.000 per bulan untuk pengisian pada saldo iklan. Bonus biasanya akan masuk sebelum hari Jumat di minggu berikutnya setelah dihitung.

4. Chat Broadcast Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pembeli

Bagi para penjual Star+, mereka akan mendapatkan lebih banyak keuntungan karena Shopee menyediakan fitur broadcast chat dengan kuota yang lebih banyak. Kuota broadcast untuk Star+ dapat mencapai hingga 2x jumlah pengikut.

Tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena Anda bisa memanfaatkannya untuk promosi secara gratis. Jika ada produk-produk terbaru dan ingin mengingatkan para pembeli, maka bisa memanfaatkan fitur ini.

Pengertian Shopee Mall

Apa itu Shopee Mall? Shopee memilih toko terpilih yang memenuhi kriteria tertentu untuk bergabung menjadi penjual Shopee Mall. Penjual yang sudah masuk ke dalam kategori ini harus memegang dua prinsip utama yaitu kualitas merek atau produk dan kualitas toko melalui pelayanan yang diberikan.

1. Kualitas Toko

Penjual di Shopee yang berprospek untuk dipilih ke dalam kategori ini akan dinilai berdasarkan kemampuan operasional dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk di dalamnya kapasitas atau tenaga kerja yang dimiliki, manajemen gudang penjual, serta kecepatan dalam merespon chat pembeli.

Selain itu, performa pemenuhan pesanan penjual atau Non Fulfillment Rate juga menjadi penilaian lain dari Shopee berdasarkan tingkat pesanan yang dapat diselesaikan. Kualitas daftar produk penjual serta tingkat keterlambatan pengiriman juga menjadi poin penting lainnya.

2. Kualitas Produk/Merek

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk toko yang ingin mendaftar seleksi sebagai penjual Shopee Mall, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki HKI (Hak Kekayaan Intelektual) berupa sertifikasi merek atau merek dagang yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau lembaga pemerintahan sejenis.
  • Dokumen lisensi bisnis yang terdiri dari Surat Izin Usaha Perdagangan, Nomor Induk Berusaha, Nomor Pokok Wajib Pajak, dan lain sebagainya
  • Merek yang didaftarkan merupakan merek global yang tersedia di toko ritel ternama serta bisa ditemukan di pusat perbelanjaan ternama

Kelebihan Shopee Mall

Setiap jenis penjual yang terdaftar di Shopee tentu memiliki kelebihan dan keunggulan yang berbeda. Semakin tinggi levelnya, maka semakin banyak keuntungan yang diperoleh mulai dari fasilitas yang diberikan oleh Shopee hingga akses untuk promosi dengan mudah.

Pembeli akan cenderung lebih memilih penjual yang memberikan banyak keuntungan, termasuk Shopee Mall. Karena mereka bisa menikmati fasilitas 7 hari pengembalian setelah pembelian terjadi. Apalagi terdapat garansi 100% produk yang dijual merupakan produk ORI.

Menariknya lagi, tersedia fitur bebas ongkir yang tentu saja akan sangat menguntungkan pembeli dan menarik lebih banyak pembeli untuk berbelanja di toko tersebut. Termasuk fitur COD yang bisa ditawarkan oleh penjual di Shopee Mall agar lebih banyak pembeli yang tertarik.

Lihat Juga :

Perbedaan Semua Jenis Penjual di Shopee

Pada dasarnya, setiap penjual di Shopee memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan fasilitas dari marketplace. Namun, penjual yang sudah masuk ke dalam kategori Star+ dan Shopee Mall tentu akan lebih banyak mendapatkan keuntungan terutama dalam hal promosi.

Promosi lebih mudah dilakukan karena Shopee akan memberi label penjual Star+ di daftar katalog produk yang mana hal tersebut bisa meningkatkan kredibilitas toko di mata pembeli. Belum lagi fasilitas lain seperti bebas ongkir dan COD yang banyak disukai pembeli.

Setelah mengetahui apa itu seller basic, star seller, dan mall di shopee, maka Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk upgrade toko agar berada di level yang lebih baik dari sekedar basic.

Masih bingung? Silahkan cari tahu perbedaan dari seller basic, star+ dan juga shopee mall lewat video di bawah ini.

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Seller Basic, Star Seller, dan Mall di Shopee?"