Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Penjelasan dan Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Cara Menjadi Star Seller di Shopee - Menjadi penjual yang memiliki banyak kepercayaan dari pembeli tentu merupakan suatu prestasi tersendiri. Seperti halnya predikat Star Seller Shopee yang diberikan untuk para penjual terpilih. Bukan hanya sekedar suatu predikat namun toko online tersebut akan memperoleh banyak keuntungan.

Cara menjadi star seller di shopee

Pengertian Star Seller Shopee dan Kriterianya

Star Seller Shopee adalah program yang dikhususkan bagi penjual Shopee terpilih dan telah memenuhi kriteria. Setelah suatu toko online memenuhi ketentuan khusus maka pihak Shopee akan memberikan notifikasi untuk mendapatkan penawaran sebagai Star Seller atau yang sekarang disebut Star Shopee.

Adapun kriteria yang diatur adalah sebagai berikut:

syarat star seller shopee
  • Memiliki KTP yang telah terdaftar di Shopee
  • Seller memiliki persentase chat dibalas >= 75%
  • Seller memiliki penilaian >= 4,5
  • Seller memiliki persentase dan jumlah produk pre order <= 20% selama maksimal 5 hari (penghitungan ini diberlakukan jika terdapat >= 300 produk pre order selama 30 hari terakhir) 
  • Seller memiliki jumlah transaksi minimal >= 30  atau dapat dikatakan pendapatan bersih sekitar 20 juta dalam 30 hari terakhir
  • Seller melayani >= 10 pembeli berbeda selama 30 hari terakhir
  • Seller tidak mempunyai poin penalti
  • Seller menunjukkan rekam riwayat pemesanan yang tidak wajar, keganjilan terhadap aktivitas akun maupun penyalahgunaan program pada Shopee

Setelah memenuhi kriteria sesuai dengan ketentuan di atas maka pihak manajemen shopee akan memberikan notifikasi penawaran kepada Anda. Notifikasi tersebut berisi undangan untuk bergabung dengan program Star Seller. Adapun waktu pemberian undangan yakni pada hari Kamis pukul 16.00.

Lihat Juga : Apa Itu Seller Basic, Star Seller, dan Mall di Shopee?

Manfaat dan Keuntungan Bergabung dalam Program Star

Menjadi Star Seller dalam e-commerce Shopee dapat disebut sebagai pencapaian yang tentu ditempuh dengan perjuangan tersendiri. Tidak hanya menjadi suatu penanda namun dikategorikan sebagai Star  akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan diantaranya sebagai berikut.

1. Mendapat Kredibilitas dari Pelanggan atau Pembeli

Mayoritas pelanggan atau pengunjung e-commerce menaruh prioritas pilihan utama pada toko dengan tanda Star Seller. Hal ini dipengaruhi dengan adanya riwayat pemesanan yang banyak berhasil sebelumnya, serta dinilai lebih profesional sebagai penjual.

Meski demikian tidak menutup kemungkinan untuk adanya peluang bagi toko yang belum berpredikat Seller Star. Dengan adanya performa terbaik dan upaya untuk melayani dengan maksimal maka toko anda bisa menuju Star seller.

2. Berpeluang Untuk bergabung dengan Promo Shopee

Setelah resmi menjadi toko terpilih maka dapat memiliki peluang yang lebih besar dalam berbagai promo Shopee. Promo ini akan memberi peluang terhadap meningkatnya pemasaran sekaligus transaksi pada toko online. Keuntungan ini tentu akan membawa kemajuan yang baik.

Ketika sebelumnya masih berstatus toko tanpa bedge Star Seller, maka metode transaksi serta program jual beli yang diberikan pun hanya terbatas. Dengan demikian tidak terdapat suatu program promosi tertentu yang dapat meningkatkan omset penjualan secara maksimal.

3. Koin Shopee Bagi Pelanggan Untuk Berbelanja Kembali

Koin shopee merupakan suatu reward yang diberikan kepada pelanggan apabila telah melalui suatu program. Di antaranya program undian maupun penilaian setelah melakukan transaksi pembelian. Coin digital tersebut memiliki kegunaan salah satunya untuk berbelanja kembali.

Pembelanjaan kembali pun dikhususkan terhadap toko-toko dengan predikat Star Seller, sehingga memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan banyak pelanggan. Pembeli pun akan diuntungkan dan semua pihak sama-sama merasakan manfaatnya.

Lihat Juga : Pengalaman Jualan di Shopee dan Mendapatkan Pembeli Pertama

Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Siapa yang tidak ingin merasakan cuan besar melalui bisnis online pada e-commerce terpercaya? Jika Anda berminat dan ingin memperkuat usaha untuk mencapai predikat tersebut maka langkah-langkah berikut ini dapat menjadi sarananya.

  • Memastikan seluruh identitas terdaftar valid
  • Memenuhi kriteria yang ditentukan oleh shopee 
  • Menunggu penawaran melalui undangan digital 
  • Melakukan konfirmasi penerimaan penawaran

Untuk dapat mencapai standar penilaian umum sebagai calon toko berpredikat Star, maka Anda bisa mengikuti penawaran menarik yang diberikan khusus untuk penjual baru. Maupun dengan berbagai promo berbatas waktu yang disediakan secara berkala.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam menjalani suatu bisnis tentu perlu dilaksanakan dengan ketekunan dan kegigihan, serta selalu disiplin dalam menjaga layanan sekaligus kualitas. Termasuk pada bisnis online yang meski secara langsung tidak menatapmukakan pembeli dengan penjual. 

Perlu diperhatikan untuk menjadi star seller anda harus menjaga kepercayaan pelanggan. Menghindari berbagai pelanggaran, tidak menyalahgunakan program atau promo, serta selalu memberikan respon dan pelayanan ramah terhadap setiap customer. 

Anda juga perlu aktif untuk mengikuti program khusus seperti gratis ongkir, voucher diskon dan lain sebagainya untuk menarik lebih banyak pelanggan. Hal tersebut dapat memicu grafik yang lebih baik serta memunculkan banyak feedback atau penilaian. 

Lihat Juga :

Kesimpulan

Demikian informasi tentang penjelasan dan cara menjadi Star Seller Shopee, yakni dengan memenuhi beberapa poin wajib. Tingkatkan terus penjualan dan jadilah seller yang aktif serta tanggap dengan berbagai program maupun penawaran menarik yang diberikan oleh pihak e-commerce.

Afif Efendi
Afif Efendi Freelancer & Content Writer di Denpono.com dan beberapa blog lainnya. | Ingin mengenal lebih jauh? Silahkan ikuti saya di tombol sosmed di atas.

Posting Komentar untuk "Penjelasan dan Cara Menjadi Star Seller di Shopee"