Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Transfer Virtual Account Beda Bank Secara Mudah

Pada artikel ini mimin akan lebih spesifik membahas bagaimana cara transfer virtual account beda bank secara mudah. Tulisan ini sebenarnya merupakan pembahasan yang lebih mendetail dan sambungan dari artikel sebelumnya yang berjudul Cara Transfer Virtual Account BCA dari Bank Lain.

Dalam tulisan tersebut sudah ada gambar secara ringkas apa yang perlu dilakukan ketika akan melakukan pembayaran virtual account beda bank.

Cara Transfer Virtual Account Beda Bank

Namun di sini akan dijelaskan lebih rinci dan ringkas agar mudah dipahami tentunya.

Kenapa Harus Transaksi Beda Bank?

Sebelum ke pembahasan yang lebih jauh, alangkah baiknya pertanyaan ini di jawab terlebih dahulu. Kenapa beda bank, dimana ada banyak sekali pilihan virtual account dari berbagai macam bank seperti BCA, BRI, BNI, BTN, Permata dan lain sebagainya.

Tujuan dari banyaknya pilihan tersebut agar kamu memilih sesuai dengan akun rekening bank yang dimiliki. Karena dengan memilih bank yang sesuai akan membuat proses verifikasi sistem lebih cepat dibanding beda bank walaupun sebenarnya tetap bisa.

Jika alasannya karena terlanjur pilih metode pembayaran dari bank A, lebih baik ubah metode pembayaran virtual account yang sesuai.

Kalau pun ternyata kamu tidak mempunyai salah satu dari daftar virtual account yang tersedia. Kamu pilih saja opsi “dari bank lain”. Biasanya ada opsi yang disediakan jika ingi transfer virtual account beda bank.

Contohnya jika kamu ingin melakukan top up iSaku dari bank lain, maka kamu akan diberikan kode nomor virtual account dari MayBank.

Intinya jika ingin melakukan transaksi virtual account beda bank, sebaiknya ikuti saja rekomendasi atau petunjuk yang diberikan.

Namun jika karena suatu hal kamu harus melakukan pembayaran dari bank lain. Kamu bisa ikuti panduan berikut di bawah ini.

Cara Transfer Virtual Account Beda Bank

Sebelum melakukan pembayaran dipastikan terlebih dahulu nama bank dari virtual account dan juga kode bank-nya. Selanjutnya kamu bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi mobile banking atau mesin ATM.

1. Bayar dari Mobile Banking

Misalnya kamu ingin membayar virtual account bank BCA dari BRI. Maka yang haru dilakukan yaitu :

  • Buka dan login ke aplikasi BRImo
  • Pilih menu “Transfer” dan tap “Tambah Daftar Baru”
  • Lalu bank tujuan pilih “Bank BCA” dan nomor rekening isi dengan kode virtual account
  • Tekan “Lanjutkan” dan isi nominal transfer sesuai yang harus dibayar
  • Pastikan semua sudah benar lalu tekan Transfer dan masukkan PIN
  • Selesai

Kalau dari aplikasi mobile banking lain tidak jauh berbeda yaitu di menu transfer antar bank. Penting untuk diperhatikan yaitu jumlah atau nominal transfer harus sesuai dengan jumlah yang harus dibayar.

Jika berbeda besar kemungkinan pembayaran tidak akan terkonfirmasi secara otomatis dan gagal.

2. Bayar dari Mesin ATM

Selanjutnya jika ingin membayar atau cara transfer virtual account beda bank misalnya dari BCA. Dapat dilakukan lewat mesin ATM seperti berikut :

  • Masukkan kartu ke mesin ATM dan PIN
  • Tekan “PENARIKAN TUNAI/TRANSAKSI LAINNYA”
  • Tekan “TRANSAKSI LAINNYA” >> pilih “TRANSFER”
  • Selanjutkan tekan “KE REK BANK LAIN” dan masukkan kode bank dari virtual account yang akan dibayar
  • Masukkan “JUMLAH TRANSFER”
  • Masukkan “Nomor Virtual Account” yang akan dibayar
  • Pastikan detail pembayaran mulai dari Nama Penerima dan Jumlah sudah sesuai, lalu tekan Benar
  • Transaksi diproses dan selesai

Intinya jika ingin melakukan pembayaran dengan ATM sama seperti transfer ke antar bank pada umumnya. Cukup pilih bank tujuan sesuai dengan virtual account dan masukkan kode bank.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara transfer virtual account beda bank, misal dari bca ke bri atau sebaliknya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan teman-teman pembaca semua.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Writer, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "Cara Transfer Virtual Account Beda Bank Secara Mudah"