Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Virtual Account Bank untuk Menerima Pembayaran Secara Mudah

Pada tulisan ini mimin Denpono akan berbagi tips dan pengalaman tentang cara membuat virtual account bank. Diantaranya seperti dari Bank BRI, BCA, BNI, Mandiri dan Permata. Sehingga cukup komplit jika ingin dimanfaatkan sebagai fasilitas penunjang usaha atau bisnis.

Apalagi saat ini trend berjualan secara online sehingga menuntut kita atau pelaku usaha agar mempermudah pembayaran. Oleh karena itu harus mempunyai beberapa jenis rekening bank.

Namun jika kamu tidak mempunyai beberapa rekening bank, bisa memanfaatkan layanan Virtual Account. Sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu apa Nomor Virtual Account Bank dan bagaimana cara membuatnya.

cara membuat virtual account sendiri

Pengertian dan Kegunaan

Sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu Virtual Account dan kegunaanya. Ada banyak penjelasan yang mungkin kamu temukan jika mencari pengertiannya di mesin pencari google.

Namun secara sederhana, Virtual Account adalah suatu nomor identifikasi pelanggan atau bisa juga disebut nomor rekening yang tidak nyata (virtual dan ada batas waktu) . Diberikan oleh suatu Bank atas permintaan dari suatu perusahaan yang selanjutnya diberikan kepada  pelanggannya untuk menerima pembayaran.

Pembayaran menggunakan cara seperti ini akan secara otomatis terverifikasi tanpa harus melakukan konfirmasi dan akan langsung diteruskan ke tujuan (perusahaan).

Jadi secara singkat virtual account ini merupakan suatu nomor rekening virtual (tidak nyata dan ada masa berlakunya) yang dipakai untuk menerima pembayaran.

Jika seorang perorangan atau bukan perusahaan, lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Virtual Account

Pada step ini mimin akan berbagi tips dan pengalaman pribadi tentang bagaimana caranya jika ingin membuat nomor virtual account untuk menerima pembayaran.

Karena perorangan, maka disini membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang memakai “Payment Gateway”.

Pilih Aplikasi

Aplikasi BukuWarung

Aplikasi yang mimin rekomendasikan yaitu “Buku Warung” karena beberapa alasan berikut :

  • Mendukung Virtual Account dari Bank BCA, BNI, BRI, MANDIRI, PERMATA dan CIMB Niaga
  • Untuk pembayaran dari bank lainnya bisa memakai BNI Virtual Account
  • Minimal pembayaran hanya Rp 10.000
  • Saat pembayaran muncul atas nama Rekening yang dipakai

Poin terakhir maksudnya, jika rekening yang akan pakai untuk menerima pembayaran atas nama Afif Maulana. Maka dalam virtual account nanti ketika pelanggan membayar akan muncul nama “Afif Maulana”.

Sebelum cara membuatnya, silahkan download aplikasi di atas dan lakukan pendaftaran sesuai detail usahamu.

Langkah-langkah Membuatnya

Pertama akan mimin tunjukkan cara membuat virtual account bri bni mandiri dan permata bank dari aplikasi BukuWarung.

  • Silahkan buka aplikasinya
  • Pilih menu “Pembayaran” >> tap “Tambah Pelanggan Baru
  • Masukkan nama pelanggan (bebas) lalu tap “Simpan”
  • Masukkan rekening penerima pembayaran (rekening mu), jumlah, dan metode pembayaran atau virtual account yang ingin dibuat
  • Setelah itu tap Bayar

Contohnya di sini mimin akan percobaan membuat virtual account bca sendiri dan penerimanya yaitu bank bri dengan jumlah 11 ribu.

cara membuat virtual account 1

Setelah menekan tombol “Bayar” akan muncul nomor virtual account seperti gambar di bawah.

cara membuat virtual account 1

Silahkan salin Nomor rekening virtual account yang muncul dan berikan kepada pelangganmu.

Saat pelanggan membayar akan muncul nama Afif Maulana Efendi. Kenapa demikian? Karena penerima dari pembayaran tersebut adalah Rekening atas nama Afif Maulana Efendi.

cara membuat virtual account 3

Pembayaran Berhasil

Apabila pelanggan sudah membayar, maka tidak perlu melakukan konfirmasi. Sebab transaksi akan otomatis terverifikasi oleh sistem.

Kamu bisa cek apakah pelanggan yang kamu beri virtual account sudah membayar atau belum di aplikasi “BukuWarung” pada menu pembayaran.

Seperti ini apabila pembayaran telah dilakukan.

cara membuat virtual account 4

Membuat Virtual Account Sekaligus

Jika sebelumnya hanya satu jenis virtual account saja yang dibuat berdasarkan. Maka kamu juga dapat membuatnya sekaligus, sehingga pelanggan bisa dengan leluasa memilih.

Caranya masih sama seperti sebelumnya, yaitu memakai Buku Warung. Hanya saja di sini kamu pilih opsi “Tagih” dan nantinya pelanggan akan melihat beberapa pilihan nomor virtual account dari berbagai Bank.

Contohnya seperti di bawah ini.

membuat nomor virtual account sendiri

Tetapi jika memakai cara ini tidak ada pilihan dari Bank BCA. Oleh karena itu untuk membuatnya kamu bisa memanfaatkan cara yang pertama tadi.

Kesimpulan

Jadi berdasarkan penjelasan di atas dan dari pengalaman mimin sendiri. Cara membuat virtual account seperti di atas sudah sangat bagus dan membantu. Terlebih prosesnya cepat bahkan kurang dari 1 menit pembayaran akan otomatis terverifikasi dan masuk ke rekening tujuan.

Lihat juga

Semoga artikel tentang cara membuat nomor rekening virtual account Bank BCA, BNI, BRI, MANDIRI, PERMATA dan CIMB Niaga ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa Kembali dilain kesempatan.

Afif Maulana Efendi, S.T.
Afif Maulana Efendi, S.T. Full Time Blogger, Content Writer, Admin Jasa Convert Denpono. Ingin mengenal lebih jauh silahkan hubungi lewat email di halaman "Kontak", suwun..

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Virtual Account Bank untuk Menerima Pembayaran Secara Mudah"